Review Daihatsu Xenia 2018

01/09/2018 Metodius Getan Plue Review Daihatsu

Tidak bisa dipungkiri bahwa Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza sudah menjadi primadona masyarakat tanah air, karena kedua mobil ini laku keras, duet maut Xenia Avanza sudah seperti menjadi tembok kokoh untuk diruntuhkan para pemain baru di segmen MPV.

1. PENGANTAR

Review Daihatsu Xenia 2018 - Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra motor sudah bekerjasama untuk merancang dan memproduksi mobil kembar beda ibu ini. Daihatsu Xenia sudah berjalan hingga dua generasi, generasi pertamanya muncul di tahun 2003 serta mulai dijual pada tahun 2004 dan langsung menggebrak pasar otomotif tanah air. Pada generasi keduanya yang dimulai dari 2015 memberikan penampilan dan wajah baru dengan beberapa varian unggulannya. Daihatsu sendiri sudah memiliki strategi terbaik untuk menghadang banyaknya pendatang baru yang bisa meruntuhkan kekuatan Xenia dan Avanza. Salah satu yang sudah ada yaitu membuat Daihatsu Great New Xenia Custom, sepertinya versi dress up dari MPV ini terlihat lebih atletis. Mari kita bahas lebih jauh lagi mengenai mobil sejuta umat  Daihatsu Xenia.

2. EKSTERIOR

Pada penampilan luarnya, Daihatsu Xenia menjadi jauh lebih menarik, Mobilmo.com menilai desain eksterior Xenia dan Avanza memang sudah menjadi tolak ukur utama publik dalam membeli mobil kelas low MPV. Sehingga tidak bosan-bosan masyarakat selalu menyebut Xenia sebagai pilihan utama MPV yang akan mereka beli. Mobilmo.com akan mereview secara lebih lengkap yang dimulai dari bagian depan, samping hingga belakang khas 360 derajat.

Review Daihatsu Xenia 2018: Bagian Depan

Bagian Depan Daihatsu Xenia 2018 Lebih Sporty Dan Elegan

Bagian Depan Xenia 2018

Ketika anda mencari mobil dengan kapasitas lebih dari 5 orang penumpang Daihatsu Xenia bisa masuk dalam list anda, pasalnya Daihatsu Xenia memiliki kapasitas hingga tujuh orang penumpang. Mari bahas dari luarnya, Xenia memiliki eksterior yang lebih stylish, dimensi Great New Xenia ini memiliki panjang 4140 mm, lebar 1660 mm dan tinggi 1695 mm. Dengan ground clearance 200 mm dirasa cukup aman dalam melewati jalanan bergelombang bahkan rusak parah. Bumper depan dengan aerokit memberikan tampilan lebih sporty dan tangguh, grill chrome depan yang tebal menyatukan dua lampu utama bagian depan. Untuk R Sporty Daytime Running Light (DRL), masih dalam R Spoty diberikan Side Stone Guard dan Custom Sticker pada sisi sampingnya.

Review Daihatsu Xenia 2018: Bagian Samping

Sisi Samping Daihatsu Xenia 2018 Mendapat Guratan Tipis Namun Sporty

Bagian Samping Xenia 2018

Bergerak ke samping, kita melihat dengan mudah desain yang simple namun tetap keren. List kaca samping sengaja diberikan lis krom yang mengelilingi jendelanya lalu kelir ini disamakan warnanya dengan handle pintu. Kesan stylish dapat kita lihat pada desain peleknya, pelek berukuran 15 inci ini memiliki paduan dua warna yang sangat menarik. Cover kaca sepion dilengkapi juga dengan LED turning lamps membuat Xenia semakin terlihat modern.

