Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

10/08/2020| Abdul

Tahukah kamu kalau head unit terbagi menjadi dua bagian dengan masing-masing bagian memiliki karakteristiknya sendiri. Dua bagian itu adalah head unit single DIN dan double DIN. Single DIN merupakan keluaran head unit terdahulu yang dapat memutar DVD atau Disc dan modelnya seperti tape jaman dulu. Sementara double DIN sudah didukung dengan teknologi layar sentuh yang dapat memainkan banyak multimedia.

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Wuling Confero

Head unit berisi fitur hiburan untuk mendukung kenyamanan perjalanan

>>> Baca Juga, Membersihkan Head Unit Diperlukan, Begini Caranya

Kalau dilihat dari segi ukuran, head unit single DIN dan double DIN berbeda. Single DIN berukuran 18x50 milimeter, sementara double DIN memiliki ukuran 180x100 milimeter. Sedangkan dilihat dari segi penampilan, head unit double DIN lebih menarik karena sudah didukung teknologi layar sentuh apalagi di mobil-mobil keluaran terbaru, head unitnya lebih sering menggunakan jenis double DIN.

Meski sama-sama digunakan sebagai hiburan, double DIN memiliki fungsi ekstra yang dapat menangkap kamera yang berada di sisi-sisi mobil atau belakang mobil sehingga bisa dipantau melalui monitor double DIN. Tak hanya itu, double DIN mendukung sistem mirroring dengan smartphone. Sementara single DIN hanya bisa memutar musik lewat DVD atau VCD dengan tampilan tape zaman dulu dan fitur yang sangat terbatas.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan head unit single din terdapat beberapa tombol

Head unit single DIN kerap diberikan pada mobil jaman dulu dan mobil murah

>>> Baca Juga, Penasaran, Berikut Ini Perbedaan Head Unit Murah Dengan Yang Mahal

Di sisi lain jika mobil kamu masih menggunakan single DIN, bukan berarti tidak bisa menggantinya dengan double DIN. Biasanya produsen akan menyesuaikan beranda mobil agar pemilik sewaktu-waktu bisa mengganti head unitnya, dengan memberi ruang yang cukup besar. Namun jika tidak bisa disesuaikan, maka pemilik mobil yang ingin mengganti head unitnya harus merogoh kocek lebih dalam untuk modifikasi berandanya.

Soal harga head unit single DIN dan double DIN, jelas keduanya berbeda. Dengan keunggulannya dari segi fitur dan kegunaannya double DIN lebih biasanya lebih mahal dari single DIN. Mendapatkan kedua unit ini cukup mudah, bisa datang ke toko aftermarket atau membelinya secara online.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan head unit double din dengan banyak menu

Model double DIN merupakan head unit yang modern

Itulah artikel perbedaan head unit single DIN dan double DIN. Baik single DIN maupun double DIN keduanya sama-sama berfungsi sebagai sarana digital yang bisa menghibur kamu selama di perjalanan lewat hiburan radio atau MP3. Dengan adanya double DIN hiburan tersebut naik level karena dapat memutar berbagai jenis multimedia. Nah, setiap DIN memiliki segmentasinya sendiri. Namun mobil keluaran terbaru hampir semua mengadopsi double DIN. Kamu sendiri lebih tertarik pakai yang mana, Head unit single DIN atau double DIN?

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

International