Menentukan Ukuran Ideal Dan Tips Memasang Roof Rack Di Mobil

24/06/2021| Abdul

Ketika berniat memasang roof rack di mobil sebaiknya memperhatikan ukurannya. Pastikan sesuai dengan kendaraan yang dimiliki dan pemasangan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai ukuran yang ideal dan juga hal yang perlu diperhatikan saat pemasangannya.

Gambar ini menunjukkan roof rack dipasangkan pada roof rail

Ukuran roof rack harus disesuaikan dengan dimensi atap mobil

Memperhatikan Ukuran Roof Rack Mobil

Pada saat berniat melakukan pemasangan roof rack sebaiknya mengetahui terlebih dahulu dimensi pada atap mobil yang dimiliki. Jadi roof rack tidak semuanya bisa dipasangkan pada semua jenis kendaraan, adapun yang pas adalah perlu disesuaikan dengan ukuran yang dimiliki atap mobil.

Dengan data mengenai atap mobil tentunya saat mencari roof rack bisa dilakukan dengan mudah. Meskipun begitu, saat ini sudah banyak roof rack yang dijual telah disesuaikan dengan tipe kendaraan. Berkat hal tersebut pemilik mobil yang ingin melakukan pemasangan roof rack pada mobil kesayangan tidak akan merasa kebingungan.

>>> Baca Juga, Tetap Aman Selama Perjalanan, Begini Cara Benar Bawa Barang di Bagasi

Tips Memasang Roof Rack Di Mobil

Dalam proses pemasangan juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena jika tidak sesuai atau kurang tepat beresiko membuat atap mobil mengalami  kerusakan dengan mudah. Berikut ini merupakan beberapa tipsnya yang perlu diperhatikan.

Gambar ini menunjukkan pemasangan roof rack pada mobil

Pemasangan roof rack perlu memperhatikan beban maksimal yang di tanggung oleh mobil

>>> Lihat Juga, Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof, Ini Bedanya!

1. Paham Akan Beban Yang Bisa Ditanggung Mobil Secara Maksimal

Mengetahui beban maksimal yang dapat ditanggung oleh mobil menjadi sesuatu yang penting. Hal tersebut karena setiap mobil mempunyai daya tampungnya sendiri-sendiri. Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan adalah tidak mencari tahu akan hal tersebut. Jadi pada saat kapasitas roof rack terlalu besar maka struktur atap mobil dapat terpengaruh. Jika beratnya berlebihan beresiko mengalami penyok di bagian atap.

Tidak berhenti sampai disitu, saat memasang roof rack di mobil dengan bobot terlalu besar maka saat menikung dengan tajam maka stabilitasnya dapat terpengaruh. Saat beban roof rack berpengaruh pada kendaraan beresiko membuat mobil bisa terbalik. Jika ingin menghitung ukuran roof rack yang tepat bisa dengan gross weight dikurangi curb weight dan dikurangi total beban penumpang.

2. Memilih Material Yang Baik

Bahan material roof rack juga perlu diperhatikan. Hal ini berhubungan dengan posisinya di atap yang terkena air hujan dan sinar matahari sehingga rentan mengalami kerusakan. Apabila bahannya kurang baik maka bisa membuatnya bermasalah dengan mudah. Bahkan resiko barang bawaan rusak juga bisa terjadi. Dengan begitu bahan  material yang disarankan adalah plastik ABS yang tahan air dan tergolong kuat, dari segi berat hanya sekitar 10 sampai 15 kg. Tidak sampai disitu saja, pastikan lapisan pelindung sinar ultraviolet sudah diberikan pada roof rack yang ingin dibeli.

>>> Baca Juga, Beberapa Bagian Yang Perlu Diperiksa Saat Atap Mobil Bocor

Gambar ini menunjukkan roof rack pada mobil warna putih

Gunakan roof rack dengan bahan material yang berkualitas

3. Bentuknya Perlu Diperhatikan

Bentuk roof rack dapat berpengaruh terhadap aerodinamika ketika mobil sedang melaju. Oleh sebab itulah saat melakukan pembelian diharapkan memperhatikan bentuknya. Apabila ternyata dalam memasang roof rack di mobil yang tidak sesuai, maka resiko mobil tidak stabil dan goyang dapat terjadi. Jika sudah begitu maka bisa meningkatkan resiko berbahaya. Pada saat roof racknya semakin rendah maka tingkat aerodinamika semakin tinggi, hanya saja untuk penempatan barang bawaan jadi lebih sedikit.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International