Review Daihatsu Xenia 2018: Bagian Belakang

Bagian Belakang Daihatsu Xenia 2018 Dengan Krom Tebal Di Pintunya

Sisi Belakang Xenia Dengan Spoiler

Dibagian terakhir tampilan pintu belakang lebih stylish dengan garnish krom besar dan tebal yang memanjang dari lampu kanan ke kiri. Xenia kini lebih menarik lagi dengan tambahan rear spoiler dengan High Mount Stop Lamp sehingga bukan hanya stylish namun tetap aman dengan lampu stop tambahan pada spoilernya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Review Daihatsu Xenia 2018: Kabin dan Kursi

Daihatsu Xenia 2018 Memiliki Kapasitas Hingga 7 Orang Penumpang

Kursi dan Kabin Xenia 2018

Masuk ke sisi dalam, kabin bernuansa 2-tone dihadirkan, guna menampilkan kesan mewah demi kenyamananan penumpang di dalamnya. Soal kenyamanan, AC Double Blower pun di berikan, sehingga kabin lebih terasa sejuk bahkan ke baris ketiga kabin. Namanya juga mobil keluarga, soal akomodasi di sisi belakang harus dibuat lebih fleksibel, baris ketiga yang dapat dilipat menjadi 50:50 akan memberikan ruang lebih.

Review Daihatsu Xenia 2018: Dashboard

Daihatsu Xenia 2018 Dengan Dashboard Dua Warna

Dashboard Xenia 2018

Layar Multi Information Display dapat menampilkan enam fungsi seperti konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, trip, jarak tempuh keseluruhan, fuelbar, dan jam. Pada R Custom juga disediakan 2 DIN berukuran 7 inci touchscreen lengkap dengan fitur mirroring. Akomodasi ringan pun juga lengkap, mulai dari glove box, console box depan, seat back pocket untuk baris pertama, center console box.

Review Daihatsu Xenia 2018: Bagasi

Daihatsu Xenia 2018 Dengan Bagasi Yang Cukup Luas

Bagasi Xenia Sangat Luas

Sudah sepatutnya MPV memiliki bagasi yang luas guna memenuhi kebutuhan keluarga. Salah satu mobil yang memiliki kapasitas bagasi yang luas adalah Daihatsu Xenia 2018. Mobil ini mampu menampung lebih dari dua koper berukuran sedang sekaligus, bahkan masih ditambah dengan beberapa tas kecil. Jika baris ketiga tidak digunakan, lantai bagasi pun rata dengan kapasitas yang tentu jauh lebih besar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Daihatsu Xenia 2018 Dengan Safety Lebih Baik

Side Impact Beam Xenia

Safety menjadi hal yang cukup penting dalam keputusan pembelian mobil, Xenia berusaha berkembang dari sisi ini serta menepis semua isu ketidakamanan pada Xenia. Daihatsu Great New Xenia memberikan dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, yang akan mengurangi cidera parah, lalu side impact beam yang merupakan perlindungan bagi penumpang jika ada benturan dari sisi samping mobil, Immobilizer dan Alarm Integrated Key, Corner Sensor untuk varian R Sporty dan R Deluxe, Rear Parking Sensor pada tipe M Dix, X, X Dix, R, R Sporty.

>>> Klik sini untuk simak review mobil Daihatsu lainnya

5. OPERASI

Daihatsu Xenia 2018 Memiliki Mesin 1NR-VE DOHC

Mesin VVT-i Yang Irit BBM

Dari sektor dapur pacunya, Daihatsu Xenia memiliki mesin 1NR-VE DOHC, Dual VVT-i, 4 Silinder 16 katup. Mesin ini berkapasitas 1329 cc, mesin kenamaan ini dapat memberikan tenaga sebesar 97 Ps pada putaran 6000 rpm, dan torsi 12,3 kg-m pada puntiran 4200 rpm. Sistem bahan bakar yang digunakan adalah Electronic Fuel Injection dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

>>> Butuh informasi tentang promosi mobil-mobil di Indonesia? Cepat-cepat klik sini

6. SPESIFIKASI

Pada tabel dibawah kami tampilkan spesifikasi dari Daihatsu Xenia 2018.

