Jangan Khawatir, Melakukan Tune Up Mobil Sendiri Dapat Dilakukan

17/01/2020 | Abdul

Merawat mobil perlu diutamakan agar kondisi mobil tetap maksimal. Salah satu yang dapat dilakukan adalah tune up. Adapun tujuan melakukan tune up mobil adalah untuk membuat mesin mobil tetap prima dan tidak mengalami penurunan seiring dengan pemakaian.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil

Tune up merupakan salah satu perawatan agar mobil tetap prima

Untuk waktu melakukannya idealnya setiap 6 bulan sekali apabila dipakai dalam keseharian. Namun apabila penggunaannya jarang maka bisa melakukannya dalam jangka 1 tahun sekali.

>>> Baca Juga, Ganti Cara Lama, Carfix Kembali Ke Prinsip Dasar Tune Up

Melakukan tune up mobil dapat dilakukan sendiri, berikut langkah yang dapat dilakukan :

1. Membersihkan Filter Udara Pada Mobil

Adapun hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan pada filter udara. Periksalah saringan udara dengan membuka kotak filter udara dan mengangkat filter dari tempatnya. Setelah itu lakukan pembersihan dengan mencucinya, jika sudah kering dan bersih maksimal bisa dipasangkan kembali ke tempat asalnya. Namun jika kondisinya sudah parah bisa melakukan penggantian.

Gambar ini menunjukkan seseorang mengganti filter mesin mobil

Filter mobil yang kotor berpengaruh pada tenaga mesin

>>> Mau Servis Mobil, Servis Saja Tak Usah Tunggu Diskon

2. Cek Kondisi Busi

Tahapan selanjutnya adalah memeriksa kondisi busi. Hal ini dapat dilakukan sambil menunggu filter udara kering. Periksalah keadaan busi, apakah kotor atau tidak?. Apabila kondisinya kotor pada kepala busi bisa melakukan pembersihan. Jika memang sudah memakai lama bisa menggantinya dengan busi dalam kondisi baru.

3. Throttle Body

Langkah melakukan tune up mobil sendiri selanjutnya adalah dengan membersihkan throttle body. Jadi sebelum pemasangan busi maka bersihkan bagian ini terlebih dahulu. Untuk langkahnya adalah dengan melepas selang yang menuju ke bagian throttle, setelah itu bisa dilakukan penyemprotan dengan menggunakan carbon cleaner. Dalam penyemprotan cairan tersebut jangan terlalu banyak, secukupnya saja. Dilanjutkan dengan melakukan pengelapan sampai bersih dan tidak ada kotoran hitam.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Mengganti Oli Mesin Mobil

Ketika melakukan tune up bisa dengan melakukan penggantian oli mesin dan filternya. Caranya juga terbilang mudah, Sobat tinggal membuka tutup oli mesin dan membuka baut penutup pada oil tank. Setelah itu tunggu sampai oli keluar secara menyeluruh. Tutup kembali tempat keluar olinya dan memasukkan oli yang baru.

Gabar ini menunjukkan oli mesin keluar dari mesin mobil

Penggantian oli mesin mobil perlu dilakukan secara berkala

5. Memeriksa Aki Mobil

Tahapan selanjutnya dalam melakukan tune up mobil adalah dengan memeriksa aki mobil. Apabila memakai aki basah maka bisa melihat ketinggian cairan yang berada di dalamnya. Pastikan cairan tersebut berada di atas batas minimal yang telah ditentukan. Namun jika menggunakan aki kering, apabila masih bagus bisa dibiarkan dan segera diganti bila kondisinya sudah tidak prima.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. Memeriksa Radiator Mobil

Radiator juga menjadi salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan pemeriksaan. Sobat bisa melakukan kondisi dari water coolant pada radiator dan pastikan cairannya tidak kurang. Selanjutnya pengecekan juga perlu dilakukan pada tabung reservoir, pastikan pada bagian ini tidak kehabisan cairannya.

Gambar ini menunjukkan tutup radiator yang dibuka

Cairan radiator jangan sampai kehabisan agar kinerja mesin tidak terganggu

7. Cek Kondisi Filter Kabin

Adapun langkah terakhir dalam melakukan tune up adalah mengecek pada bagian filter kabin. Jika bagian ini kondisinya kotor maka bisa membuat udara yang dikeluarkan AC jadi kurang dingin. Bahkan bisa beresiko muncul bau tidak sedap saat AC di mobil dinyalakan. Oleh sebab itulah pembersihan filter kabin perlu dilakukan secara berkala.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan tentang tips melakukan tune up mobil sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik