Ganti Pelek Lebih Ringan Bikin Akselerasi Mobil Ngacir

23/01/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Mungkin hal ini tidak terpikir oleh Anda, apa iya dengan hanya mengganti pelek mobil dengan bobot yang lebih ringan, akselerasi mobil dapat menjadi lebih cepat alias ngacir? Simak analisis teknik kami.

Setiap engineer dari masing-masing pabrikan mobil, sebenarnya sudah menghitung secara cermat, terperinci dan sistematis mengenai spesifikasi part yang akan dipasang atau diinstal ke mobil produksi mereka, dari baut, mesin hingga pelek. Nah, ketika salah satu tim reporter kami mengunjungi event balap di Indonesia, kami mendapatkan suatu hal agar mobil dapat berakselerasi lebih kencang tanpa ubahan mesin yang banyak, yaitu mengganti pelek bawaan dengan yang lebih ringan bobotnya. Ganti pelek lebih ringan dapat membuat akselerasi mobil menjadi lebih ringan.

>>> Berapa lama sih ban boleh disimpan? Klik disini untuk tahu jawabannya

Tampak Pelek Advan di Mercedes-Benz W204

Pelek aftermarket dengan bobot lebih ringan dapat membantu akselerasi mobil menjadi lebih kencang dan ringan

Ganti pelek lebih ringan, adalah salah satu cara mudah dan jitu untuk membuat akselerasi mobil menjadi lebih enteng dan juga ngacir. Seperti yang kita tahu, pelek dan ban adalah salah satu bagian dari sistem roda yang bertugas menerima daya dari tenaga mesin. Dan setiap bobot yang ada beserta kerugian gesek yang terjadi di mesin ke roda adalah suatu bentuk kerugian mekanis yang menyebabkan akselerasi mobil menjadi lebih berat. Salah, satu cara menanggulanginya adalah membuat enteng bobot pelek dan ganti pelek lebih ringan agar kinerja mesin tidak terlalu terbebani.

>>> Ini yang menyebabkan pelek menjadi cepat rusak

Tampak Mobil balap Honda Jazz Boutros Hadianto pakai pelek ringan

Pelek dengan bobot ringan banyak diaplikasikan oleh mekanik mobil balap turing di Indonesia

Ambil contoh, satu pelek beserta ban bobotnya 13 kilogram, maka jika dikali empat buah ban dan pelek, mesin harus menggerakkan ban dan pelek yang total bobotnya mencapai 52 kilogram. Dengan mengganti pelek yang ringan, contohnya adalah TRD, Volk, Rays, Enkei, Buddy Club, Advan atau SSR Type-C yang satu buah pelek dan bannya hanya punya berat berkisar 8,75 kilogram saja berarti jika ditotal empat roda hanya 35 kilogram saja. Keunggulan bobot ini akan berdampak positif pada mesin yang dengan lebih ringan menggerakan roda. Jadi ganti pelek mobil lebih ringan akan secara otomatis membuat akselerasi mobil menjadi lebih ringan, dan konsumsi bahan bakar dapat menjadi lebih ringan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Waspada! Ada Banyak Faktor Penyebab Mobil Terbakar
    Perawatan mobil Mahmudi Restyanto

    Waspada! Ada Banyak Faktor Penyebab Mobil Terbakar

    14/04/2019

    Musibah bisa datang kapan saja, salah satunya adalah mobil terbakar. Ada banyak faktor penyebab mobil terbakar saat ini. Hal ini memang mengerikan tapi bukan tidak mungkin bisa terjadi pada mobil Anda.

  • Waspada, Berikut Komponen Penyebab Radiator Mobil Bocor Yang Perlu Diketahui

    Waspada, Berikut Komponen Penyebab Radiator Mobil Bocor Yang Perlu Diketahui

    12/04/2019

    Salah satu bagian mobil yang mempunyai fungsi penting adalah radiator mobil. Pasalnya jika bagian ini mengalami kebocoran dapat menjadi penyebab mesin overheat. Oleh sebab itu diharapkan untuk melakukan pengecekan dan perawatan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lantas apa penyebab radiator mobil bocor?

  • Beberapa Ciri Masalah Pada Busi Mobil Yang Perlu Diketahui

    Beberapa Ciri Masalah Pada Busi Mobil Yang Perlu Diketahui

    10/04/2019

    Salah satu komponen pada kendaraan yang mempunyai peranan cukup penting adalah busi mobil. Dalam Bahasa Inggris kerap disebut dengan nama spark plug dan tersedia dalam beberapa model dan merek. Busi termasuk dalam sistem pembakaran dengan tugasnya sebagai pemantik api sehingga dapat terjadi pembakaran. Masalah pada busi mobil bisa saja terjadi, sehingga pengecekan atau inspeksi perlu dilakukan.