Cara Merawat Mika Lampu Mobil Agar Tidak Mudah Kusam Dan Menguning

22/08/2018| Abdul

Dengan merawat mika lampu Mobil bertujuan supaya tahan lama, awet, halus dan tidak membuat cahaya lampu buram. Pada umumnya mika lampu yang usianya berada di atas 5 tahun akan terlihat buram dan terasa sudah tidak bening. Hal tersebut tentu disebabkan kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik sehingga terlihat menguning. Supaya kondisinya tetap baik maka perawatan dapat dilakukan secara berkala.

Berikut ini merupakan beberapa tips merawat mika lampu Mobil agar terjaga kondisinya dan tidak menguning.

1. Memarkirkan kendaraan di tempat teduh

Gambar ini menunjukkan beberapa Mobil sedang terparkir di bawah atap

Parkir di tempat teduh selain melindungi mika lampu juga pada cat bodi Mobil dari kekusaman

Ternyata melakukan parkir di tempat yang teduh selain menjaga kondisi cat bodi Mobil, juga dapat menjaga mika lampu Mobil. Jadi sinar UV yang dihasilkan oleh matahari bisa menjadikan perubahan warna mika menjadi agak menguning. Hal tersebut jika setiap hari kendaraan parkir di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Untuk menghindari masalah tersebut bisa melakukan parkir di tempat teduh ataupun memberi pelindung lampu.

2. Menggunakan wax atau cairan anti UV

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang menggosok lampu Mobil

Pemberian wax atau cairan anti UV melindungi dari paparan sinar matahari

Tips selanjutnya untuk merawat mika lampu Mobil adalah dengan memberi cairan anti sinar UV. Untuk mendapatkannya bisa di toko spare part Mobil dan banyak dijual dengan merk dan harga yang bervariasi. Dengan menggunakannya maka akan dapat melindungi mika dari sinar matahari sehingga tetap awet dan bening.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil lama dan model terbaru

3. Menggunakan bohlam yang cocok

Gambar ini menunjukkan 5 buah bohlamp lampu dengan 3 warna bening dan 2 warna merah

Gunakan bohlam sesuai rekomendasi agar mika lampu tidak menguning

Biasanya pada lampu Mobil mempunyai bohlam dengan spesifikasi sendiri-sendiri. Hal tersebut untuk menjaga kondisi mika lampu tetap awet dan bohlam tidak terlalu panas. Oleh sebab itu jika melakukan pergantian sebaiknya mengikuti rekomendasi pihak pabrikan. Jika melakukan penggantian dengan watt yang lebih besar dapat membuat mika lampu menguning akibat panas yang dihasilkan terlalu berlebih.

Jika ingin melakukan penggantian bisa juga dengan menggunakan watt yang lebih kecil dari standarnya, namun pencahayaan yang dimiliki lebih terang. Dengan begitu mika lampu tetap awet dan bening.

>>> Baca juga, Cara Membersihkan Lampu Mobil Yang Kusam Dengan Pasta Gigi

4. Mencuci mika lampu apabila kehujanan

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang menyemprot mika lampu

Lakukan pencucian pada mika lampu agar cahaya uang terpapar dapat maksimal

Kotoran yang menempel pada lampu Mobil bisa beresiko menyebabkan goresan dan masuk ke dalam. Selain itu air hujan juga dapat berpengaruh pada mika lampu, oleh sebab itu melakukan pencucian sangatlah diperlukan. Apalagi setelah terkena air hujan, maka segeralah dicuci agar mika tetap awet dan tidak mudah buram. Selain itu ketika melakukan pengelapan setelah dicuci, gunakanlah kain yang lembut dan tidak menimbulkan goresan.

5. Menggunakan cairan khusus mika

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan yang satu menggosok mika lampu dan yang satu memegang botol

Cairan khusus anti UV dapat menjaga mika lampu dari kusam dan menguning

>>> Baca juga, Tips Memperbaiki Fog Lamp Pada Mobil Dengan Langkah Mudah

Apabila lampu terlanjur berwarna buram ataupun menguning maka bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya dan membuatnya menjadi kinclong kembali. Biasanya untuk membelinya di toko spare part Mobil dan lengkap cara pemakaiannya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan amplas halus untuk hasil lebih maksimal.

Jadi pada intinya perawatan bodi Mobil, mika lampu, karet pintu luar dan bagian luar hampir sama. Tinggal bagaimana pemiliknya saja mau atau tidak menjaga kondisi Mobil tetap baik. Mengingat kebanyakan orang akan lebih cuek saat Mobil telah dipakai dalam jangka yang lama. Sehingga tanpa tidak sadar tiba-tiba telah kusam baik cat bodi ataupun mika lampu.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai merawat mika lampu Mobil. Mungkin masih banyak cara yang dapat dilakukan atau Anda memiliki teknik tersendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    31/08/2021| Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.

  • Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    31/08/2021| Anna

    Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    Saat mobil Anda mogok di tengah jalan karena kehabisan listrik aki, charger aki mobil adalah penyelamat Anda. Pada artikel di bawah ini, Mobilmo.com akan memberikan beberapa informasi serta harga charger aki mobil 100 ampere bagi yang berminat.

  • Kutipan Harga Accu Kering Mobil Terbaru dan Terlengkap

    26/08/2021| Anna

    Kutipan Harga Accu Kering Mobil Terbaru dan Terlengkap

    Berapa harga accu kering mobil ? Apa bedanya dengan accu basah? Apa kelebihan dan kekurangan accu kering? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab secara detail oleh Mobilmo.com melalui artikel di bawah ini.