Musim Corona, Siapkan Tisu Basah Antiseptik di Mobil

01/04/2020 | Fatchur Sag

Dunia sedang darurat Corona (COVID-19). Virus ini telah membunuh puluhan ribu orang dan menjangkiti ratusan ribu orang lainnya. Di Indonesia yang meninggal karena terpapar Corona mencapai 122 orang dari 1.414 orang yang positif terkonfirmasi (data BNPB, 30 Maret 2020, 15:32 WIB).

Pemerintah menganjurkan isolasi diri dengan kampanye Work from Home (WFH) hingga masa darurat berlalu. Jika terpaksa keluar karena alasan sangat mendesak, disarankan memakai masker, menghindari kerumunan banyak orang, menghindari bersentuhan langsung dengan orang lain serta menerapkan social distancing alias menjaga jarak aman 1 meter. Yang paling ditekankan lagi, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin atau menggunakan hand sanitizer dalam kondisi-kondisi tertentu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto menunjukkan mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun, cara paling mudah untuk menangkal virus Corona

Lalu yang tak kalah penting yaitu selalu menjaga kebersihan atau mendisinfeksi barang-barang, peralatan, dan sesuatu yang sering disentuh. Tujuannya untuk meminimalisir keberadaan kuman dan virus berbahaya seperti COVID-19. Nah, bagaimana jika berada dalam perjalanan untuk urusan mendesak menggunakan mobil. Apa harus menyiapkan air sabun buat menjaga kebersihan mobil?

Kalau memungkinkan tak ada salahnya dibawa, tapi tentu akan merepotkan. Lebih baik siapkan hand sanitizer untuk mendisinfeksi kedua tangan, dan menyiapkan tisu basah antiseptik sebagai alternatif untuk membersihkan bagian-bagian mobil yang sering disentuh. Misalnya handel pintu, hand grip, sabuk pengaman, setir, tuas persneling, rem parkir, kenop AC, tombol audio, atau tuas power windows. Tisu basah antiseptik bisa juga digunakan mengangkat kotoran-kotoran kecil di bagian interior seperti remah makanan di kursi atau debu-debu kecil.

>>> Waspada Virus Corona, Berikut Tips Saat Ingin Bepergian Jauh

Foto menunjukkan membersihkan dashboard dengan tisu basah

Menyediakan tisu basah antiseptik dalam mobil bisa sangat berguna

Yang terbaik tetap mencuci tangan dengan sabun

Seperti ditulis di atas, hand sanitizer dan tisu basah antiseptik adalah alternatif digunakan saat darurat. Yang terbaik untuk menangkal virus Corona adalah mencuci tangan dengan sabun. Menurut Dermatopatologis asal Amerika Serikat, Dr. Gretchen W. Frieling, MD, hand sanitizer bisa mematikan virus, tapi tidak menghilangkan dari tangan. Malah jika terlalu sering menggunakannya dan berulang-ulang bisa menimbulkan efek negatif pada kulit mengingat kandungan hand sanitizer didominasi alkohol.

"Hand sanitizer mampu membunuh bakteri tetapi tidak akan membuatnya menghilang dari tangan Anda. Yang seharusnya dilakukan adalah mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun cuci tangan selama 20 detik," tutur Dr. Gretchen seperti dikutip dari Harper's Bazaar.

"Sabun dan air selalu menjadi cara terbaik untuk membersihkan tangan Anda. Di rumah, Anda seharusnya menggunakan sabun dan air untuk mencuci tangan, sedangkan hand sanitizer berbasis alkohol berguna ketika sabun dan air tidak tersedia," ujar Graham Snyder, MD dari University of Pittsburgh Medical Center Amerika Serikat.

>>> Ikuti Himbauan Untuk Tetap Beroperasi, Damri Sediakan Hand Sanitizer dan Masker Gratis

Foto penggunaan Hand sanitizer

Hand sanitizer tidak baik digunakan terus menerus

Sementara untuk tisu basah antiseptik digunakan untuk membersihkan bagian mobil seperti tersebut di atas, bukan untuk tangan. Anda bisa membelinya di toko atau minimarket terdekat dengan merek beragam. Dan jangan lupa, jika selesai digunakan segera buang keluar agar tidak mengotori dan menjadi sampah di dalam mobil.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.

  • 27/05/2020 | Abdul

    Beberapa Ciri Radiator Mobil Rusak Perlu Diwaspadai

    Radiator mobil mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin pada kendaraan. Pada radiator ini terdapat cairan yang berguna untuk mengontrol panas sehingga mesin tidak mudah mengalami kerusakan. Terdapat beberapa ciri radiator mobil rusak yang perlu diketahui.

  • 23/05/2020 | Fatchur Sag

    Ada Berbagai Pembatasan, Permintaan Home Service Suzuki Meningkat

    Berbagai pembatasan aktivitas dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan layaan Home Service Suzuki.