Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

09/03/2021| Abdul

Pada saat pelek mobil secara tidak sengaja atau disengaja menghantam lubang maka resikonya adalah peyang atau bisa jadi pecah. Jika sudah pecah maka disarankan untuk melakukan penggantian dengan yang baru. Hal tersebut bertujuan supaya pelek tetap aman ketika digunakan berkendara. Biaya perbaikan pelek mobil juga bervariasi tergantung kerusakannya.

gambar ini menunjukkan banyak pelek mobil ditata bertumpuk

Pelek mobil menjadi tempat ban dan juga perlu dirawat

>>> Catatan Penting Sebelum Memutuskan Meng-upgrade Velg dan Ban

Biaya Perbaikan Pelek Mobil Peyang Atau Penyok

Untuk perkiraan biaya dalam melakukan perbaikan pelek peyang atau penyok dilansir dari laman Daihatsu berada pada kisaran Rp. 150 ribu sampai Rp. 200 ribu untuk 1 velg. Meskipun begitu, hal tersebut tetap diperhatikan kerusakan yang terjadi pada pelek seperti parah atau tidaknya. Jadi pada saat mengalami pelek penyok maka dengan press velg hal tersebut dapat diatasi. Akan tetapi pada kerusakan tertentu yang terjadi kada membutuhkan pembubutan supaya bisa simetris.

Untuk perbaikan yang dilakukan ketika pelek penyok berada pada kisaran Rp. 250 ribu untuk yang paling murah pada pelek dengan ukuran di bawah 18 inci. Jadi semakin besar ukuran dari pelek dan kerusakan yang terjadi, maka biaya perbaikan juga semakin besar dan bisa sampai Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 jutaan.

Akan tetapi bila pecah bisa dilakukan perbaikan dengan melakukan tindakan khusus. Tindakan khusus tersebut berupa lem, dempul serta dilakukan pengelasan secara manual supaya pori-pori dari pelek mobil bisa kembali kuat. Namun untuk saran tetap direkomendasikan menggunakan pelek baru jika sudah pecah.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan proses perbaikan pelek mobil

Biaya perbaikan pelek disesuaikan dengan diameter dan kerusakan pelek mobil

>>> Mau Main Aman Atau Jadi Perhatian, Ini Warna Pelek Yang Sesuai Dengan Warna Mobil

Tips Perawatan Pelek Mobil

Selain soal pembahasan biaya perbaikan pelek mobil, perawatan juga perlu dilakukan. Berikut beberapa tips nya:

1. Memeriksa Tekanan Ban Mobil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memeriksa tekanan ban mobil sebelum menggunakan kendaraan. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja pelek mobil, jadi jangan diremehkan untuk pengecekan ini. Tekanan angin di ban mobil perlu dipastikan sesuai dengan rekomendasi pihak pabrikan. Biasanya Sobat bisa menemukannya di bagian buku manual kendaraan atau di bagian pintu mobil sebelah dalam.

2. Memeriksa Kondisi Pelek

Pelek mobil perlu dilakukan pemeriksaan seminggu sekali. Lakukan pengecekan apakah ada perubahan bentuk atau tidak. Jika peyang segera dibawa ke bengkel untuk melakukan perbaikan agar tidak jadi lebih parah.

3. Waspada Terhadap Jalan Yang Berlubang

Tidak dipungkiri jalan berlubang menjadi musuh bagi kaki-kaki kendaraan. Pelek merupakan salah satunya karena saat menghantam jalan berlubang dengan laju kendaraan yang tinggi bisa berisiko peyang atau pecah. Jadi ketika menemui lubang di jalan sebaiknya kurangi kecepatan dan mencari area yang lebih aman dengan tetap memperhatikan area sekitar supaya aman.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan pelek mobil dalam kondisi peyang

Pelek peyang dapat dilakukan perbaikan

4. Membersihkan Pelek Dengan Tepat

Pembersihan pelek mobil perlu dilakukan supaya tetap bersih dan enak dipandang. Yang perlu diperhatikan adalah saat dalam kondisi panas tidak boleh dilakukan pencucian. Jadi untuk mengguyurnya dengan air sebaiknya menunggunya sejenak supaya dingin terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan pelek yang masih panas dan diguyur dengan air beresiko mengalami perubahan bentuk dan menimbulkan jamur. Hindari juga menggunakan sabun colek dalam proses pembersihan. Gunakan sabun khusus, jika tidak bisa memakai sunlight.

Demikianlah informasi mengenai biaya perbaikan pelek mobil dan tips perawatan yang perlu dilakukan. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan dan kebersihan mobil serta jaga diri di masa pandemi yang masih berlangsung saat ini.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International