Mengetahui Fungsi Door Visor Pada Mobil Baik Di Cuaca Panas Atau Saat Hujan

29/11/2018| Abdul

Door visor kerap disebut oleh kebanyakan orang dengan  talang  air. Mengenai fungsi door visor pada mobil tentu akan sangat berguna terutama di musim penghujan. Walaupun jika dilihat memang tampak sepele seperti tanpa ada manfaat apapun. Namun jangan salah, karena fungsinya ternyata banyak.

Gambar ini menunjukkan mobil warna merah dengan door visor warna hitam dan terlihat kaca mobil

Door visor mempunyai fungsi dan manfaat tersendiri

Apabila dipahami dari namanya, talang air adalah merupakan bagian yang bertugas mencegah air masuk kedalam mobil ketika kaca mobil dibuka sedikit. Ditambah lagi saat musim penghujan, fungsinya menjadi lebih penting. Saat akan mengambil tiket di lokasi parkir dan hal lainnya dalam kondisi hujan maka air tidak akan masuk ke dalam kabin mobil. Bahkan ada yang berpendapat bahwa door visor juga bisa mengurangi suhu dingin di dalam kendaraan. Akan tetapi bagian ini ternyata dapat menjadikan tampilan lebih sempurna dan terlihat lebih menarik.

Selain beberapa hal di atas, fungsi door visor pada mobil selanjutnya adalah untuk melindungi  tombol elektrik yang berada di pintu yakni power window. Untuk letak power window sendiri berada pada door trim, jadi saat di siang hari tidak akan terkena sinar matahari berkat adanya door visor. Begitupun saat turun hujan, air yang masuk dapat menjadikan bagian tombol terkena air dan beresiko terjadi korsleting.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Namun mengenai masalah door visor ini masih banyak yang menganggapnya sepele. Hal tersebut memang wajar, karena di jaman dulu belum ada yang dipasangi talang air. Untuk mobil jaman sekarang rata-rata telah disematkan fitur ini oleh produsen.

Gambar ini menunjukkan 4 buah door visor untuk mobil baik sebelah kanan dan kiri

Mobil masa kini biasanya telah terpasang door visor

>>> Lihat juga, Musim Hujan, Perhatian Khusus Harus Diberikan Pada Bagian-bagian Ini

Bahkan dari pihak Fahmi Jaya Motor yang merupakan owner sebuah bengkel di Bekasi mengatakan, bahwasanya masih ada orang yang menyepelekan manfaat dari door visor. Apalagi saat tidak ada bagian ini bisa berakibat power window korsleting.

Setelah mengetahui fungsi door visor pada mobil tentunya ada yang berpikiran untuk memasangnya. Dalam hal ini jangan bingung, karena di jaman sekarang sudah banyak yang menjualnya. Sobat bisa mendapatkannya di bengkel resmi atau toko aksesori mobil.

Untuk harganya sendiri bermacam-macam, ada yang murah dan juga ada pula yang mahal. Bandrol yang ditawarkan mulai Rp. 250 ribuan sampai Rp. 1 jutaan tergantung jenis dan juga kualitas yang dimiliki. Apabila masih bimbang dalam melakukan pemasangan, cobalah meminjam kendaraan milik teman dan saudara yang telah dipasangi door visor. Rasakan perbedaan yang dirasakan baik berkendara di cuaca panas dan saat turun hujan.

>>> Baca juga, 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Interior Mobil Tetap Seperti Baru Untuk Orang "Super Malas"

Gambar ini menunjukkan mobil warna merah dengan door visor ditunjuk dengan anak panah

Door visor sangat bermanfaat baik pada cuaca cerah dan juga saat turun hujan

Jika sobat mempunyai mobil terkini, tentunya sudah dapat merasakan manfaat dan juga fungsi door visor pada mobil. Jika mendapati teman atau saudara dengan mobil belum memasangnya bisa menyarankannya supaya perjalanan menjadi lebih nyaman. Selain hal tersebut, jangan lupa untuk merawatnya agar kondisinya tetap maksimal dan mempunyai umur yang panjang.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International