Hindari Overheat, Berikut Masalah Penyebab Radiator Mobil Rusak

11/12/2019| Abdul

Adapun penjelasan secara rincinya adalah kipas radiator bertugas membuang hawa panas dari komponen radiator untuk membuat suhu mesin tetap terjaga. Apabila kipas radiator mobil rusak bisa membuat elemen yang terdapat pada radiator mengalami panas yang berlebih, akhirnya pendinginan mesin tidak maksimal dan mengalami overheat.

Untuk kendaraan masa kini, kipas radiator terbagi menjadi 2 jenis yaitu kipas visco dan elektrik. Jika kipas radiator pada mobil Sobat mengalami  masalah, sebaiknya melakukan pemeriksaan berikut ini:

1. Kipas Rusak Karena Jebol

Gambar ini menunjukkan kipas radiator yang mengalami kerusakan

Kipas yang rusak atau jebol mengganggu kinerja mesin mobil

>>> Lihat Juga, Kenali Sinyal Peringatan Kerusakan Kipas Radiator

Pada kipas visco, masalah yang yang biasanya terjadi sehingga membuat kipas bermasalah disebabkan oleh silicon oli yang bertugas untuk mengoperasikan kipas kekeringan atau telah habis. Masalahnya ada pada karet silikon yang terdapat pada kipas mengalami kebocoran. Sedangkan untuk kipas model elektrik, permasalahan yang kadang terjadi sehingga menyebabkan jebol adalah terjadinya konsleting di bagian jalur kelistrikan yang menuju ke bagian motor elektrik.

2. Sekring Atau Kabel Sudah Putus

Kinerja dari kipas radiator menggunakan daya listrik sehingga bisa beroperasi. Daya listriknya mengandalkan aki mobil, jadi ketika ada kabel yang putus maka kipas tidak akan dapat bekerja. Berbeda dengan kipas radiator model elektrik, yang mana kinerjanya mengandalkan sekring. Jadi saat terdeteksi motor listrik mengalami konsleting, maka sekring akan putus.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan komponen pada mesin mobil dan terdapat kipas radiator

Perawatan diperlukan untuk menjaga kondisi radiator mobil

>>> Mengetahui Penyebab Temperatur Mobil Naik Yang Perlu Diwaspadai

3. Fan Belt Bermasalah

Untuk menggerakkan kipas radiator sehingga bisa berputar terutama pada tipe visco, untuk kinerjanya mengandalkan puli yang berasal dari fan belt. Jadi ketika fan belt telah habis masa pakai akan bermasalah dan beresiko putus. Jika sudah begitu maka kipas radiator tidak akan dapat berputar. Hasilnya radiator yang terdapat pada mobil tidak akan mampu untuk mengusir panas pada mesin mobil dengan maksimal.

4. Module Mengalami Kerusakan

Pada saat module kipas bermasalah maka kipas radiator juga akan ikut merasakan efeknya. Module mempunyai tugas untuk membantu kinerja dari sekring dan sumber listrik, pergerakan kipas juga dikendalikan oleh module, yang mana bagian ini terhubung dengan ECU pada mobil. Jadi module bertugas mengatur kipas kapan harus berputar dan juga kapan boleh diam atau berhenti.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan kipas radiator pada mobil untuk mendinginkan suhu mesin

Komponen pada radiator mobil saling berhubungan dalam kinerjanya

5. Thermostat Mengalami Kerusakan

Komponen yang terdapat pada mobil saling berhubungan, baik dari segi kinerja dan juga kelistrikannya termasuk pada kipas radiator. Pada saat kipas bekerja maka suhu radiator akan dideteksi oleh thermostat. Kinerjanya cukup penting karena saat suhu tidak terdeteksi dampaknya adalah kipas radiator jadi tidak bekerja dengan baik.

Dengan melihat beberapa hal di atas mengenai kipas radiator mobil rusak, maka pemilik bisa lebih waspada. Yang penting adalah pengecekan dan perawatan berkala, dengan begitu

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    31/08/2021| Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.

  • Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    31/08/2021| Anna

    Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    Saat mobil Anda mogok di tengah jalan karena kehabisan listrik aki, charger aki mobil adalah penyelamat Anda. Pada artikel di bawah ini, Mobilmo.com akan memberikan beberapa informasi serta harga charger aki mobil 100 ampere bagi yang berminat.

  • Kutipan Harga Accu Kering Mobil Terbaru dan Terlengkap

    26/08/2021| Anna

    Kutipan Harga Accu Kering Mobil Terbaru dan Terlengkap

    Berapa harga accu kering mobil ? Apa bedanya dengan accu basah? Apa kelebihan dan kekurangan accu kering? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab secara detail oleh Mobilmo.com melalui artikel di bawah ini.

International