Mesin

Tipe mesin

1NR-VE DOHC Dual VVT-i

Sistem suplai

Electronic Fuel Injection

Isi silinder

1329 cc

Jumlah silinder

4

Tenaga maksimal

96 Hp @6000 rpm

Torsi maksimal

12.3 Kgm @4200 rpm

Dimensi

Panjang

4140 mm

Lebar

1660 mm

Tinggi

1695 mm

Jarak poros roda

2.655 mm

Jarak pijak depan

1.425 mm

Jarak pijak belakang

1.435 mm

Kapasitas tanki (L)

45 L

Transmisi

Type : Automatic 4-Speed / Automatic 4-Speed

System Kemudi

Sistem : Rack dan Pinion + Electric Power Steering (EPS)

Chassis

Suspensi depan

Mac Pherson Struts with Coil Spring

Suspensi belakang

Mac Pherson with Coil Spring and Stabilizer

Rem depan

Ventilated disc

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

185/70

Pelek

Alloy Wheel 15 inci

 

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Xenia bukan mobil yang sempurna maka kami merangkum beberapa kelebihan dan kekurangannya dalam tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Harga cukup terjangkau untuk mobil 7 penumpang

Setir belum teleskopik

Mesin VVT-i dirasa cukup irit bahan bakar

Pelek 15 inci dinilai masih belum proporsional

Interior nyaman dan lebih mewah dari sebelumnya

Model sudah mulai usang

AC Double blower membuat kesejukan lebih merata

Desain interior biasa saja dan kalah modern dari pesaingnya

 

8. DAFTAR HARGA

Inilah harga Daihatsu Xenia yang terhitung hingga bulan September 2018.

Model

Varian

Harga Daihatsu Great New Xenia 2018

Daihatsu GREAT NEW XENIA

X MT 1.3 STD

Rp 181.450.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

X MT 1.3 DLX

Rp 196.700.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

R MT 1.3 STD

Rp 185.750.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

R MT 1.3 SPORTY

Rp 205.100.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

X AT 1.3 STD

Rp 192.350.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

X AT 1.3 DLX

Rp 208.550.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

R AT 1.3 STD

Rp 196.650.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

R AT 1.3 SPORTY

Rp 216.100.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

R MT 1.3 CUSTOM

Rp 204.100.000,-

Daihatsu GREAT NEW XENIA

R AT 1.3 STD CUSTOM

Rp 215.100.000,-

 

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Daihatsu Xenia mampu menjadi pilihan utama dan yang paling pertama disebut bagi orang yang ingin membeli mobil keluarga atau MPV. Ketenaran Xenia tersohor hingga pelosok negeri yang menjadikannya tanpa perlu banyak melakukan promosi, catatan penjualan pun akan tetap ada. Kini Xenia baru lebih menjamin dari sisi keselamatan, serta kenyamanan dengan double blower dan juga kursi yang empuk. Bagi Anda yang masih menginginkan Xenia, masih dapat membelinya dengan mudah bahkan jika ingin membeli bekas sudah banyak tersedia disitus online.

>>> Butuh informasi tentang spesifikasi mobil-mobil lain, jangan lupa klik sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Toyota Hilux Invincible 50 2018
    Review Toyota Padli Nurdin

    Review Toyota Hilux Invincible 50 2018

    17/11/2018

    Tak terasa, Toyota Hilux sudah menghabiskan 50 tahun terakhir membantu konsumen terlebih mereka yang bekerja di bidang perdagangan dengan memberikan kendaraan bertenaga yang kuat. Untuk merayakan setengah abad perjalanannya, Toyota Hilux Invincible 50 2018 siap dihadirkan dengan spesifikasi yang mumpuni.

  • Review All New Honda CR-V 2017
    Review Honda Padli Nurdin

    Review All New Honda CR-V 2017

    16/11/2018

    Sebagai salah satu andalan Honda untuk segmen SUV di Indonesia, Honda CR-V merupakan salah satu lumbung uang Honda. Dari yang tertinggi hingga All New Honda CR-V 2017 yang menjadi varian terendah, Honda menancapkan kukunya lebih dalam pada segmen SUV di Tanah Air.

  • Review Mitsubishi Triton 2019
    Review Mitsubishi Arfian Alamsyah

    Review Mitsubishi Triton 2019

    15/11/2018

    Kalau boleh jujur sebenarnya kami tidak terlalu terkejut dengan tampilannya, maklum saja, salah satu ‘mata-mata’ kami sudah melihat siluet mobil ini. Dan seperti yang banyak diduga, tampang khas Mitsubishi Xpander begitu mendominasi. Kini, mobil dual cabin andalan Mitsubishi ini telah meluncur di Bangkok, Thailand. Bagaimana impresi kami mengenai mobil ini?