Biar Lebih Awet, Merawat Kopling Mobil Diperlukan

12/01/2021| Abdul

Kopling merupakan salah satu komponen pada mobil yang memang tidak terlihat jika tidak membongkar mesin. Hanya saja komponen yang berhubungan adalah pedal kopling untuk mobil transmisi manual. Untuk transmisi otomatis tidak menggunakan pedal kopling karena telah diatur melalui komputerisasi atau secara otomatis. Merawat kopling mobil diperlukan untuk menjaga kondisinya tetap maksimal dan perjalanan dengan mobil tetap nyaman.

Kopling juga bisa aus meskipun untuk waktu menggantinya masih cukup lama. Pada umumnya umur penggunaan kopling adalah 20.000-50.000 km. Tidak hanya itu saja, banyak saran disebutkan bahwa melakukan servis bila sudah menempuh 10.000 km.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi komponen pada sistem kopling pada mobil

Kopling terdiri dari beragam komponen

>>> Baca Juga, Perlu Diperhatikan, Begini Tips Deteksi Kopling Mobil Bermasalah

Dengan melakukan perawatan maka kondisinya bisa maksimal. Namun saat perhatian kurang bisa membuat tenaga mobil melemah. Bahkan selip bisa saja terjadi saat digunakan dan menjadi penyebab terjadinya mobil mogok.

Berikut ini beberapa tips merawat kopling mobil yang dilansir dari laman Otospector.

1. Masalah Pada Kopling Yang Umum

Sebelum masuk pembahasan mengenai perawatan pada bagian kopling, sebaiknya mengetahui masalah yang kerap terjadi. Adapun yang pertama adalah slip yang membuat mobil tenaganya kurang. Bahkan lebih parah jika mengalaminya yaitu tenaga mesinnya tidak tersalur dengan baik sehingga membuat mobil boros BBM.

Adapun masalah yang kedua yaitu perpindahan gigi tidak dapat dilakukan. Jika mengalami bagian ini dapat beresiko jebol, silinder kopling bocor dan kabel kopling putus. Apabila kopling lengket di bagian mesin maka membuat tuas transmisi akan susah untuk digerakkan. Biasanya hal tersebut terjadi karena kemasukkan air atau lumpur pada bagian sistem kopling.

2. Tidak Melakukan Hal Ini Pada Kopling Mobil

Untuk merawat kopling mobil yang perlu diperhatikan adalah cara mengendarai kendaraan. Bila menginginkan koplingnya awet sebaiknya menghindari hal ini:

  • Tidak menahan kopling setengah saat berhenti di jalanan yang menanjak. Jika melakukannya beresiko membuat sistem kopling dan juga plat kepanasan dan biasa buat terbakar. Sobat bisa mengandalkan rem tangan untuk memberhentikan mobil.
  • Tidak menaruh kaki di pedal kopling ketika berkendara. Jadi pada saat pedal hanya tertekan sedikit dan terjadi berulang kali maka bisa membuat resiko aus meningkat. Karena biasanya pengendara tidak sadar melakukannya sehingga pelat dan release bearing mengalami keausan.
  • Tidak terburu-buru ketika menginjak dan melepas pedal kopling. Jadi pada saat melakukannya maka pengaruhnya ada di bagian sentuhan plat dengan bagian flywheel yang menjadikan keausan kopling jadi lebih cepat. Bahkan kerusakan juga bisa terjadi pada torsion damper.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjuikkan sepatu menekan pedal kopling

Menekan pedal kopling dengan benar buat koling lebih awet

>>> Baca Juga, Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

3. Menggunakannya Dengan Benar

Pada saat berkendara dan menekan pedal kopling sebaiknya dilakukan dengan sempurna atau secara penuh. Setelah itu baru melakukan perpindahan tuas transmisi dengan gigi yang sesuai. Dalam proses pelepasannya juga dilakukan dengan perlahan dibarengi pedal gas ditekan secara perlahan. Proses tersebut dilakukan secara santai dan halus. Apabila terburu-buru maka bisa membuat susah memindahkan tuas transmisi.

4. Merawat Kopling Mobil

Mobil ada yang menggunakan transmisi otomatis dan manual. Dalam hal perawatan tentunya ada perbedaan. Berikut ini perawatan yang perlu dilakukan:

Sistem Transmisi Matic

  • Memakai oli transmisi yang berkualitas dan memastikan oli transmisi di tangki tetap ada jangan sampai kehabisan atau kurang
  • Mengganti secara berkala oli transmisi ketika mobil telah menempuh jarak 25.000 km-50.000 km
  • Memakai gigi sesuai fungsinya, seperti pada D untuk maju, R mundur dan N netral serta P ketika parkir

Sistem Transmisi Manual

  • Mulai melajukan mobil dari gigi terendah yaitu 1
  • Pada saat berhenti di pinggir jalan dan lampu merah memindahkan tuas transmisi pada gigi netral

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan info pada transmisi mobil otomatis

Asda perbedaan antara transmisi mobil manual dan otomatis

5. Muncul Bau Terbakar Pada Kopling

Ketika menempuh perjalanan dan terasa ada bau terbakar pada kopling mobil, maka sebaiknya menepikan kendaraan. Hal tersebut merupakan salah satu langkah keamanan. Biasanya bau yang timbul asalnya dari kampas kopling yang panas dan gosong disebabkan gesekan dengan bagian pressure plate. Berhenti sejenak untuk membuat temperature kampas kopling normal kembali dan bisa bekerja dengan baik kembali.

Itulah beberapa tips merawat kopling mobil. Semoga dengan memperhatikan beberapa hal di atas bisa membuat berkendara lebih baik dan komponen kopling jadi lebih awet.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengenal Jenis Format Video Untuk Diputar Di Mobil Untuk Temani Perjalanan

    12/01/2021| Abdul

    Mengenal Jenis Format Video Untuk Diputar Di Mobil Untuk Temani Perjalanan

    Jenis format video ada beragam dan hanya beberapa yang dapat diputar di head unit kendaraan. Jadi tidak semua format bisa diputar di dalam mobil. Nah bila memiliki video tapi tidak bisa diputar di mobil maka Sobat bisa mengkonversinya melalui aplikasi sehingga bisa kompatibel.

  • Biar Lebih Awet, Merawat Kopling Mobil Diperlukan

    12/01/2021| Abdul

    Biar Lebih Awet, Merawat Kopling Mobil Diperlukan

    Merawat kopling mobil sangat diperlukan untuk membuatnya tetap prima. Selain itu juga bisa lebih awet dan mendukung keamanan serta kenyamanan selama berkendara. Perawatan sebenarnya cukup mudah karena kebanyakan berhubungan dengan perilaku berkendara pengemudi itu sendiri.

  • Ingat, Menjaga Garasi Mobil Tetap Bersih Dan Rapi Ternyata Mudah Lho

    04/01/2021| Abdul

    Ingat, Menjaga Garasi Mobil Tetap Bersih Dan Rapi Ternyata Mudah Lho

    Menjaga garasi mobil tetap bersih dan rapi diperlukan supaya enak untuk dilihat dan nyaman ketika berada di dalamnya. Jika semuanya sudah tertata rapi maka pembersihan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Bahkan untuk melakukan pembersihan tidak membutuhkan banyak waktu.

International