Mengetahui Fungsi Selang Radiator Mobil Dan Cara Merawatnya

08/04/2020| Abdul

Salah satu komponen penting pada kendaraan adalah radiator. Fungsinya untuk mendinginkan mesin mobil sehingga kinerjanya tetap maksimal. Jika bagian ini bermasalah maka bisa beresiko membuat suhu mesin berlebih dan berpotensi menyebabkan overheat. Oleh sebab itu perawatan perlu dilakukan, salah satunya pada bagian selang radiator mobil.

Lantas sebenarnya apa sih fungsi selang pada radiator dan bagaimana cara merawatnya?

Fungsi Selang Radiator Mobil

Kalau soal fungsi sebenarnya sama seperti selang biasa pada umumnya yakni mengalirkan air. Hanya saja untuk selang radiator ini yang dialirkan adalah cairan coolant (cairan pendingin khusus radiator). Jadi air ini nantinya akan disalurkan ke bagian mesin ketika mesin dinyalakan. Tujuannya adalah supaya panas mesin saat terjadi pembakaran di bagian ruang bakar dapat ditekan.

Gambar ini menunjukkan selang radiator pada mobil

Selang radiator mobil menjadi penghubung antara blok mesin dan radiator

>>> Lihat Juga, Kenali Sinyal Peringatan Kerusakan Kipas Radiator

Jadi aliran cairan tersebut dari radiator menuju ke bagian selang yang berada di bagian bawah (lower hose) menuju ke bagian mesin. Akan tetapi cairan tersebut masuknya ke dalam mesin hanya saat thermostat dalam keadaan terbuka. Sementara yang dari mesin dalam kondisi panas dikembalikan ke bagian radiator mengandalkan selang radiator atas (Upper Hose). Jika thermostat sedang dalam kondisi tertutup maka cairan panas yang berasal dari mesin berhenti di bagian radiator hingga thermostat terbuka kembali.

Perlu diketahui, bahwa kinerja tersebut yang sangat berperan adalah selang radiator. Jadi adanya selang fungsinya adalah untuk mengurangi getaran mesin. Jarak antara radiator dan blok mesin terdapat jarak supaya getaran dapat diredam, sehingga untuk menghubungkannya membutuhkan bantuan selang radiator.

Merawat Selang Radiator Mobil

Selang yang kita bahas kali ini bahan dasarnya adalah karet, selain itu juga mempunyai masa pakainya. Biasanya ketika mobil telah berumur lebih dari 5 tahun maka selang akan muncul masalah karena selang yang telah getas.

"Masalah pada selang radiator cuma satu, yakni kebocoran. Pada mobil berusia di atas 5 tahun wajib diperiksa kondisi selang radiatornya," sebut Sulaiman selaku mekanik bengkel spesialis radiator mobil di kawasan Jakarta Timur.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan selang radiator dalam kondisi pecah

Segera ganti bila selang bermasalah untuk keamanan

>>> Baca Juga, Hindari Overheat, Berikut Masalah Penyebab Radiator Mobil Rusak

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa selang yang getas menjadi penyebab terjadinya kebocoran pada selang. Ditambah lagi saat mesin panas bisa membuat selang cepat retak dan getas. Soal perawatan selang radiator mobil, pihak Sulaiman juga memberi tips mudah.  Yang pertama adalah menjaga kebersihan dari selang dan hindari kotoran sampai berlebihan pada selang. Tips selanjutnya adalah rutin melakukan pengecekan, "Kalau kotor cukup cuci dengan air dan lap hingga bersih. Jangan pakai deterjen atau cairan pembersih lain. Karena cairan kimia malah akan merusak elastisitas karet pada selang radiator," katanya.

Perhatian selanjutnya tertuju pada klem pengikat selang radiator. Dengan klem ini maka selang bisa menempel radiator dan mesin dengan erat. Bahan klem adalah logam sehingga karat bisa menyerang dan daya rekat yang dimiliki menurun.

”Jika klemnya terlihat sudah berkarat, maka sebaiknya lekas ganti dengan klem yang baru dan berkualitas," sambung Baharuddin Zainal selaku  Mekanik Honda Megatama Kalimalang, Jakarta Timur.

Mengganti Selang Radiator Mobil

Pada saat selang radiator sudah bermasalah seperti, getas bocor dan lainnya maka menandakan perlu segera diganti. Soal harganya berada antara Rp. 150.000 hingga Rp. 400.000, harga tersebut tergantung tipe dan juga mereknya. Kalau klem harganya cukup murah yakni kisaran Rp. 20.000 sampai Rp. 50.000 tergantung bahan material yang digunakan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan selang radiator yang menggunakan warna biru

Dengan selang aftermarket bisa buat tampilannya jadi beda

Bahkan beberapa pemilik mengganti selang aftermarket sebagai langkah modifikasi untuk  membuat tampilannya beda. Tidak hanya itu, penyebab lainnya bisa karena spek dari mesin mobil yang  telah berubah sehingga asupan air radiator perlu yang lebih baik lagi menjadikan butuh selang yang lebih baik daya tahannya. Terdapat produsen otomotif lebih dari satu yang memproduksi selang radiator mobil seperti Moshimo, Trillion dan Samco.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

International