Dampak Tangki BBM Mobil Kosong Saat Lama Di Rumah

20/05/2020 | Abdul

Pada saat mobil berada di garasi atau diparkirkan di rumah tentu anggapan pengecekan bahan bakar tidak perlu dilakukan.  Padahal justru tangki bahan  bakar perlu diisi full tank atau penuh. Jadi terdapat dampak tangki BBM mobil kosong saat kendaraan didiamkan di rumah.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil berada di garasi depan rumah

Mobil tidak digunakan juga membutuhkan perhatian

>>> Lihat Juga, Mengetahui Waktu Virus Corona Bertahan Di Mobil, Ternyata Berbeda-Beda Lho!

Apalagi di masa pandemi virus corona kali ini, semua masyarakat untuk mengurangi segala aktivitas. Bahkan himbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja dilakukan dengan ketat. Hal tersebut terbukti dengan adanya aturan PSBB di beberapa wilayah, sehingga sobat yang ingin keluar rumah perlu menggunakan masker dan tetap jaga kebersihan.

Adapun mengenai alasannya dijelaskan oleh Boediarto selaku Head of After Sales & CS Operation PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pihaknya menyebutkan bahwa kondensasi dapat ditangkal dengan mengisi bahan bakar hingga penuh. Karena di dalam penampung tidak ada sisa ruang, jika sampai embun terbentuk maka dapat menurunkan kualitas bahan bakar.

"Kondensasi menimbulkan butiran-butiran air. Ini sebagai dampak dari pengembunan akibat udara terjebak di dalam tangki bahan bakar," ujar Boediarto dalam video conference, baru-baru ini.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan ilustrasi indikator bahan bakar pada mobil

Terdapat dampak tangki BBM kosong dalam waktu yang lama

>>> Baca Juga, Marak Pencurian, Berikut Cara Menyimpan Barang Yang Aman di Dalam Mobil

Pihaknya juga menyebutkan, adapun dampak tangki BBM mobil kosong cukup berbahaya yakni injector  yang tersumbat. Selain itu tangki bisa saja mengalami kebocoran karena endapan residu yang berada di bagian dasar tangki bahan bakar mobil.

"Jika kandungan air tinggi tangki bisa karatan dan keropos. Ini bisa menyebabkan tangki bocor," kata Boediarto.

Dampak tangki BBM mobil kosong selain beberapa hal di atas adalah kinerja dari mesin mobil mengalami gangguan karena bahan bakar yang digunakan terdapat kandungan airnya. Suplai bahan bakar yang menuju ke bagian injector juga mengalami gangguan sehingga imbasnya adalah pada mesin mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pengisian bahan bakar pada mobil

Isi bahan bakar sampai penuh jika mobil akan didiamkan cukup lama

Jadi sebaiknya mengisi bahan bakar hingga penuh saat berniat menempatkan mobil di garasi kendaraan dalam jangka yang panjang. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi dengan langkah tersebut menjadi salah satu langkah terciptanya ketenangan tentang kondisi mobil yang dimiliki.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang dampak tangki BBM mobil kosong. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.

  • 27/05/2020 | Abdul

    Beberapa Ciri Radiator Mobil Rusak Perlu Diwaspadai

    Radiator mobil mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin pada kendaraan. Pada radiator ini terdapat cairan yang berguna untuk mengontrol panas sehingga mesin tidak mudah mengalami kerusakan. Terdapat beberapa ciri radiator mobil rusak yang perlu diketahui.

  • 23/05/2020 | Fatchur Sag

    Ada Berbagai Pembatasan, Permintaan Home Service Suzuki Meningkat

    Berbagai pembatasan aktivitas dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan layaan Home Service Suzuki.