Mengenal Jenis Dan Cara Kerja Odometer Pada Mobil Serta Perawatannya

02/04/2020| Abdul

Setelah sebelumnya membahas mengenai speedometer, kali ini kami akan memberikan info tentang odometer. Yang mana odometer merupakan sebuah alat pada kendaraan yang menunjukkan jarak tempuh kendaraan. Memang posisinya berdampingan dengan speedometer, namun dari segi fungsi dan cara kerja berbeda. Lantas bagaimana sih cara kerja odometer?

Gambar ini menunjukkan panel instrument pada kendaraan

Odometer memiliki fungsi penting pada kendaraan

>>> Baca Juga, Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

Sebagai alat penunjuk jarak tempuh, komponen satu ini cukup penting di mobil. Hal tersebut terbukti dengan komponen ini yang dijadikan salah satu patokan untuk melakukan servis berkala kendaraan selain waktu pemakaian. Untuk jenisnya terdapat 2 yakni mekanik dan elektronik.

Jenis Odometer Mobil

Odometer Mekanik

Jenis odometer mekanik mengandalkan kabel fleksibel untuk memutarnya. Yang mana bahan material kabel adalah logam panjang yang bisa diputar. Jadi jenis ini masih berupa angka-angka yang kinerjanya berputar dari mulai 0 sampai 9 dengan beberapa baris.

Odometer Elektronik

Jenis odometer ini kinerjanya mengandalkan sistem komputerisasi. Jadi perhitungan tegangan akan dilakukan oleh komputer dan dijadikan acuan dalam perhitungan jarak tempuh pada kendaraan. Sebagai pendukung dalam kinerjanya pada bagian frame roda kendaraan terdapat magnet khusus. Yang mana mengandalkan magnet inilah sinyal diberikan sehingga jarak tempuh dapat dihitung pada saat roda berputar.

Disamping soal jenisnya, fungsi kedua keduanya tetap sama. Untuk fungsinya bisa melihat beberapa point di bawah ini:

  1. Sejak pertama kali digunakan sampai saat ini atau selama mobil masih digunakan akan diketahui jarak tempuhnya dengan mengandalkan odometer.
  2. Bisa menunjukkan angka jarak tempuh sehingga bisa menjadi salah satu tolak ukur saat membeli mobil dalam kondisi bekas. Ditambah lagi ketika seseorang membeli bekas akan ada pertanyaan terkait soal jarak tempuh, dengan begitu Sobat bisa menjawabnya dengan patokan odometer.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan odometer elektronik atau model digital

Odometer juga bisa menjadi salah satu pengingat servis kendaraan

>>> Baca Juga, Mengenal Jenis Format Video Untuk Diputar Di Mobil Untuk Temani Perjalanan

Merawat Odometer Mobil

Komponen ini memang mempunyai ukuran yang kecil dan pemilik kadang kurang perhatian dengan bagian ini. Meskipun begitu, komponen ini juga bisa mengalami masalah. Ditambah lagi pengubahan angkanya juga dapat dilakukan sehingga bisa membuat jarak yang ditempuh seakan lebih sedikit. Meskipun begitu kami tidak merekomendasikannya, karena hal tersebut merupakan salah satu penipuan jika berniat menjual mobil.Apalagi pada jenis mekanis akan meninggalkan bekas ketika melakukan pengubahan pada odometernya.

Berbeda lagi pada jenis elektronik yang lebih susah diketahui bila telah diganti kecuali yang melihatnya adalah seorang yang sudah ahli. Masuk lagi ke pembahasan, berikut ini beberapa perawatan yang dapat dilakukan pada odometer supaya bisa awet:

  1. Melakukan pengecekan dengan rutin untuk memastikan kondisi panel odometer tetap baik dan tidak mati.
  2. Segera membawanya ke bengkel jika didapati panel odometer di mobil dalam kondisi mati supaya segera diperbaiki.
  3. Pada saat kurang atau tidak paham dengan odometer karena ada suatu hal yang mencurigakan sebaiknya melakukan servis untuk melihat bagaimana kondisinya.
  4. Pada saat komponen odometer rusak dan membutuhkan penggantian maka sebaiknya diganti yang asli atau orisinil.
  5. Saat memasang sendiri odometer karena penggantian atau hal lain tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, lebih baik serahkan pada ahlinya yakni di bengkel resmi terdekat.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan odometer yang masih menggunakan model mekanik

Odometer juga bisa berpengaruh pada harga mobil bekas

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja odometer dan fungsi serta perawatan yang perlu dilakukan. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan dapat menambah wawasan tentang kendaraan terutama odometer.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International