Menggunakan Hand Sanitizer Di Dalam Mobil, Bahaya Tidak?

15/04/2020| Abdul

Pembersih tangan atau hand sanitizer menjadi salah satu barang yang cukup penting saat ini. Banyak orang menggunakannya untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah dalam penggunaannya, saat menggunakan hand sanitizer di dalam kendaraan perlu lebih berhati-hati.

00Gambar ini menunjukkan penggunaan hand sanitizer dalam mobil

Gunakan hand sanitizer sebelum masuk ke mobil

>>> Baca Juga, Pertamina Lubricants Ikut Cegah Corona Dengan Bagikan Wastafel Portable Dan Desinfektan

Apakah berbahaya?

Jika membahas soal bahaya atau tidak, berikut ada penjelasan dari Andi Surya selaku pemilik salon mobil Surya Coating Depok dilansir dari laman iNews. "Hand sanitizer itu terbuat dari bahan yang mengandung alkohol. Kita tahu, alkohol itu berbahaya untuk interior kulit mobil, termasuk alkohol di tangan Anda yang terkena hand sanitizer," ujarnya.

Dari pihak Andi memberikan saran, yang mana saat menggunakan hand sanitizer tidak dilakukan di dalam mobil. Dikhawatirkan cipratan dari hand sanitizer akan mengenai beberapa bagian dalam mobil yang memakai bahan kulit. Jika ingin menggunakannya sebaiknya dilakukan sebelum masuk mobil dan pastikan cairan pada tangan telah mengering.

Jadi jika menurut pihak Andi juga tidak dianjurkan untuk menyimpan botol hand sanitizer di dalam mobil, apalagi ketika sedang dalam cuaca panas. Hal tersebut disebabkan, saat cuaca panas bisa membuat hand sanitizer jadi encer dan kabin mobil berbau. “Jangan meletakkan hand sanitizer di dalam mobil. Di samping bisa membuat ruang kabin bau, hand sanitizer juga lebih cepat encer," katanya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan membersihkan tuas transmisi

Jika ada cairan hand sanitizer pada interior mobil segera bersihkan dengan cairan sabun

Apabila ternyata interior yang berbahan kulit tidak sengaja terkena oleh semprotan hand sanitizer maka segeralah dilakukan pengelapan dengan memakai deterjen cair. Deterjen cair ini dicampur dengan menggunakan air dan disimpan pada botol spray (semprot).

Andi kembali melanjutkan kebanyakan orang saat batuk dan juga bersin cenderung mengarahkannya depan yakni setir atau dashboard. Dalam hal ini proses pembersihan jangan menggunakan hand sanitizer. Lakukan menggunakan air sabun yang telah dibuat dan cukup dilap saja.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    31/08/2021| Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.

  • Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    31/08/2021| Anna

    Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    Saat mobil Anda mogok di tengah jalan karena kehabisan listrik aki, charger aki mobil adalah penyelamat Anda. Pada artikel di bawah ini, Mobilmo.com akan memberikan beberapa informasi serta harga charger aki mobil 100 ampere bagi yang berminat.

  • Kutipan Harga Accu Kering Mobil Terbaru dan Terlengkap

    26/08/2021| Anna

    Kutipan Harga Accu Kering Mobil Terbaru dan Terlengkap

    Berapa harga accu kering mobil ? Apa bedanya dengan accu basah? Apa kelebihan dan kekurangan accu kering? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab secara detail oleh Mobilmo.com melalui artikel di bawah ini.