Beberapa Masalah Pintu Geser Mobil Yang Perlu Diperhatikan

31/03/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Fitur pintu geser pada kendaraan memberikan kenyamanan pada penumpang. Hal tersebut terbukti ketika sedang parkir di area yang sempit saat ingin keluar dari kendaraan.

Fitur pintu geser pada kendaraan memberikan kenyamanan pada penumpang. Hal tersebut terbukti ketika sedang parkir di area yang sempit saat ingin keluar dari kendaraan. Fitur ini terdapat pada Mobil jenis MPV yang sangatlah populer di Indonesia. Contoh Mobil yang menggunakan sliding door adalah Toyota Sienta, Honda Freed dan masih banyak lagi. Namun disamping hal tersebut kadang terdapat masalah pada pintu geser Mobil yang perlu diperhatikan.

Pintu geser sendiri memiliki 2 jenis yang perlu diketahui, meliputi pintu geser manual dan elektris. Masalah yang sepele dan kadang dilakukan adalah sliding door jenis elektris yang dioperasikan secara manual. Tentunya hal tersebut dapat merusak kinerjanya, mengingat hal tersebut tidak pada jalurnya. Perlu diketahui, bahwa pintu geser Mobil elektrik merupakan fitur canggih yang disematkan pada Mobil untuk menambah kenyamanan ketika sedang parkir di tempat sempit.

Perawatan Pintu Mobil diperlukan agar tetap bekerja dengan baik

Apabila melakukan hal di atas bisa berakibat kerusakan pada bagian motor elektriknya atau tali sling penarik. Tali  sling tersebut bisa menjadi kendor, dan yang paling parah adalah dapat keluar dari rel pintu geser. Kebersihan juga salah satu faktor penting mempengaruhi kinerjanya. Jadi bersihkanlah rel supaya tidak ada kotoran yang menghambat laju pintu geser. Tidak hanya itu, pemberian pelumas juga perlu dilakukan supaya ketika menggeser dapat lancar tanpa hambatan. Mengingat adanya pintu geser dapat menghemat ruang parkir Mobil ataupun garasi di rumah Anda.

>>> Mungkin tertarik, Hati-hatilah Ketika Menggunakan Sarung Mobil

Pemberian pelumas diharapkan secukupnya saja, karena jika terlalu banyak bisa memudahkan kotoran menempel dan mengganggu kinerja pintu geser Mobil. Penyebab kerusakan lainnya yang biasa dilakukan oleh pemilik Mobil akan dirangkum di bawah ini. Mari kita simak:

Jangan menarik pintu geser elektrik jika ingin awet

  1. Membuka dan menutup terlalu keras

Perilaku pemilik Mobil atau penumpang yang sering dilakukan dan dapat merusak pintu geser adalah membuka dan menutupnya terlalu keras.  Dengan melakukan hal tersebut menyebabkan masalah pada bagian pengait pintu rusak. Alhasil pintu geser tidak akan terkunci dengan sempurna. Hindarilah perilaku tersebut supaya tidak ada kerusakan lain yang lebih besar.

  1. Memberi pelumas terlalu banyak

Seperti penjelasan di atas, bahwa memberi pelumas memang diharuskan. Namun dalam hal ini porsinya juga harus sewajarnya. Jangan sampai memberi pelumas gemuk terlalu banyak karena bisa mengundang kotoran menempel. Jika sudah begitu jadinya bukan melancarkan tetapi mengganggu kinerjanya.

  1. Rel pintu jarang dilakukan pembersihan

Masalah pintu geser lain yang dapat menyebabkan tersendat adalah adanya kotoran pada rel. Sangat disarankan untuk melakukan pembersihan secara berkala, misalnya satu minggu sekali. Dengan begitu kinerja sliding door akan lancar tanpa hambatan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya
  1. Terlalu lama pintu Mobil terbuka

Jika pintu geser Mobil sering terbuka dapat membuat kotoran mudah masuk ke bagian bearing pintu. Oleh sebab itu jangan terlalu lama membuka sliding door. Masalah lain yang diakibatkan adalah karet pintu cepat getas sehingga dapat muncul retak pada karet tersebut. Selain itu, kotoran yang masuk dan menuju bearing pintu juga dapat menghambat laju sliding door dan membuatnya tersendat.

Berikan pelumas pada rel pintu geser agar pintu geser lancar

Dengan melihat masalah di atas, tentunya perlu perawatan yang dilakukan secara berkala. Jika sesuatu terjadi pada pintu geser Mobil membuat kurang nyamannya penumpang saat berkendara. Penumpang Mobil akan was-was dan takut terbuka sendiri ketika sedang melaju di jalanan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik lainnya

Demikianlah informasi tentang masalah pada pintu geser Mobil yang perlu mendapat perhatian lebih. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.