Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

15/08/2020| Abdul

Saat ini mengendarai mobil bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari perempuan, laki-laki,  muda hingga tua dapat mengoperasikan kendaraan roda empat ini. Tidak heran angka kecelakaan mobil semakin banyak. Produsen kemudian menambahkan fitur keselamatan yang dinamakan Airbag. Fitur ini dapat membantu meminimalisir kecelakaan fatal pada penumpang yang terdampak benturan. Lantas apa fungsi airbag pada mobil dan cara kerja serta perawatannya?

Fungsi Airbag Pada Mobil

Airbag merupakan komponen penyelamatan yang ada di mobil. Airbag berfungsi melindungi pengendara dan penumpang yang berada di kursi terdepan untuk meminimalisir cedera yang fatal saat terjadi kecelakaan. Banyak produsen menambah fitur ini di bagian depan kabin agar melindungi pengendara dan penumpang dari benturan.

Gambar ini menunjukkan bagian kemudi mobil yang jadi tempat airbag

Untuk perlindungan pengemudi airbag diberikan pada kemudi mobil

>>> Baca Juga, Airbag Meledak Saat Mobil Parkir, Kok Bisa?

Cara Kerja Airbag Pada Mobil

Pada praktiknya ketika benturan terdeteksi, sensor mobil akan memberikan sinyal agar airbag yang ada di beranda mengembang dan melindungi organ vital seperti kepala, leher dan dada lebih aman dari benturan keras. Selain itu, sebagian mobil saat ini telah ditunjang airbag pada semua sisi kabin untuk melindungi semua penumpang yang berada di mobil. Selain melindungi penumpang, airbag juga mampu meminimalisir kerusakan yang ada di kabin.

Semua komponen mobil akan mengalami yang namanya dimakan usia dan fitur keselamatan akan mengalami penurunan performa. Supaya airbag berfungsi maksimal perlu dilakukan perawatan. Terlebih melihat peranan airbag sangat penting apabila kendaraan mengalami masalah. Berikut ini tips dan cara merawat airbag yang disadur dari berbagai sumber.

Cara Merawat Airbag

Selain fungsi airbag pada mobil, perawatan airbag sejatinya tidak langsung bersentuhan dengan airbag itu sendiri. Di luar teknis itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya airbag tetap bekerja secara optimal. Ini langkah cermat merawat airbag:

1. Memantau Indikator

Merawat airbag pertama kali dengan memantau indikator yang berada di instrument cluster pada speedometer. Saat mobil dinyalakan dalam mode on, lampu indikator tersebut akan menyala beberapa kali kemudian padam kali. Apabila mobil dinyalakan dan lampu indikator airbag tersebut tidak menyala, berarti ada yang salah dengan sistem airbag. Jika tidak menyala ada kemungkinan itu terjadi pada sistem kelistrikan pada mobil, dan untuk menjaga-jaga, lebih baik langsung dibawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan indikator airbag dengan warna kuning

Jika airbag bermasalah maka indikator airbag pada panel instrument menyala

>>> Lihat Juga, Serba-Serbi Fitur Airbag Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

2. Aki Mobil Yang Cukup

Airbag yang tersebar hampir di semua mobil bergerak melalui tenaga listrik, sehingga aki yang cukup dapat memantik alat pelindung ini bekerja.

3. Minimal Kecepatan 30 km Per Jam

Beberapa sinyal listrik biasanya terkumpul pada satu titik tempat pengendara mengalami benturan. Airbag akan berfungsi ketika pengendara melaju di angka minimal 30 km per jam.

4. Jangan Utak-Atik Sistem Kelistrikan

Cara merawat airbag yang terakhir yaitu dengan tidak utak-atik sistem kelistrikan. Acap kali ditemukan pemilik mengganti atau memodifikasi sistem audio di mobil. Apabila hal ini dilakukan bukan oleh teknisi yang tepat, proses pemasangan audio dapat mengganggu rangkaian kabel kantung udara yang berbuntut pada airbag yang lumpuh.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan airbag yang mengembang dengan boneka orang untuk pengetesan kinerja airbag

Pemberian airbag pada mobil sudah dilakukan pengetesan keamanannya

Itulah artikel fungsi airbag pada mobil dan cara merawatnya. Sistem airbag memang kelihatan sepele dan mungkin jadi komponen paling useless selama tidak terjadi benturan, tetapi dibalik itu fitur satu ini sangat krusial untuk mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

  • Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    15/08/2020| Abdul

    Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan yang diberikan pada mobil. Yang mana fitur ini akan aktif saat merespon terjadi benturan yang keras. Lantas apa saja fungsi airbag pada mobil dan bagaimana cara kerjanya?

International