Mengetahui Cara Kerja Speedometer Pada Mobil Dan Perawatannya

03/02/2021| Abdul

Pada saat memiliki sebuah kendaraan pemilik akan menemukan speedometer, odometer dan tachometer yang mempunyai fungsi memberikan informasi kepada pengendara. Pembahasan kali ini berkaitan dengan cara kerja speedometer. Jadi speedometer adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan sehingga dapat diketahui oleh pengemudi seberapa cepat mobilnya melaju.

Gambar ini menunjukkan speedometer yang terdapat pada mobil

Speedometer menunjukkan informasi kecepatan mobil

>>> Baca Juga, Biar Lebih Awet, Merawat Kopling Mobil Diperlukan

Dengan adanya speedometer juga bisa menjadi acua saat melaju di jalan. Pasalnya terdapat beberapa tempat atau jalan yang dibatasi kecepatan mobil dalam melintasi jalanan tersebut. Sehingga dengan adanya speedometer pengemudi bisa tahu apakah mobilnya melaju melebihi kecepatan yang telah ditentukan atau masih jauh dari rambu batas kecepatan.

1. Jenis Speedometer

Seperti yang telah disebutkan bahwa speedometer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan. Komponen ini terdapat 2 jenis yakni model digital dan analog. Dari segi cara kerjanya terdapat perbedaan.

2. Cara Kerja Speedometer

Speedometer Analog

Untuk jenis ini mengandalkan roda bergigi untuk kinerjanya yang dihubungkan dengan poros roda. Selain itu terdapat jarum  yang menjadi alat untuk menunjukkan kecepatan berkendara ketika mobil sedang melaju. Pada jenis ini dalam layar informasi akan ada angka tergantung kecepatan kendaraan bahkan lebih dengan contoh 0-160. Untuk pengoperasiannya mengandalkan kabel yang dipadukan dengan kawat kaca. Dari segi harga jualnya, speedometer jenis ini di diler resmi lebih terjangkau.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan speedometer model digital di mobil

Ada speedometer model digital dan analog

>>> Lihat Juga, Mengenal Jenis Format Video Untuk Diputar Di Mobil Untuk Temani Perjalanan

Speedometer Digital

Pada speedometer model digital mengandalkan perpaduan antara pulser dan pulsa magnetik. 2 komponen tersebut posisinya di roda atau sistem gigi. Untuk cara kerjanya yaitu pada saat mobil melaju maka roda akan berputar sehingga dapat memutar kawat kopel yang terdapat pada instrument cluster karena sistem dir yang dilewati.

Kemudian roda berlubang akan berputar karena terdapat kawat speedometer di bagian instrument cluster. Sinyal logic 1 dihasilkan oleh optocoupler di bagian roda yang membuat angka bisa dikalkulasi. Adapun kelebihan dari speedometer jenis ini adalah bisa lebih tepat dan presisi dalam membaca angkanya.

3. Merawat Speedometer

Dari segi perawatan pada bagian kabel komponen juga terbilang cukup mudah. Hal tersebut karena penggunaan sensor optik untuk kabel alat ukur yang dipakai. Oleh sebab itu tidak ribet ataupun cara khusus dalam melakukan perawatan.

Selain soal cara kerja speedometer, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merawat speedometer:

1. Melakukan pengecekan pada bagian arus tegangan aki secara berkala dan rutin(perawatan jenis speedometer model digital). Oli jangan sampai terlalu lama dalam penggantian bila sudah saatnya sebaiknya segera dilakukan penggantian.

2. Jika proses penggantian oli terlambat dan hal tersebut terjadi terus menerus maka bisa buat kabel komponen bermasalah, bahkan kendaraan juga bisa lebih cepat mengalami kerusakan.

3. Pada pertautan gigi diberikan pelumas secara konsisten (untuk jenis speedometer model analog).

 

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan speedometer mobil model analog

Perawatan radiator juga dapat dilakukan dengan mudah

Demikianlah informasi mengenai cara kerja speedometer dan juga perawatannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International