Mengetahui Waktu Virus Corona Bertahan Di Mobil, Ternyata Berbeda-Beda Lho!

09/05/2020 | Abdul

Pandemi virus corona (Covid-19) sedang terjadi di Indonesia, meskipun hal tersebut terjadi di berbagai negara di dunia. Banyak orang yang bepergian menggunakan mobil dengan harapan tidak tertular virus corona. Namun permukaan mobil beresiko terpapar Covid-19. Selain itu, waktu virus corona bertahan di mobil juga ada perbedaan.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi virus corona berwarna hijau dan merah

Beberapa pencegahan dilakukan terkait virus corona

>>> Masih PSBB, Pemprov DKI Jakarta Tak Berlakukan Ganjil Genap Hingga 23 April

Melihat penyebarannya yang cukup cepat membuat beberapa kebijakan diberlakukan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan larangan mudik. Selain itu jika ingin bepergian diharapkan kalau kondisi penting saja, itupun menggunakan masker dan rajin mencuci tangan serta selalu menjaga kebersihan.

Virus Corona Dapat Menempel Dimana Saja

Jika melihat penelitian yang telah dilakukan dan diumumkan, bahwasanya Covid-19 penyebarannya melalui percikan yang keluar dari mulut (droplet) atau hidung seseorang yang sudah positif. Dalam hal ini bisa dicontohkan saat seorang penderita bersin, batuk dan berbicara namun sambil mengeluarkan droplet. Bila droplet terjatuh kemudian menempel pada permukaan benda dan orang lain di sekitar maka akan tetap menempel dalam beberapa waktu. Sebagai contoh terkena tangan maka bisa beresiko tertular ketika tangan menyentuh mulut dan hidung sehingga beresiko masuk ke dalam tubuh.

Dalam kondisi ini maka tidak heran sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan sering mencuci tangan dengan sabun. Apalagi saat ingin menyentuh area wajah maka sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu dengan memakai sabun.

 Tidak hanya permukaan kulit, tubuh atau pakaian saja, namun mobil juga bisa menjadi tempat untuk droplet yang mempunyai kandungan virus corona. Namun untuk waktu virus berada di permukaan dengan bahan berbeda terdapat perbedaaan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan banyak mobil dan sepeda motor di pinggir jalan

Mobil juga bisa menjadi perantara virus corona

>>> Lihat Juga, Menggunakan Hand Sanitizer Di Dalam Mobil, Bahaya Tidak?

Waktu Virus Corona Bertahan Di Mobil

Dilansir dari laman Sehat pada 28/04/2020 menyebutkan, berdasarkan penelitian The Journal of Hospital Infection menunjukkan virus corona mampu bertahan pada benda-benda seperti kain, plastik, kaca dan logam. Bahkan di setiap materialnya mempunyai perbedaan tingkat virus mampu bertahan hidup. Dalam jurnal tersebut menyebutkan, bahwa virus corona dapat bertahan paling lama adalah 9 hari.

Berikut ini merupakan informasi mengenai benda yang menjadi tempat bertahan  hidup virus corona dan waktunya.

  • Baja dapat bertahan selama 2 hari
  • Aluminium dapat bertahan selama 2-8 jam
  • Logam dapat bertahan selama 5 hari
  • Kayu dapat bertahan selama 4 hari
  • Kertas dapat bertahan selama 4-5 hari
  • Kaca dapat bertahan selama 4 hari
  • Plastik dapat bertahan selama 5 hari
  • Karet dapat bertahan selama 5 hari
  • Keramik dapat bertahan selama 5 hari
  • Kain dapat bertahan selama 2 hari

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang pria mencuci mobilnya

Mencuci mobil dengan sabun menjadi salah satu langkah untuk menghilangkan virus corona di mobil

Jadi waktu virus corona bertahan di mobil terdapat perbedaan, akan tetapi untuk menghilangkannya juga tergolong mudah. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci mobil dengan mengandalkan sabun dan juga air mengalir. Oleh sebab itu sangat dianjurkan setelah bepergian untuk melakukan pencucian dengan bersih. Tujuannya adalah untuk memastikan jika ada virus yang menempel pada permukaan mobil hilang dan tidak menempel ke pemilik atau orang lain yang menyentuh mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 02/07/2020 | Fatchur Sag

    Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

    Lampu utama mobil berperan penting terhadap penampilan dan keselamatan. Ternyata komponen penerang jalan ini memiliki banyak pilihan. Dan berikut jenis-jenis lampu utama mobil!

  • 01/07/2020 | Fatchur Sag

    10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

    Ada jenis lampu halogen, HID, dan LED dipakai pada mobil. Namun secara fungsi jumlahnya lebih banyak. Mari kita kenali 10 jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya.

  • 30/06/2020 | Fatchur Sag

    Merawat Bodi Mobil Untuk Penampilan Terbaik

    Adalah kewajiban bagi pemilik untuk merawat bodi mobil jika ingin mendapatkan penampilan terbaik. Termasuk untuk mobil yang lama menganggur dan mau dipakai lagi.