Ganti Cara Lama, Carfix Kembali Ke Prinsip Dasar Tune Up

09/04/2019 Fatchur Sag Perawatan mobil

Urusan perawatan mobil tak bisa dipisahkan dengan istilah tune up dan mengingat cara lama yang dipakai bengkel umum tak memiliki efek besar, Carfix memilih kembali ke prinsip dasar tune up.

Bagi orang yang benar-benar berkecimpung dalam dunia otomotif seperti mekanik, bengkel maupun para teknisi, istilah tune up bukanlah nama asing. Bahkan istilah itu sudah menjadi makanan sehari-hari. Mengutip dari wikipedia Tune up adalah serangkaian prosedur perawatan yang dilakukan pada interval waktu tertentu atau setelah kendaraan menempuh jarak tertentu. Nah, perkembangan zaman dan teknologi kendaraan bermotor menuntut para mekanik memiliki update pengetahuan sehingga urusan tune up bisa dilakukan lebih sempurna dan tidak hanya mengandalkan tune up cara lama.

Foto mengecek kondisi busi, salah satu prosedur yang dilakukan saat tune up

Urusan tune up tak sekadar melepas dan menggnti busi

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Menurut Manager Carfix Indonesia, Gunawan salah satu kekurangan bengkel-bengkel umum adalah mereka masih berpegang pada tune up cara lama meski mobil yang ditangani adalah mobil-mobil terkini. Efeknya tune up yang dilakukan tidak memiliki efek besar. Tune up cara lama atau zamannya mobil karburator boleh dikatakan sekadar lepas busi ganti busi, lalu pengecekan dilakukan mengandalkan feeling.

"Biasanya kalau di bengkel mungkin cuma lepas busi, ganti busi. Bersihkan filter udara, dicoba mobilnya, selesai. Kadang ada yang seperti itu. Pengecekan mungkin hanya feeling, digas tenaganya naik atau enggak," kata Gunawan seperti dikutip dari Otosia, (4/4/2019).

Hal tersebut tidak cukup jika diterapkan pada mobil-mobil terkini yang sudah menerapkan sistem pembakaran injeksi, fuel pump, atau bahkan unit kontrol elektronik / Electronic Control Unit (ECU). Karenanya Carfix yang merupakan spesialis tune up dan servis mobil memilih melakukan pengerjaan menyeluruh untuk urusan tune up, mengembalikan mobil kepada kondisi awalnya. Bahkan bila diperlukan scanning engine, Carfix bakal melakukannya terutama seperti perawatan yang berkaitan dengan ECU serta sensor.

>>> Pelajari Tips Berkendara dan Perawatan Tepat Transmisi CVT!

Foto para mekanik Carfix sedang melakukan proses perawatan mobil

Pengecekan kendaraan oleh Carfix dilakukan secara menyeluruh

"Prinsipnya (tune-up adalah) mengembalikan kondisi awal mobil. Salah satunya cek pelumasan, air radiator, wiper. Terus nanti kayak minyak rem, minyak kopling yang hubungannya dengan mesin, busi, filter udara, belt, harus diperiksa semua," kata Gunawan. "Ada problem enggak di kinerja mesin itu. Sensor apa yang bermasalah. Perlu dibersihkan atau diganti. Kalau cuma copot busi, pengaruhnya sangat kecil. Bukan cuma dari tenaga saja, tetapi safety harus dicek semua," lanjutnya.

Gunawan cukup maklum jika kebanyakan bengkel menerapkan tune up cara lama. Selain upgrade pengetahuan yang kurang, ketersediaan peralatan juga bisa jadi alasan tune up yang dilakukan kurang sempurna. Jadi kembali kepada konsumen, bijak-bijaklah memilih bengkel untuk melakukan perawatan kendaraan kesayangan baik itu di bengkel resmi maupun di bengkel umum.

>>> Mau Servis Mobil, Servis Saja Tak Usah Tunggu Diskon

Foto Honda Jazz yang disetting menjadi mobil balap oleh Carfix

Tune up yang baik mengembalikan mobil pada performa terbaiknya

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Mungkin anda ingin baca