Mengenal Jenis Format Video Untuk Diputar Di Mobil Untuk Temani Perjalanan

12/01/2021| Abdul

Fitur hiburan menjadi salah satu hal yang cukup penting bagi sebagian pemilik mobil. Hal tersebut karena berkendara jadi lebih menyenangkan dan bisa membuat pengemudi tetap rileks. Bagi Sobat yang terdapat fitur video pada mobilnya, format video apa saja yang dapat diputar?

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menhgoperasikan head unit mobil

Fitur entertainmet buat hiburan selama berkendara

>>> Baca Juga, Membersihkan Head Unit Diperlukan, Begini Caranya

Fitur Entertainment Mobil

Saat ini mobil terbaru kebanyakan telah diberikan fitur entertainment. Yang mana dari segi bentuk cukup beragam, namun yang menjadi paling menonjol adalah pemutar video. Kelebihan yang dimiliki adalah bisa mendengarkan lagu dan melihat video di layar. Meskipun ketika berkendara fitur ini pengemudi tidak  menikmatinya karena harus fokus ke jalan, namun saat sedang parkir atau santai bisa menikmatinya.

Untuk bisa menyalakan fitur video, banyak opsi dapat dipilih seperti melalui CD/DVD, USB sampai bluetooth. Namun yang jadi pertanyaan adalah, saat ingin memutar video apa saja format yang bisa diputar di dalam kendaraan?

Format Video Yang Bisa Diputar Di Mobil

Adapun format yang dapat diputar dalam fitur entertainment kendaraan terdapat beragam seperti AVI, MKV dan MP4. Jadi bila video yang ingin Sobat putar memiliki format tersebut maka dapat diputar di dalam kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sebuah jari menunjuk head unit mobil

Terdapat beberapa format cideo yang bisa diputar di mobil

>>> Baca Juga, Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

1. Format MP4 atau MPEG-4

Jadi format MKV pada video biasanya dapat diputar pada head unit kendaraan dengan mudah dan tanpa kendala. Hal tersebut disebabkan rancangan head unit saat ini memang dibuat dapat kompatibel dengan format MP4. Bahkan pada format standar pada video di Youtube juga mengandalkan MP4.

2. Format MKV

Jadi tidak hanya MP4 saja yang dapat diputar dapat entertainment pada mobil. Video yang menggunakan format MKV juga dapat diputar pada head unit. Umumnya untuk format ini mempunyai ukuran yang cukup besar karena jenis format ini bisa untuk menyimpan data yang mempunyai ukuran besar. Jadi kerap sekali menemukan video dengan format MKV, yang mana format ini biasanya terdiri dari audio, video dan juga sudah mendukung untuk pemberian subtitle. Sehingga saat kita menonton film luar dengan bahasa Inggris sudah ada terjemahan ke Indonesia yang membuat kita paham akan alur cerita film. Akan tetapi karena hal tersebut kadang file dengan format MKV saat diputar pada head unit kendaraan jadi sulit.

3. Format AVI

Untuk jenis format video yang terakhir yang bisa diputar di mobil adalah AVI. Umumnya ormat ini dipakai untuk video yang mempunyai durasi panjang atau film. Bahkan kamera digital atau handycam menggunakan format ini. Nah jika ingin memutarnya di dalam mobil pastikan bahwa pemutar video pada mobil yang Sobat miliki telah ada pembaca codec. Dengan begitu file AVI bisa dibaca dan diputar sehingga pengendara dan penumpang bisa menikmati video di dalam mobil. Format AVI sendiri mempunyai kandungan codec yang berupa DivX atau Xvid.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi untuk konversi format video

Jika video tidak bisa diputar di mobil maka perlu convert terlebih dahulu

Bagaimana Jika Format Video Tidak Kompatibel

Pada saat Sobat memiliki sebuah video dengan format yang berbeda di atas dan ingin memutarnya di head unit mobil jangan khawatir. Hal tersebut karena saat ini terdapat aplikasi untuk konversi video ke format yang kita inginkan. Sobat bisa mendapatkannya dengan mudah dan proses konversi juga mudah. Dengan begitu video yang sebelumnya tidak kompatibel bisa diubah jadi format yang kompatibel dan dapat dinikmati selama perjalanan dengan mobil kesayangan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International