Kemudi Mobil Bergetar, Bisa Saja Karena 2 Komponen Ini Mengalami Kerusakan!

15/03/2019 Abdul Perawatan mobil

Mengemudi mobil memang sangat nyaman apabila semua komponen bekerja dengan baik. Akan tetapi jika ada masalah dapat mengganggu kenyamanan berkendara. Salah satu hal yang bisa membuat mod pengemudi tidak nyaman adalah kemudi mobil bergetar.

Jika kemudi mobil bergetar tentunya berpengaruh juga dengan keselamatan, terutama saat kecepatan tinggi. Jika dibiarkan maka resiko bahaya dapat terjadi, sehingga perlu segera dilakukan perbaikan. Biasanya hal tersebut terjadi karena terdapat komponen pada sistem kemudi yang mengalami kerusakan. Oleh sebab itu sebaiknya identifikasi mana yang rusak kemudian diperbaiki.

gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang memegang kemudi mobil

Kenyamanan dan keamanan berkendara merupakan suatu hal yang diutamakan

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Sebelumnya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai fungsi sistem kemudi. Tujuannya adalah supaya dalam perbaikan dapat dilakukan dengan lebih baik.

Adapun fungsi dari sistem kemudi adalah untuk mengatur laju arah mobil. Caranya dengan memutar kemudi dan roda depan akan berbelok tergantung putarannya. Jika memutar ke kanan maka roda akan membelok ke kanan begitu juga sebaliknya. Prosesnya adalah, saat roda kemudi (steering wheel) diputar maka batang kemudi (steering column) akan meneruskan tenaganya menuju ke bagian roda gigi kemudi (steering gear).

Tenaga putar diperbesar oleh steering gear sehingga menghasilkan momen puntir yang besar. Setelah itu diteruskan ke bagian steering linkage. Bagian inilah yang bertugas untuk meneruskan ke bagian roda depan. Untuk sistem kemudi yang kerap digunakan pada mobil berdasarkan jenisnya adalah model recirculating ball untuk kendaraan menengah hingga besar. Namun untuk kendaraan yang tergolong ringan mengandalkan model rack and pinion.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi pada sistem kemudi pada mobil

Sistem kemudi mobil terdapat beberapa komponen yang saling berhubungan

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terupdate dan terlengkap hanya ada di sini

Untuk masalah kemudi mobil bergetar, umumnya masalah yang terjadi pada bagian steering linkage. Untuk bagian ini berhubungan dengan komponen yang berada pada bagian tersebut seperti steering gear, ball joint, tie rod, dan rack end.

Pada umumnya kerusakan yang terjadi di bagian tersebut berbeda-beda, berikut adalah penjelasan mengenai kerusakan pada ball joint dan tie rod end yang bisa menyebabkan kemudi mobil bergetar.

>>> Lihat Juga, Waspada, Masalah Pada Power Steering Bisa Saja Datang Pada Mobil Sobat

1. Tie Rod End

Yang pertama adalah pada bagian tie rod end, yang mana bagian ujung tie rod mempunyai ulir  yang dipasang pada bagian ujung rack yang terdapat pada sistem kemudi rack and pinion atau ke dalam bagian pipa penyetelan di recirculating ball. Oleh sebab itulah jarak antara joint-joint bisa dilakukan penyetelan. Untuk kerusakan yang biasanya terjadi biasanya adalah saat roda diangkat dan dilanjutkan dengan menggoyangkan roda akan terasa tidak normal. Kadang juga muncul suara tidak lazim seperti glek-glek ketika roda digoyangkan. Masalah tersebut terjadi karena bagian dalam dari tie rod end sudah mengalami keausan.

2. Ball Joint

Selanjutnya adalah ball joint, yang mana bagian ini merupakan salah satu bagian pada mobil yang terletak pada kaki-kaki mobil atau di understeel. Untuk fungsinya sendiri adalah sebagai pengikan as roda atau knuckle dengan arm. Pada arm ini juga terdapat beberapa bagian seperti upper arm yang sering dikenal dengan upper joint dan lower arm yang disebut juga dengan nama lower joint. Dengan begitu posisi as roda tetap pada tempatnya saat kemudi dibelokkan.

>>> Lihat Juga, Bolehkah Memutar Setir Sampai Mentok?

Gambar ini menunjukkan beberapa bagian pada komponen roda mobil

Saat salah satu komponen kemudi mobil bermasalah bisa menyebabkan kemudi bergetar

Adapun ciri-ciri kerusakan pada bagian ini adalah muncul suara yang mendecit saat berbelok, muncul suara kasar pada roda depan dan ban mobil aus secara tidak merata. Selain itu bisa juga terjadi kemudi mobil bergetar saat diajak berkendara.

Untuk perbaikan sobat bisa membawanya ke bengkel resmi atau yang telah terpercaya. Dengan begitu kemudi dapat kembali bekerja dengan semestinya dan perjalanan lebih aman dan nyaman.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai komponen yang bisa membuat kemudi mobil bergetar jika mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    15/05/2019

    Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

  • Jenis-Jenis Kerusakan Turbo
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Jenis-Jenis Kerusakan Turbo

    30/04/2019

    Memasang sistem induksi udara paksa kedalam mesin memang menjadi salah satu cara oleh pabrikan mobil untuk dapat menggapai tenaga dengan instan. Namun, tak ada gading yang tak retak, semua buatan manusia tidak akan sempurna. Berikut ini kami beberkan beberapa jenis-jenis kerusakan turbo.

  • Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya

    25/04/2019

    Power Steering Elektrik atau yang akrab disebut EPS memang meringankan kerja mesin, namun sudah menjadi rahasia umum juga jika mobil dengan sistem power steering elektrik itu lebih lemah dari power steering hidrolik. Mengapa demikian? Ini penjelasan teknisnya