Pelajari Tips Berkendara dan Perawatan Tepat Transmisi CVT Yuk!

13/10/2018 | Mahmudi Restyanto

Kenyamanan berkendara kian dibutuhkan, mengingat kondisi lalu lintas semakin padat, terutama di kota-kota besar. Transmisi CVT menghadirkan kenyamanan berkendara tanpa ada hentakan saat perpindahan percepatan. Untuk terus merasakan kenyamanan berkendara dengan transmisi CVT, berikut cara perawatannya.

>>> Baca : Tidak Goyah Pendirian, Ignis Terbaru Tetap AGS Meski Datsun Cross Sudah CVT 

Berkendara dengan akselerasi secara halus

Lakukan akselerasi halus untuk transmisi CVT

Dengan berakselerasi secara halus maka mobil lebih efisien dan tidak ada sentakan diawal

Transmisi CVT memiliki prinsip kerja stepless (tanpa langkah) dengan desain kompak yaitu dengan dua pulley yang terhubung melalui sabuk baja. Untuk menjaga pulley dan sabuk baja dalam kondisi prima, sebaiknya berkendara secara halus khususnya saat berakselerasi.

>>> Ini pendapat kami mengenai Honda HR-V terbaru, klik disini untuk mengetahuinya

Berkendara secara konstan

Merasakan kenyamanan transmisi CVT tidak hanya berakselerasi secara halus, sebaiknya dikombinasi dengan cara berkendara dengan kecepatan konstan.

Periksa rutin sabuk baja serta pulley

Periksa secara rutin

Periksa secara periodik dan pastikan sabuk baja pada transmisi masih layak pakai

Kendaraan dengan transmisi CVT, sebaiknya melakukan pemeriksaan pulley dan sabuk baja secara rutin di bengkel resmi. Tidak hanya itu, selalu gunakan genuine parts ketika melakukan pergantian suku cadang.

Gunakan oli rekomendasi

Transmisi CVT membutuhkan konsentrasi oli yang tepat dalam menjaga serta melindungi gesekkan antara kedua pulley dan sabuk baja. Mengingat hal tersebut, sebaiknya dalam memilih oli transmisi CVT sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 15/11/2019 | Abdul

    Jangan Sembarangan, Ini Tips Menderek Mobil Yang Aman

    Mobil adalah suatu tunggangan yang nyaman dan dapat digunakan untuk bepergian sesuai keinginan. Namun saat terjadi masalah di jalan dan mengakibatkan mogok maka perlu segera dilakukan penanganan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah menderek mobil.

  • 14/11/2019 | Fatchur Sag

    Karpet Mobil Perlu Dibersihkan, Begini Caranya!

    Kebersihan interior meliputi seluruh komponen yang ada di dalam mobil, seperti dashboard, setir, trim pintu, jok, atap, dan juga lantai. Untuk yang terakhir, begini cara membersihkan karpet mobil untuk menambah kenyamanan kabin.

  • 12/11/2019 | Abdul

    Tips Mencuci Kap Mesin Mobil Agar Kondisinya Tetap Terjaga

    Pembersihan pada kendaraan menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemilik. Tentunya hal tersebut dapat dilakukan sendiri atau menyerahkannya ke salon cuci mobil. Bagi Sobat yang mencuci sendiri, kami kali ini memberikan informasi mengenai mencuci kap mesin mobil yang baik dan benar supaya kondisinya tetap terjaga.