Ketahui Penyebab Pintu Mobil Tidak Tertutup Rapat

27/09/2018| Abdul Kosim

Memang kalau sudah menyangkut masalah umur tidak bisa diganggu gugat. Namun setidaknya dengan melakukan perawatan secara rutin di bengkel resmi, bisa meminimalisir masalah yang akan terjadi. Seperti masalah pada pintu Mobil tidak tertutup rapat. Dari pihak Feli selaku pemilik Tri Star Motor di Fatmawati, Jakarta Selatan memberikan pendapatnya.

“Kasus ini sering terjadi, seolah mental kembali saat pintu ditutup, ada juga yang pintunya kembali terbuka setelah ditutup,” ucap Feli yang dilansir dari GridOto.

Untuk masalah pintu Mobil tidak tertutup rapat disarankan untuk segera diperbaiki. Jika tidak dapat beresiko menimbulkan kerusakan pada bagian lain seperti daun pintu yang menjadi kendur.

Lantas apa sebenarnya penyebab pintu Mobil tidak tertutup rapat.

1. Pengait pintu

Adapun fungsi dari pengait pintu adalah untuk mengaitkan jangkar pada daun pintu Mobil. Hal ini terjadi ketika pintu ditutup. Jika terjadi masalah pada pengait, maka pintu tidak akan tertutup dengan maksimal.

gambar ini menunjukkan sebuah besi yang melingkar untuk tempat mengaitkan pengait pintu pada pintu Mobil

Menutup pintu Mobil jangan terlalu keras (Foto: Rataair)

“Permasalahan akan timbul bila pemilik mobil sering menutup dengan hentakan yang keras, akibatnya doorlock cepat aus,” jelas Feli.

Selain itu, jika terdapat air yang masuk pada bagian ini maka akan mengalami masalah. Pada umumnya hal ini terjadi ketika habis dicuci menggunakan tekanan air yang cukup tinggi. Akibatnya pintu tidak bisa ditutup dengan rapat. Permasalahannya adalah doorlock tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik dikarenakan tersendat.

>>> Lihat juga, Beberapa Masalah Pintu Geser Mobil Yang Perlu Diperhatikan

2. Turunnya engsel pintu

Permasalah selanjutnya yang mengakibatkan pintu Mobil tidak tertutup rapat adalah engsel pintu yang telah turun. Biasanya hal ini dikarenakan perlakuan pemilik Mobil yang tidak benar, atau bisa juga umur dari Mobil sudah lama.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang bagian dari pengait pintu Mobil

Pintu Mobil tidak tertutup rapat bisa juga karena umur pemakaian sudah lama (Foto: Montir)

Yang perlu diperhatikan adalah, saat pintu Mobil kerap dibuka dan tidak ditutup lagi dalam jangka cukup lama maka engsel dapat mengalami penurunan. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan membuka pintu dan dibiarkan saja terbuka tanpa ada aktivitas keluar masuk penumpang atau barang.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

“Engsel mengalami penurunan sedikit saja, sudah berpengaruh terhadap kesempurnaan penutupan pintu,” imbuhnya.

3. Karet pintu yang telah mengeras

Karet Mobil berfungsi menahan benturan keras antara pintu dan tempatnya. Seiring berjalannya waktu, lama kelamaan akan mengeras juga. Apalagi tanpa adanya perawatan, tentu hal tersebut terjadi lebih cepat.

Akan tetapi masalah ini tidak hanya terjadi pada Mobil lama saja. Bahkan pada Mobil baru juga dapat mengalami masalah ini. Apabila karet pintu bergeser atau dilakukan penggantian dengan ketebalan karet yang berlebih dan tidak sesuai, maka akibatnya pintu Mobil tidak tertutup rapat.

>>> Baca juga, Pentingnya Fitur Pengaman Pintu Mobil Untuk Keselamatan

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menarik karet pada pintu Mobil

Karet pintu Mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab pintu tidak tertutup rapat (Foto: Viva)

Oleh sebab itu saat penggantian karet diharapkan yang sesuai dengan sebelumnya. Dengan begitu pintu dapat ditutup dengan rapat dan tidak terjadi masalah.

Apabila mengalaminya dan tidak bisa mengatasinya sendiri, alangkah baiknya membawanya ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Jika dibiarkan dikhawatirkan dapat menjalar komponen lain yang berakibat masalah lebih besar.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab pintu Mobil tidak tertutup rapat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International