Knalpot Mobil Kemasukan Air, Periksa Bagian Ini

12/07/2019 | Abdul

Knalpot kemasukan air bisa dikarenakan beberapa hal seperti menerjang banjir atau saat mencuci tidak sengaja kesemprot. Hal tersebut bisa menyebabkan kendaraan mogok secara tiba-tiba sehingga akan merepotkan. Jika mogok di tengah banjir maka terdapat 2 pilihan yakni mendorongnya atau meninggalkannya. Yang pasti jangan terlalu panik saat knalpot mobil kemasukan air.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil melewati banjir ditonton banyak orang

Cuaca tidak dapat diprediksi kapan hujan atau panas

>>> Baca Juga, Bukan Hanya Teknis, Ini Alasan Knalpot Bocor Harus Segera Diperbaiki

Panik tidak menyelesaikan masalah, alangkah baiknya bersikap lebih tenang dan berusaha memindahkan mobil sampai ke tempat yang lebih aman. Knalpot yang kemasukan air tidak akan masuk menuju ruang mesin, memang kalau soal kinerjanya akan terganggu, tapi kalau soal merusak tidak terlalu. Jadi nantinya air yang masuk menuju ke catalytic converter yang fungsinya adalah sebagai penyaring gas buang.

Salah satu hal yang bisa terjadi jika knalpot mobil kemasukan air adalah mesin susah dinyalakan. Namun dengan pemakaian sehari-hari air akan berubah menjadi aup. Yang jadi masalah dalam hal ini sebenarnya bukan di bagian tersebut, namun soal sistem kelistrikan pada kendaraan. Hal tersebut dikarenakan sistem kelistrikan beresiko terjadi korsleting. Apalagi untuk lokasi dari ECU pada mobil berada di ruang mesin dan satunya di kabin. Jadi ketika berniat menerjang banjir diharapkan ketinggiannya tidak sampai mengenai bagian yang terdapat ECU.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan knalpot mobil dan diujungnya ada tetesan air

Jangan panik saat knalpot kemasukan air karena tidak masuk ke ruang mesin

>>> Lihat Juga, Mengintip Isi Knalpot Mobil dan Fungsinya

Jadi ketika menerjang banjir, perhatian yang cukup penting adalah bagian kabel, relay, injector, sekring dan alternator. Sebenarnya bagian ini sudah terlindungi, akan tetapi memastikannya dalam kondisi prima sangatlah penting. Tujuannya adalah agar tidak terjadi hal yang dapat mengganggu kinerja kendaraan.

Jadi ketika melewati genangan air yang tinggi atau banjir di jalan, beberapa komponen seperti radiator dan kompresor AC. Pastikan komponen tersebut bekerja dengan baik dan tidak ada kotoran yang menempel. Mengingat bagian tersebut lokasinya berada pada mobil di bagian yang rendah. Untuk keamanan sebaiknya saat menerjang banjir diharapkan tidak menyalakan AC. Kalau bisa periksakan kendaraan ke bengkel langganan atau bengkel resmi.

Jadi ketika menerjang banjir dan knalpot mobil kemasukan air maka komponen yang nantinya perlu dilakukan penggantian adalah saringan udara. Jika bagian ini bermasalah maka dampaknya bisa membuat mesin mobil ikut mengalami kerusakan. Bagian kopling juga tidak boleh dilewatkan dalam pemeriksaan, karena saat mobil pernah tergenang banjir maka saat kopling diinjak terasa berat.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sistem kelistrikan pada mesin mobil

Sistem kelistrikan kendaraan rentan akan korsleting jadi perlu lebih hati-hati

Bagi sobat semua yang mengetahui jalanan di depan terdapat genangan air atau banjir diharapkan untuk mengambil arah lain yang lebih aman. Jika hanya jalan tersebut satu-satunya maka lihatlah kendaraan lain terlebih dahulu, jika dirasa tidak terlalu tinggi bisa ikut melewatinya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 11/12/2019 | Abdul

    Hindari Overheat, Berikut Masalah Penyebab Radiator Mobil Rusak

    Salah satu komponen pada mobil yang mendukung kinerja dari mesin adalah radiator. Fungsinya adalah untuk membuat suhu mesin stabil sehingga tidak mengalami panas yang berlebih. Dalam radiator sendiri terdapat kipas untuk membantu kinerjanya. Jika kipas radiator mobil rusak. Maka akan membuat kinerja mobil tidak maksimal dan beresiko mesin mengalami overheat.

  • 06/12/2019 | Abdul

    Ingin Modifikasi Mobil, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Modifikasi mobil menjadi salah satu hal yang kadang dilakukan oleh pemilik untuk membuat kendaraannya terlihat berbeda dengan yang lain. Hal tersebut sah-sah saja, karena memang mobil milik sendiri. Hanya saja perlu mematuhi aturan atau jangan dimodifikasi terlalu berlebihan agar tidak terkena sanksi tilang pihak kepolisian.

  • 26/11/2019 | Hafizh Fauzan

    Hadirkan Aksesori Original, Astra Peugeot Siap Jadikan New Peugeot 3008 Semakin Stylish

    Astra Peugeot keluarkan produk-produk aksesoris resmi untuk New Peugeot 3008. Apa saja produk-produk tersebut?