Pelajari Tips Berkendara dan Perawatan Tepat Transmisi CVT Yuk!

13/10/2018 | Mahmudi Restyanto

Kenyamanan berkendara kian dibutuhkan, mengingat kondisi lalu lintas semakin padat, terutama di kota-kota besar. Transmisi CVT menghadirkan kenyamanan berkendara tanpa ada hentakan saat perpindahan percepatan. Untuk terus merasakan kenyamanan berkendara dengan transmisi CVT, berikut cara perawatannya.

>>> Baca : Tidak Goyah Pendirian, Ignis Terbaru Tetap AGS Meski Datsun Cross Sudah CVT 

Berkendara dengan akselerasi secara halus

Lakukan akselerasi halus untuk transmisi CVT

Dengan berakselerasi secara halus maka mobil lebih efisien dan tidak ada sentakan diawal

Transmisi CVT memiliki prinsip kerja stepless (tanpa langkah) dengan desain kompak yaitu dengan dua pulley yang terhubung melalui sabuk baja. Untuk menjaga pulley dan sabuk baja dalam kondisi prima, sebaiknya berkendara secara halus khususnya saat berakselerasi.

>>> Ini pendapat kami mengenai Honda HR-V terbaru, klik disini untuk mengetahuinya

Berkendara secara konstan

Merasakan kenyamanan transmisi CVT tidak hanya berakselerasi secara halus, sebaiknya dikombinasi dengan cara berkendara dengan kecepatan konstan.

Periksa rutin sabuk baja serta pulley

Periksa secara rutin

Periksa secara periodik dan pastikan sabuk baja pada transmisi masih layak pakai

Kendaraan dengan transmisi CVT, sebaiknya melakukan pemeriksaan pulley dan sabuk baja secara rutin di bengkel resmi. Tidak hanya itu, selalu gunakan genuine parts ketika melakukan pergantian suku cadang.

Gunakan oli rekomendasi

Transmisi CVT membutuhkan konsentrasi oli yang tepat dalam menjaga serta melindungi gesekkan antara kedua pulley dan sabuk baja. Mengingat hal tersebut, sebaiknya dalam memilih oli transmisi CVT sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.

  • 27/05/2020 | Abdul

    Beberapa Ciri Radiator Mobil Rusak Perlu Diwaspadai

    Radiator mobil mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin pada kendaraan. Pada radiator ini terdapat cairan yang berguna untuk mengontrol panas sehingga mesin tidak mudah mengalami kerusakan. Terdapat beberapa ciri radiator mobil rusak yang perlu diketahui.

  • 23/05/2020 | Fatchur Sag

    Ada Berbagai Pembatasan, Permintaan Home Service Suzuki Meningkat

    Berbagai pembatasan aktivitas dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan layaan Home Service Suzuki.