Beberapa Bagian Yang Perlu Diperiksa Saat Atap Mobil Bocor

16/02/2020 | Abdul

Jadi saat musim hujan tidak hanya pada bagian kaki-kaki saja yang berpotensi terkena air. Bagian atap juga pasti akan terkena juga terutama saat hujan lebat. Bahkan beberapa pemilik menemukan air menetes dan masuk ke dalam kabin. Hal tersebut tidak lain karena atap mobil bocor karena beberapa sebab.

Penyebab atap mobil mengalami kebocoran bisa beragam, dari mulai yang ringan sampai yang berat sampai disebabkan oleh bagian yang telah keropos.

Berikut ini merupakan beberapa bagian yang perlu diperiksa saat atap mobil bocor:

1. Karet Kaca Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang karet pada kaca mobil

Karet mobil bisa mengalami keausan dalam jangka panjang

>>> Baca Juga, Waspada Bakteri Dan Virus, Jangan Lupa Merawat Kabin Mobil Supaya Udaranya Sehat

Hal pertama yang berpotensi membuat air masuk ke dalam kabin adalah karet-karet pada kaca yang sudah mulai getas atau telah merenggang. Oleh sebab itulah jika mendapati atap mengalami kebocoran sebaiknya memeriksa karen pada setiap kaca di mobil, baik itu kaca bagian depan, belakang ataupun samping.

Jika ditemukan terdapat karet yang renggang maka bisa merekatkannya kembali dengan mengandalkan sealant. Akan tetapi sebelumnya bersihkan terlebih dahulu dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang masih menempel. Disarankan menggunakan sealant yang bening supaya estetika mobil tidak berkurang.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Karet Moulding

Gambar ini menunjukkan karet moulding sedang dilepas

Karet moulding berada di bagian atap mobil

>>> Baca Juga, Memilih Parfum Mobil, Buat Kabin Wangi Agar Lebih Menyenangkan

Pada saat atap mobil bocor maka bisa beresiko menimbulkan bau yang tidak sedap pada kabin mobil. Hal tersebut disebabkan oleh air yang merembes ke bagian interior dan terjebak di dalamnya serta tidak kering secara sempurna. Apabila kebocoran yang terjadi berasal dari pilar C dan A bagian atas, maka penyebabnya bisa dikarenakan karet moulding yang berlubang.

Untuk mengatasinya bisa mengandalkan sealant. Dalam prosesnya bisa melakukan pengecekan dan membuka karet yang menutupi jalur air pada bagian atap kendaraan. Sobat bisa melihat apakah ada yang robek atau hanya renggang saja.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Bagian Atap Ada Yang Keropos

Gambar ini menunjukkan plafon mobil dalam kondisi bersih

Jika atap bocor maka bisa mengurangi kenyamanan di dalam kabin mobil

Namun bila ternyata rembesan yang berasal dari atap ternyata cukup banyak, maka masalah pada bagian atapnya tidak hanya kebocoran saja. Akan tetapi masalah tersebut bisa karena atapnya yang sudah keropos yang disebabkan oleh karat. Kalau soal keropos ini perbaikannya tidak bisa dilakukan sendiri, namun perlu membawanya ke bengkel body repair yang terpercaya.

Pada umumnya untuk atap yang karatan dan berakibat atap mobil mengalami kebocoran akan dilakukan pemotongan. Selanjutnya barulah diganti dengan plat baja yang baru, prosesnya nantinya akan disambung. Kalau soal biaya umumnya akan dihitung sama seperti perbaikan atap satu panel, jadi persiapkan budgetnya ya Sobat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa bagian yang perlu diperiksa saat atap mobil bocor. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik