Mengetahui Proses Dan Biaya Perbaikan Airbag Sudah Meledak

16/06/2021| Abdul

Salah satu fitur keselamatan pada mobil yang dapat meminimalisir cedera parah saat terjadi benturan keras adalah airbag. Nah perbaikan airbag sudah meledak juga perlu dilakukan, tidak bisa dipakai kembali atau dibiarkan begitu saja.

Dari segi cara kerja, pada saat mobil mengalami benturan yang keras atau kecelakaan maka akan dideteksi oleh sensor airbag. Setelah itu sinyal akan diberikan supaya airbag dapat mengembang. Dengan begitu pengemudi dan penumpang bisa lebih aman dan selamat dalam insiden tersebut.

gambar ini menunjukkan Airbag pada kemudi mobil Hyundai

Airbag jadi fitur keselamatan yang banyak dipasangkan pada kendaraan

Pada saat sudah mengembang maka perbaikan perlu dilakukan. Tujuannya adalah setelah perbaikan mobil maka fitur keselamatan tersebut bisa memberikan rasa aman kembali ketika menempuh perjalanan. Jadi perbaikan dapat dilakukan, meskipun terdapat beberapa komponen tidak bisa yang artinya perlu dilakukan penggantian.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rafi selaku owner spesialis setir dan airbag yang berlokasi di Taman Puring, Jakarta Selatan seperti dilansir dari laman otoseken mengungkapkan, bahawasanya perbaikan dapat dilakukan.

"Mobil yang sudah mengalami insiden hingga airbagnya mengembang itu masih bisa diperbaiki, tapi ada komponen yang tidak bisa diperbaiki, harus diganti," ungkap Rafi selaku owner spesialis setir dan airbag di Taman Puring, Jakarta Selatan.

>>> Baca Juga, Serba-Serbi Fitur Airbag Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

Bagian Yang Perlu Perbaikan Airbag Sudah Meledak

Adapun proses dalam melakukan perbaikan airbag yang sudah meledak  dan beberapa komponen yang dapat diperbaiki dan juga yang tidak bisa.

1. Komponen Sensor Airbag

Pada bagian ini dapat dilakukan perbaikan, dengan catatan sensor airbag tidak dalam kondisi hancup ada saat airbag mengembang. Apabila ternyata kondisinya sudah tidak memungkinkan maka penggantian baru perlu dilakukan.

Gambar ini menunjukkan sensor airbag pada mobil

Saat airbag mengembang sensor airbag tidak perlu diganti jika masih baik kondisinya

2. Komponen Modul Airbag

Komponen selanjutnya adalah modul airbag, dimana pihak Rafi menyebutkan bahwa bagian ini bisa dilakukan perbaikan. Caranya adalah dilakukan reset dengan melalui alat pemrograman. Jadi pada saat kecelakaan sangat jarang bagian ini rusak, namun rusaknya komponen ini bisa karena terendam banjir.

3. Cover Kemudi Dan Dashboard Mobil

Jadi pada saat mengalami benturan keras dan airbag mengembang maka dashboard mobil untuk penumpang depan dan cover kemudi mobil jadi terbuka. Dalam hal ini pihaknya menyebutkan memberikan pilihan kepada pihak konsumen apakah mau dilakukan retrim atau mengganti panelnya dengan yang baru.

Jika dilakukan retrim nantinya akan terlihat rapi karena dilakukan pengecatan kembali. Memang kalau sudah jadi secara sekilas tidak begitu tampak, namun ketika dilihat dengan betul maka akan tampak bekas perbaikan yang dilakukan.

>>> Lihat Juga, Toyota Fortuner Masuk Jurang 15 Meter, Pengendara Selamat Berkat Airbag

Gambar ini menunjukkan inflator airbag pada mobil

Inflator airbag saat sudah terpakai perlu diganti

>>> Baca Juga, Airbag Meledak Saat Mobil Parkir, Kok Bisa?

4. Komponen Inflator Airbag

Pada komponen ini saat terjadi pengembangan airbag maka perbaikan tidak bisa dilakukan. Fungsi dari inflator adalah menjadi gas dengan tujuan supaya airbag dapat mengembang ketika mendapatkan input dari modul airbag.

5. Komponen Balon Airbag

Kalau bagian ini jelas banyak orang sudah tahu. Dimana saat sudah terjadi pengembangan maka penggantian dengan yang baru perlu dilakukan.

7. Komponen Pretensioner Seat Belt

Komponen dalam perbaikan airbag yang sudah meledak selanjutnya adalah pretensioner seatbelt. Jadi ketika terjadi benturan keras maka pengembangan terjadi pada airbag. Dalam kondisi tersebut komponen ini akan membuat seatbelt terkunci secara otomatis. Dengan begitu ketika ingin menggunakannya kembali setelah mobil diperbaiki maka bagian ini perlu dilakukan perbaikan.

Biaya Perbaikan Airbag Sudah Meledak

Karena berhubungan dengan keselamatan pengemudi dan penumpang tentu dari segi biaya yang perlu dikeluarkan cukup tinggi. Dimana pihak Rafi memberikan banderol harga dalam penggantian airbag kendaraan dalam segmen LMPV seperti Xpander, Acanza, Brio dan lainnya mulai Rp. 6 juta. Untuk mobil dalam kelas medium contohnya adalah innova, HR-V dan lainnya mulai Rp. 8,5 juta.

>>> Baca Juga, Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

Gambar ini menunjukkan airbag mobil yang sudah mengembang

Biaya perbaikan airbag mobil tergantung jenis kendaraannya

Berbeda lagi untuk mobil BMW, Mercedes-Benz yang merupakan kendaraan premium Eropa yang bisa mencapai Rp. 20 jutaan untuk biayanya. Jadi biaya perbaikan airbag sudah meledak tersebut termasuk juga penggantian balon dan inflator airbag serta termasuk juga perbaikan dan juga jasa pengerjaan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International