Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Manfaat Mesin Mobil Bersih Yang Didapat Pemilik

17/07/2019 | Abdul

Kalau masalah eksterior atau interior sudah banyak yang memperhatikan bagian ini. Akan tetapi untuk mesin masih jarang yang melakukannya. Padahal terdapat manfaat mesin mobil bersih yang bisa didapatkan.

Meskipun begitu, pada proses pembersihan bagian mesin mobil tidak boleh sembarangan. Karena jika asal-asalan dapat membuat mesin bermasalah, seperti misalnya tidak boleh menyiram dengan air yang memiliki tekanan tinggi. Proses pembersihan perlu dilakukan secara khusus agar pemilik mobil mendapatkan keuntungan.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil dalam kondisi bersih

Mesin yang bersih juga enak dipandang mata

>>> Lihat Juga, Ketika Sudah Engine Swap, Perlukah Memasang ECU Stand Alone?

Berikut ini merupakan beberapa manfaat mesin mobil bersih yang didapatkan.

1. Mesin Mobil Lebih Terlihat Bersih Dan Rapi

Lokasi mesin pada kendaraan umumnya tertutup oleh kap sehingga kadang membuatnya terlupakan untuk dilakukan pembersihan. Meskipun begitu, membersihkan bagian tersebut tergolong penting sama seperti bagian eksterior maupun interior kendaraan. Kebersihan dapat menimbulkan kebanggaan bagi pemilik mobil. Bahkan kebersihan kendaraan juga dapat mencerminkan kepribadian pemilik mobil dalam hal kebersihan. Umumnya pemilik dengan mobil yang bersih dan rapi maka dandanannya akan bersih dan rapi juga.

Bahkan tampilan mesin mobil juga akan terlihat rapi dan enak dipandang. Mengingat posisinya yang berada di dalam dan dapat kotor oleh debu dan kotoran yang kadang bisa membuatnya menumpuk jika tidak dilakukan pembersihan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memeriksa kondisi mesin mobil

Pemeriksaan mesin akan lebih mudah saat kondisinya bersih

>>> Lihat Juga, Apakah Memungkinkan Mesin Karburator Pasang Turbo? Ini Jawabannya...

2. Lebih Mudah Saat Mendeteksi Kerusakan

Manfaat mesin mobil bersih selanjutnya adalah saat terjadi kerusakan pada bagian mesin mudah untuk mendeteksinya. Hal tersebut dikarenakan, umumnya masalah yang kerap terjadi adalah adanya rembesan oli, air radiator dan lainnya. Jika kondisinya kotor maka akan sulit dibedakan apakah yang menempel pada komponen mesin rembesan oli atau kotoran yang lama menumpuk. Dengan begitu maka membersihkan mesin mobil menjadi salah satu langkah pencegahan terjadinya kerusakan yang parah.

Dengan melihat manfaat yang didapat, membersihkan mesin mobil perlu dilakukan. Untuk langkah pertama adalah dengan memanaskan mesin mobil sekitar 15 menit kemudian didiamkan sebentar. Tujuannya adalah supaya kotoran dapat dibersihkan dengan lebih mudah. Dalam proses pembersihan gunakanlah sarung tangan, karena kotoran yang terdapat pada mesin bisa mengandung zat yang berbahaya.

Sebelum proses pembersihan sebaiknya membungkus bagian yang mempunyai daya listrik agar tidak terjadi korsleting. Dalam pembersihan disarankan memakai air bertekanan rendah, siramlah mesin kemudian bersihkan menggunakan spon dan sikat untuk bagian yang sulit dibersihkan. Dalam proses penyikatan lakukan dengan perlahan agar tidak menyebabkan goresan pada komponen mesin.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mengelap mesin mobil

Lakukan pembersihan mesin mobil secara berkala

Untuk membersihkan kotoran dan sisa-sisa oli bisa memakai sabun colek yang dipercaya sangat ampuh. Setelah semuanya selesai melakukan pembilasan dan jangan sampai ada sisa busa atau sabun pada setiap bagian mesin. Tahap terakhir adalah melakukan pengelapan menggunakan kanebo atau kain microfiber.

Demikianlah informasi mengenai manfaat mesin mobil bersih yang didapat oleh pemilik mobil. Lakukan pembersihan secara teratur dan tetap berhati-hati dalam prosesnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.

  • 27/05/2020 | Abdul

    Beberapa Ciri Radiator Mobil Rusak Perlu Diwaspadai

    Radiator mobil mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin pada kendaraan. Pada radiator ini terdapat cairan yang berguna untuk mengontrol panas sehingga mesin tidak mudah mengalami kerusakan. Terdapat beberapa ciri radiator mobil rusak yang perlu diketahui.

  • 23/05/2020 | Fatchur Sag

    Ada Berbagai Pembatasan, Permintaan Home Service Suzuki Meningkat

    Berbagai pembatasan aktivitas dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan layaan Home Service Suzuki.