Mesin Diesel Ngebul Asap Warna Putih Atau Biru? Ini Penyebabnya

30/03/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Mesin diesel ngebul asap berwarna hitam mungkin sudah biasa, apalagi mesin diesel jadul. Nah, kalau mesin diesel ngebul biru campur warna putih apa ya penyebabnya?

Pernahkah Anda ketika dijalan melihat mobil dengan mesin diesel ngebul? Ngebul adalah kepulan asap yang keluar dari balik knalpot mobil tersebut. Warnannya pun bermacam-macam, ada mesin diesel yang asap ngebulnya putih, ada pula mesin diesel yang asap ngebulnya biru. Nah, kira-kira apa ya penyebab mesin diesel ngebul asap warna putih atau biru? Ini dia penyebabnya.

>>> Awas! Kenali gejala mesin diesel yang akan mengalami engine runaway

Tampak asap putih knalpot

Mobil Anda yang bermesin diesel sudah keluar asap berwarna? Siap-siap overhaul

Sebenarnya mesin diesel asap knalpotnya ngebul warna putih atau ngebul warna biru adalah indikasi bahwa pembakaran mobil sudah tidak sempurna. Dalam hal ini proses pembakaran di ruang bakar olinya sudah turun ke crankcase. Artinya di atas piston sudah terlalu banyak tekanan sehingga oli terdorong kebawah dan ikut terbakar. Jadi asap ngebul putih atau asap ngebul biru adalah tanda oli ikut terbakar.

>>> Ini pendapat kami mengenai Suzuki Carry dengan mesin diesel

Mesin diesel BJ40

Asap putih atau biru yang keluar umumnya dibarengi dengan gejala penurunan performa mesin

Solusinya adalah mesin diesel yang asapnya sudah ngebul putih atau ngebul biru harus segera dioverhaul alias turun mesin. Umumnya mesin diesel yang asapnya ngebul putih atau biru terjadi pada mesin diesel yang workhour-nya sudah tinggi. So, jika mesin mobil diesel Anda sudah terlihat asap putih atau biru diknalpot sebaiknya segera sisihkan uang Anda untuk melakukan perbaikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca