Membersihkan Head Unit Diperlukan, Begini Caranya

27/06/2020| Abdul

Setiap kendaraan roda empat umumnya memiliki head unit sebagai sarana hiburan bagi semua penumpangnya dalam perjalanan. Head Unit dapat menampung berbagai komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer. Karena itu penting buat merawat dan membersihkan head unit.

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil

Head unit dengan banyak format dapat memberikan hiburan yang maksimal

>>> Baca Juga, Penasaran, Berikut Ini Perbedaan Head Unit Murah Dengan Yang Mahal

Sebenarnya merawat dan membersihkan bagian head unit tidak begitu sulit, kamu hanya perlu menyediakan alat-alat sederhana dan konsisten membersihkannya dengan melakukan penjadwalan secara teratur. Berikut tips Membersihkan bagian Head Unit yang dikutip dari berbagai sumber.

Membersihkan Head Unit

Langkah pertama dalam membersihkan bagian head unit bisa dimulai dengan mengelap permukaan luarnya menggunakan lap microfiber. Lakukanlah dengan usapan pelan dengan searah ke atas-bawah dan sebaliknya.

Kemudian pada bagian tombol bisa menggunakan dengan kuas kecil. Pada bagian mata optik, kamu hanya perlu membeli disc cleaner yang tersedia di pasaran. Selanjutnya pada layar sentuh, bisa menggunakan lap microfiber secara hati-hati agar debu yang melengket tidak merusak kaca.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain untuk bersihkan head unit

Bersihkan head unit mobil secara berkala agar tampilannya tetap baik

>>> Lihat Juga, Head Unit Canggih Sedang Dikembangkan Jaguar Land Rover

Perlu diingat agar tidak meniup debu yang menempel pada head unit karena cara tersebut malah membuat debu masuk ke sela-sela ruangan CD.

Selain itu hindari juga penggunaan bahan kimia apapun termasuk alkohol, pasalnya cairan tersebut dapat merusak sistem touchscreen. Lakukanlah dengan cara memberi usapan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jangan memutar lap atau penggunaan tisu, hal ini karena serat-serat yang ada pada tisu malah akan membuat proses pembersihan tidak efektif.

Merawat Head United

Setelah tau cara membersihkan head unit, kamu hanya perlu menerapkan langkah-langkah di atas minimal seminggu sekali.

Merawat head unit dengan menggunakan remot kontrol dalam mengoperasikannya lebih baik alih-alih menggunakan jari, karena debu dan minyak pada jari membuat head unit menjadi lebih cepat kotor. Selain itu, sidik jari juga dapat meninggalkan bekas.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah jari menekan layar head unit

Utamakan gunakan remote control dalam pengoperasian head unit

Jaga keawetan head unit dengan tidak menggunakan CD bajakan yang membuat optik bekerja lebih berat sehingga mudah rusak. Selanjutnya lebih baik memakai pemutar musik dengan USB, SD Card, Bluetooth atau virtual CD, karena menggunakan CD serta-merta membuka panel CD room yang membuat debu mudah masuk.

Itulah tips dan cara Membersihkan Head Unit. Terlihat mudah dan cepat diterapkan bukan? Selanjutnya kami akan membuat artikel Kebiasaan yang Bikin Head Unit Mobil Mudah rusak.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

International