Pelajari Tips Berkendara dan Perawatan Tepat Transmisi CVT Yuk!

13/10/2018| Mahmudi Restyanto

Kenyamanan berkendara kian dibutuhkan, mengingat kondisi lalu lintas semakin padat, terutama di kota-kota besar. Transmisi CVT menghadirkan kenyamanan berkendara tanpa ada hentakan saat perpindahan percepatan. Untuk terus merasakan kenyamanan berkendara dengan transmisi CVT, berikut cara perawatannya.

>>> Baca : Tidak Goyah Pendirian, Ignis Terbaru Tetap AGS Meski Datsun Cross Sudah CVT 

Berkendara dengan akselerasi secara halus

Lakukan akselerasi halus untuk transmisi CVT

Dengan berakselerasi secara halus maka mobil lebih efisien dan tidak ada sentakan diawal

Transmisi CVT memiliki prinsip kerja stepless (tanpa langkah) dengan desain kompak yaitu dengan dua pulley yang terhubung melalui sabuk baja. Untuk menjaga pulley dan sabuk baja dalam kondisi prima, sebaiknya berkendara secara halus khususnya saat berakselerasi.

>>> Ini pendapat kami mengenai Honda HR-V terbaru, klik disini untuk mengetahuinya

Berkendara secara konstan

Merasakan kenyamanan transmisi CVT tidak hanya berakselerasi secara halus, sebaiknya dikombinasi dengan cara berkendara dengan kecepatan konstan.

Periksa rutin sabuk baja serta pulley

Periksa secara rutin

Periksa secara periodik dan pastikan sabuk baja pada transmisi masih layak pakai

Kendaraan dengan transmisi CVT, sebaiknya melakukan pemeriksaan pulley dan sabuk baja secara rutin di bengkel resmi. Tidak hanya itu, selalu gunakan genuine parts ketika melakukan pergantian suku cadang.

Gunakan oli rekomendasi

Transmisi CVT membutuhkan konsentrasi oli yang tepat dalam menjaga serta melindungi gesekkan antara kedua pulley dan sabuk baja. Mengingat hal tersebut, sebaiknya dalam memilih oli transmisi CVT sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International