Mendesain Sendiri Kursi Mobil, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan

07/11/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Sebagai salah satu 'organ' vital para desainer mendesain kursi mobil sedemikian rupa agar memberi kenyamanan maksimal bagi pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan. Tidak hanya kursi pengemudi saja, kursi penumpang juga dibikin dengan banyak pertimbangan agar penumpang senantiasa nyaman dan merasa aman.

Foto Jok mobil dengan dominasi hitam dan aksen merah

Kursi standar pun bisa dikustom jadi tampak mewah

Bagi pabrikan tugas mendesain kursi mobil sudah ada yang menangani sendiri dan mereka adalah orang-orang pilihan. Tidak hanya memiliki imajinasi, mereka tapi juga dibekali pengetahuan yang mumpuni. Desain yang dihadirkan pun tidak datang dalam semalam, mereka merancangnya dalam waktu lama hingga terbentuk desain sesuai yang diharapkan.

Meski demikian, bagi Anda yang non desainer sebenarnya bisa merancang sendiri kursi mobil asal mengerti pedoman dan tata cara yang tepat. Seperti dikutip dari buku Pengenalan Bodi Otomotif karya Buntarto, kursi mobil tidak hanya dirancang agar nyaman saat diduduki, tapi juga memberikan kemudahan dalam beraktifitas. Jika digunakan untuk pengemudi, kursi mobil harus mampu memberikan kemudahan dalam mengoperasikan kendaraan. Jika digunakan untuk penumpang kursi harus memberikan kenyamanan.

“Prinsip mendasar dalam perencanaan bentuk yang menunjang kenyamanan tempat duduk, adalah desain fisik yang dihubungkan dengan struktur dan gerak organ tubuh manusia,” tulis Buntarto dalam bukunya.

>>> Utamakan Selamat, Berikan Kenyamanan Agar Anak Betah Duduk Di Jok Belakang

Foto Jok Toyota Alphard mewah dan modern

Kursi mewah Toyota Alphard Type Q 3.5

Menurut Buntarto, ada 7 hal penting yang jadi pertimbangan dalam mendesain kursi mobil tanpa memandang siapapun yang mendesain baik itu pabrikan, pemilik mobil atau modifikator.

  • Pertimbangkan ukuran tinggi sandaran tempat duduk.
  • Kedalaman dan lebar tempat duduk. Kedalaman tempat duduk disesuaikan dengan panjang tulang paha dan lebarnya sendiri, berdasarkan tulang panggul orang dewasa.
  • Sudut antara sandaran dan alas tempat duduk, harus sesuai dengan posisi paling nyaman saat mengemudi.
  • Profil (bentuk desain) sandaran dan alas tempat duduk, harus menjaga dan membuat posisi duduk lebih mantap, dengan mengikuti bentuk atau posisi tulang punggung yang tepat.
  • Jangan lewatkan sadaran kepala (head rest), sebagai perlengkapan penunjang agar leher tidak cepat lelah, dan menghindari cedera fatal saat mobil ditabrak dari belakang.
  • Letak atau posisi tempat duduk, diupayakan bisa mempermudah mengoperasikan instrument pendukung di dalam mobil.
  • Bahan penyusun kursi mobil. Umumnya kursi mobil dibuat dari bahan yang empuk dan lembut. Ini tujuannya buat menambah kenyamanan dan juga meredam getaran.

Secara teori 7 hal di atas adalah baku dalam mendesain kursi mobil. Namun, pada prakteknya kursi mobil tidak selalu memberikan kenyamanan maksimal karena berbagai alasan. Salah satunya karena pertimbangan budget. Kursi mobil premium beda dengan kursi mobil kelas menengah. Bisa dipastikan kursi mobil premium lebih nyaman dibanding mobil kelas menengah. Begitu pula mobil kelas menengah, tentu lebih nyaman dibanding mobil-mobil murah LCGC.

Tak berbeda dengan mobil pabrikan, kursi mobil yang dimodifikasi juga menyesuaikan dengan budget dari si pemilik. Meski demikian, bagi pemilik mobil yang hanya memiliki dana terbatas tidak perlu khawatir sebab sekarang banyak jasa modifikasi kursi mobil dengan harga terjangkau dengan hasil yang tak mengecewakan.

>>> Posisi Duduk Yang Aman Di Mobil Bagi Pengendara dan Penumpang

Foto Jok Datsun Go Live yang tampak sederhana

Pasti beda rasa kursi Datsun GO-Live dengan yang lain

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca