Dampak Buruk Sisa Makanan Yang Tidak Dibersihkan Pada Komponen Mobil

23/02/2019| Fatchur Sag

Kebersihan merupakan sebuah kebiasaan yang wajib dilakukan oleh semua orang. Apapun alasannya, menjaga kebersihan memang wajib hukumnya. Hal ini karena meskipun terdengar sepele namun dampak dari kebiasaan menjaga kebersihan ini akan sangat banyak dan tentunya sangat baik.

Foto interior mobil yang bersih dan terawat

Tak hanya eksteriornya yang perlu tampil menarik, interior mobil juga harus menarik dan bersih

Kebersihan bisa meliputi banyak hal. Baik kebersihan badan, pakaian makanan, tempat tinggal, berbagai peralatan yang biasa digunakan. Bahkan sampai dengan kebersihan mobil. Menjaga kebersihan mobil memang seperti hal yang tidak serius. Dan mungkin hal ini sering kali diabaikan oleh sebagian orang.

Menyimpan berbagai makanan di dalam mobil banyak dilakukan para pengendara karena ngemil menjadi kegiatan menyenangkan selama berkendara. Hal ini sah – sah saja, namun yang perlu diingat jangan sampai makanan yang membuat perut kenyang dan hati terhibur justru membuat mobil mengalami berbagai hal buruk.

>>> Biar Tak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini!

Alasan Mengapa Kebersihan Mobil Tidak Boleh Diabaikan

Menjaga kebersihan mobil sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi. Karena kebersihan mobil tentu menjadi cerminan kepribadian bagi si pemilik mobil itu sendiri. Lagi pula berada di dalam mobil yang kotor dan jorok tentu akan menimbulkan suasana yang tidak nyaman.

Sebenarnya kondisi mobil yang jorok atau kotor tak hanya akan membuat perasaan tidak nyaman saja, namun ternyata juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi beberapa komponen mobil.

  • Membuat Dashboard Dan Langit – langit Mobil Menjadi Kotor

Membiarkan sisa makanan berserakan di dalam mobil adalah hal yang harus Anda hindari. Sisa makanan tertentu bisa menempel pada dashboard, jok maupun bagian lain sehingga noda menjadi menempel. Selain membuat tampilan menjadi kusam, tentu juga akan membuat mobil terlihat tidak menarik.

Begitu juga dengan Anda yang memiliki kebiasaan merokok di dalam mobil, asap rokok akan membuat langit – langit mobil menjadi kusam dan susah dibersihkan.

  • Menimbulkan Bau yang Tidak Sedap

Beberapa jenis makanan tertentu jika sudah menjadi sisa dan tidak dibersihkan dalam waktu lama biasanya mampu memicu bau yang tidak sedap. Sehingga bau seperti ini bisa menyebabkan pengendara mobil menjadi kurang nyaman.

>>> 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Interior Mobil Tetap Seperti Baru Untuk Orang "Super Malas"

Foto sisa-sisa makanan dalam mobil

Jika tidak dibersihkan, sisa makanan bisa menimbulkan bau tidak sedap

  • Merangsang datangnya binatang-binatang kecil

Sisa makanan yang tidak dibersihkan bakal mengundang binatang-binatang kecil seperti semut, serangga, kecoa hingga kutu busuk. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa mengundang hewan pengerat seperti tikus. Bila sudah demikian, ada dikhawatirkan mobil akan jadi sarang binatang yang bisa mendatangkan bahaya lain seperti memakan kabel-kabel pada mesin.

  • Menyebabkan AC Menjadi Tidak Dingin

AC mobil tentu sangat penting karena bisa membuat pengendara nyaman ketika sedang berkendara dalam cuaca yang panas. Namun jika AC mengalami kebocoran atau rusak sudah pasti merupakan kendala yang merugikan. Karena mengganti AC mobil kadangkala membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Lalu apa hubungannya kebersihan mobil dengan AC? Ini dampak buruk sisa makanan dalam mobil yang tidak dibersihkan.

Tahukah Anda bahwa ternyata AC yang tidak dingin bisa disebabkan oleh kebiasaan tidak menjaga kebersihan mobil. Debu, kotoran, sisa makanan maupun asap rokok bisa saja menyumbat evaporator. Awalnya mungkin akan tercium bau yang tidak sedap dari AC, kemudian diikuti dengan AC yang tidak dingin. Akhirnya terjadi kebocoran AC dan membuat AC menjadi rusak.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto jok mobil kotor oleh makanan

Hati-hati, makanan bisa mengotori komponen mobil

Dari beberapa penjelasan yang telah disampaikan di atas, ternyata memang menjaga kebersihan mobil yang sepele bisa berimbas buruk pada beberapa komponen mobil. Jadi, mulai sekarang selalu jaga kebersihan mobil Anda.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International