Musim Hujan, Kenali Berbagai Jenis Wiper Mobil

06/12/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Wiper jadi salah satu komponen mobil paling penting di saat cuaca sedang musim hujan seperti saat ini dan keberadaannya memberikan ketenangan saat berkendara. Tentu saja, wiper harus dipastikan dalam kondisi terbaiknya agar saat digunakan bisa memberikan hasil yang maksimal serta aman bagi kaca mobil. Wiper bawaan pabrik adalah yang terbaik, tapi jika Anda harus mengganti karena suatu alasan, ada banyak jenis wiper mobil yang bisa Anda pilih.

Musim hujan sudah mulai masuk ke Indonesia, Anda akan lebih sering mengalami berkendara di tengah hujan. Waspada dengan ancaman banjir dan juga angin yang bisa merobohkan baliho maupun pohon. Selain itu, pastikan juga kondisi mobil Anda dalam kondisi prima untuk dibawa berkendara di tengah hujan, salah satunya adalah kondisi wiper. Wiper yang berfungsi sebagai pembersih kaca mobil dari air hujan dan kotoran ini harus dicek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada bagiannya yang rusak, maka harus segera diganti daripada Anda harus menempuh resiko berkendara dengan pandangan kabur karena wiper yang rusak. So, pilih jenis wiper yang sesuai dengan mobil Anda. Berikut adalah beberapa macam jenis wiper mobil yang ada di pasaran.

1. Wiper konvensional

Foto wiper konvensional

Wiper konvensional biasa ada pada mobil lawas

Wiper konvensional adalah model wiper yang biasanya ada pada model mobil lama dan jarang dipasangkan pada mobil keluaran tahun baru. Wiper ini memiliki rangka metal yang terpasang langsung dengan blade-nya. Untuk Anda yang ingin ganti wiper, jenis konvensional biasanya masih bisa cocok dipasangkan dengan wiper model flat atau model hybrid yang bisa menambahkan performa wiper agar lebih efisien dan juga memberikan visual yang lebih keren pada mobil model lama.

>>> Ingin Berkendara Saat Hujan Deras? Jangan Nekat, Perhatikan Dulu Tipsnya Supaya Aman

2. Wiper full frame

Foto Wiper Full Frame warna hitam

Wiper Full Frame lebih kuat dan tak mudah patah

Wiper full frame adalah jenis wiper yang dari tangkai hingga lengan blade-nya didukung dengan struktur rangka besi yang kuat. Banyak mobil yang dipasangkan model wiper ini karena dianggap lebih kuat dan tidak mudah patah. Namun hati-hati untuk karet yang sudah tipis, rangka besinya bisa menggores kaca ketika wiper dinyalakan. Oleh karena itu perhatikan kondisi karet wiper sebelum digunakan berkendara.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

3. Wiper flat

Foto Wiper Flat dengan blade karet tebal

Wiper flat, blade karet lebih tebal untuk sapuan lebih bersih

Jenis  wiper ini memiliki blade karet yang lebih tebal dengan penghubung tangkai di bagian tengahnya. Meski sekilas terlihat tidak kuat, namun kerja wiper jenis ini tidak kalah dengan full frame karena di  bagian dalamnya terselip besi pipih untuk memastikan wiper bisa digerakkan mengikuti gerakan tangkainya. Wiper flat memiliki keunggulan sapuan kaca yang lebih bersih sehingga pandangan pengemudi bisa lebih jelas ke depan. Untuk yang mobilnya menggunakan wiper flat sebagai wiper bawaan, biasanya susah untuk diganti dengan wiper jenis yang lainnya. Jika karet pada wiper sudah aus, Anda bisa menggantinya dengan karet baru tanpa harus mengganti seluruh bagian wipernya.

>>> Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof, Ini Bedanya!

4. Wiper frameless

Foto Wiper Frameless warna hitam

Wiper Frameless, maksimal melindungi kaca dari tergores

Mana yang lebih pas dengan budget Anda? Memperbaiki atau mengganti kaca depan mobil yang tergores, atau mengganti wiper yang sudah aus? Jika lebih suka mengganti wiper, maka wiper frameless bisa jadi pilihan. Pasalnya wiper ini menggunakan bahan plastik sebagai rangkanya sehingga resiko menggores kaca mobil lebih kecil dibandingkan yang lain. Tapi, jika karet pada blade sudah menipis, Anda harus mengganti semua struktur wiper karena tidak bisa hanya mengganti karetnya.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

5. Wiper hybrid

Foto Wiper Hybrid dari Qeep

Wiper Hybrid, gabungan wiper konvensional dan wiper flat

Wiper hybrid adalah wiper dengan desain yang menggabungkan antara struktur rangka wiper konvensional dengan blade menggunakan desain dari wiper flat blade. Membuatnya jadi wiper yang memiliki struktur kuat namun juga bisa memberikan sapuan yang lebih bersih seperti wiper flat blade. Wiper hybrid umumnya dipasangkan pada mobil yang baru namun bagi Anda yang wiper bawaannya menggunakan wiper konvensional, bisa diganti dengan wiper hybrid untuk kinerja yang lebih baik terutama saat musik hujan ini.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    15/05/2019

    Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

  • Jenis-Jenis Kerusakan Turbo
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Jenis-Jenis Kerusakan Turbo

    30/04/2019

    Memasang sistem induksi udara paksa kedalam mesin memang menjadi salah satu cara oleh pabrikan mobil untuk dapat menggapai tenaga dengan instan. Namun, tak ada gading yang tak retak, semua buatan manusia tidak akan sempurna. Berikut ini kami beberkan beberapa jenis-jenis kerusakan turbo.

  • Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya

    25/04/2019

    Power Steering Elektrik atau yang akrab disebut EPS memang meringankan kerja mesin, namun sudah menjadi rahasia umum juga jika mobil dengan sistem power steering elektrik itu lebih lemah dari power steering hidrolik. Mengapa demikian? Ini penjelasan teknisnya