Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

09/03/2021| Abdul

Mobil menjadi tunggangan pilihan masyarakat ketika bepergian cukup jauh. Bahkan bagi seseorang yang tidak mempunyai mobil juga menggunakannya dengan menyewa atau mengajak saudara yang memiliki. Hal tersebut tidak lepas dari kenyamanan yang ditawarkan di dalamnya. Salah satu yang dapat membuat kenyamanan di dalam mobil adalah AC. Yang mana terdapat komponen utama AC mobil bekerja di dalamnya.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan didekatkan pada kisi-kisi AC mobil

AC mobil salah satu fitur bikin betah di mobil

>>> Lihat Juga, Mengaktifkan AC Mobil Setelah Mesin Dinyalakan, Apakah Bahaya?

Komponen Utama AC Mobil

Terdapat beberapa komponen utama yang bekerja untuk membuat suhu udara di dalam mobil menjadi nyaman.

1. Evaporator AC

Komponen ini mempunyai fungsi sebagai tempat penampungan freon yang dapat menjadi gas atau uap karena perubahan wujud yang terjadi. Panas yang terdapat pada pipa evaporator di dinginkan di dalamnya. Setelah udara menjadi dingin barulah dihembuskan ke dalam kabin sehingga membuat pengemudi dan penumpang bisa merasakan kenyamanan melalui kisi-kisi AC mobil.

2. Filter Dryer AC Mobil

Komponen selanjutnya adalah filter dryer yang mempunyai fungsi sebagai tempat penyaringan. Selain itu terdapat fungsi lain yakni menjadi pengering uap yang terdapat di dalam AC.

3. Expansi Valve

Komponen utama AC mobil selanjutnya adalah Expansi Valve. Tugasnya adalah mengubah freon sehingga dapat menjadi uap atau gas dari bentuk cair. Dengan dilakukan pengubahan tersebut tujuannya adalah supaya dapat disemprotkan ke bagian evaporator, mengingat cairan mempunyai tekanan  yang tinggi. Selain itu, fungsi lainnya juga sebagai pencegah supaya tidak terjadi pembekuan serta luapan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan kondensor AC mobil

Kondensor menjadi salah satu komponen utama pada AC mobil

>>> Baca Juga, Memilih Parfum Mobil, Buat Kabin Wangi Agar Lebih Menyenangkan

4. Kondensor AC Mobil

Selanjutnya untuk komponen ini mempunyai fungsi sebagai penyerap panas pada freon, yang mana freon tersebut sebelumnya telah dikompresikan. Fungsi lainnya adalah untuk membuat freon melakukan perubahan menjadi bentuk cair atau gas.

5. Kompresor AC Mobil

Komponen utama AC mobil yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah kompresor AC. Yang mana tugasnya sangatlah penting yakni membuat freon dapat melakukan sirkulasi ke semua sistem pada AC. Untuk cara yang dilakukan adalah freon dinaikkan tekanannya. Kompresor sendiri mempunyai 2 saluran yakni saluran buang dan hisap. Untuk saluran buang terhubung dengan kondensor dan mempunyai sisi tekanan tinggi. Sedangkan untuk saluran hisap terhubung ke bagian evaporator dan sisinya memiliki tekanan yang rendah.

Manfaat AC Mobil

Selain soal komponen di dalam AC mobil, berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya komponen tersebut:

1. Mengontrol Sirkulasi Udara

Jadi pada saat menyalakan AC maka jendela harus tertutup semua. Padahal jika dipikir pengemudi dan penumpang membutuhkan udara yang dipakai untuk bernafas. Jadi AC mobil melakukan pengontrolan sirkulasi sehingga tetap dapat menghirup oksigen dengan lancar dan bisa merasakan kenyamanan dengan suhu yang lebih sejuk.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sirkulasi AC mobil di dalam kabin

Sirkulasi AC mobil membuat kenyamanan dirasakan didalam kabin dengan maksimal

2. Memurnikan Udara

Tidak hanya itu saja, AC juga mempunyai kemampuan dalam memurnikan udara. Jadi udara di dalam mobil tetap bersih dan murni sehingga gangguan kotoran dan debu tidak dirasakan.

3. Mengontrol Kelembaban

Jadi udara dingin yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang merupakan hasil dari ekspansi embun. Oleh sebab itu di dalam kabin akan tetap terjaga kelembabannya. Akan tetapi kewaspadaan harus tetap dilakukan apabila terjadi peningkatan kelembaban udara secara drastis. Hal tersebut bisa karena ada masalah pada AC mobil seperti komponen bocor dan juga kotor. Jika begitu segera bawa ke mekanik ahlinya supaya di cek komponen utama AC mobil dan komponen lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International