Tips Memperbaiki Fog Lamp Pada Mobil Dengan Langkah Mudah

04/08/2018 Abdul Perawatan mobil

Pada Mobil terdapat beberapa komponen yang berfungsi untuk penerangan jalan dan juga sebagai tanda berbelok dan lainnya. Seperti misalnya lampu sein, headlamp, fog lamp dan lainnya. Bagian ini bisa saja mengalami kerusakan, oleh sebab itu perlu dilakukan pengecekan supaya tetap bekerja dengan semestinya. Memperbaiki fog lamp saat mengalami kerusakan bisa saja dilakukan di rumah.

Fog lamp merupakan salah satu bagian dari komponen pencahayaan yang dapat membantu pengendara saat melintasi jalanan berkabut atau ketika sedang turun hujan. Untuk memperbaiki fog lamp yang rusak bisa dilakukan dengan beberapa tips di bawah ini.

1. Cek secara visual

Dalam pengecekan ini bisa dilakukan dengan menyalakan lampu fog lamp kemudian diamati. Apakah nyala lampu mati sebelah atau keduanya tidak menyala sama sekali. Apabila hanya mati sebelah maka bisa melakukan pemeriksaan dengan membukanya dari belakang. Akan tetapi jika keduanya mati maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada indikator terlebih dahulu. Apakah indikator fog lamp yang letaknya di dashboard menyala atau tidak.

Gambar ini menunjukkan lampu utama pada Mobil warns putih dan lampu Fog Lamp yang menyala

Lampu Fog lamp dapat menembus kabut ataupun saat hujan lebat

Jadi pada saat indikator menyala maka dapat dilakukan pemeriksaan pada bohlamp lampunya, mungkin putus. Namun jika indikator tidak menyala, maka pemeriksaan dilakukan pada bagian wiring atau switch dari baterai. Namun beberapa kasus yang terjadi adalah lampu fog lamp gosong atau bisa juga reflektor yang meleleh, hal ini bisa dikarenakan penggunaannya yang kurang tepat. Seperti misalnya menyalakan lampu fog lamp terus menerus yang digunakan untuk mengganti lampu utama sebagai penerangan jalan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terlengkap di Cintamobil.com

2. Memeriksa kabel atau wiring

Selanjutnya dalam memperbaiki fog lamp yang rusak adalah melakukan pemeriksaan pada bagian wiring. Dalam hal ini dapat dilakukan mulai dari bagian kotak sekering ataupun fuse box. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari relay dari fog lamp dan mencabutnya. Dilanjutkan dengan melakukan jumper pada terminal 30 dan 87. Jika kondisi lampu tidak putus, maka saat dilakukan jumper maka fog lamp akan menyala.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegan beberapa kabel  yang terdapat pada bagian depan kendaraan

Memeriksa kabel atau wiring diperlukan saat terjadi masalah pada fog lamp

Untuk pengecekan selanjutnya pada bagian socket fog lamp dengan menggunakan test lamp. Periksalah apakah tegangan sampai pada fog lamp atau tidak. Apabila ternyata sampai berarti tidak ada masalah pada bagian kabel ataupun wiring. Namun jika ternyata tidak sampai berarti perlu dilakukan pemeriksaan lagi pada kabel dari relay yang terhubung pada masing-masing lampu fog lamp.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo,com

3. Mengecek Switch

Gambar ini menunjukkan switch pada mobil yang biasanya terletak pada kemudi

Pemeriksaan kondisi switch dapat dilakukan menggunakan testlamp pada terminal 85 dan 86

Selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada switch yang dapat dilakukan dengan mudah. Caranya masih menggunakan test lamp, yakni hanya menghubungkannya pada terminal 85 dan 86 yang terdapat pada socket relay fog lamp. Dalam tahapan ini dalam keadaan fog lamp dihidupkan. Apabila test lamp ternyata menyala maka kondisinya switch masih bagus, namun jika tidak maka bisa jadi ada masalah.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

4. Memeriksa kondisi relay

Apabila kondisi terminal 30 dan 87 masih normal maka lampu fog lamp akan menyala. Namun saat melakukan pengetesan menggunakan test lamp pada arus 85 dan juga 86 menyala, maka bisa jadi kerusakan pada bagian relaynya. Jika sudah begitu, maka memeriksa relay perlu dilakukan yang letaknya di kotak sekering.

Gambar ini menunjukkan 6 relay warna putih yang terdapat pada Mobil dan terdapat obeng plus

Kondisi relay yang tidak baik juga memperngaruhi kinerja dari fog lamp

>>> Mungkin tertarik, Cuaca Panas Melanda, 10 Penyebab Mobil Terbakar Tiba-Tiba

5. Memeriksa fuse

Apabila sekering atau fuse putus, itu merupakan tanda bahwa telah terjadi hubungan arus pendek. Solusinya bisa dilakukan pergantian dengan yang baru sesuai standar. Namun jika sudah diganti tapi masih putus, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada kabel yang mengarah pada bagian beban. Bisa saja ada hubungan arus pendek pada perkabelan yang menjadi penyebab sekering sering putus.

Gambar ini menunjukkan kotak sekering pada Mobil dan terdapat beberapa fuse di dalamnya

Fuse atau sekering putus bisa menandakan adanya hubungan arus pendek pada kendaraan

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan tapi tidak masalah. Namun lampu fog lamp masih saja putus, maka bisa saja masalah terjadi karena spesifikasi bohlamp yang berlebihan. Dengan begitu beban lampu akan lebih besar yang berakibat masalah pada bagian fuse.

Demikianlah tips memperbaiki fog lamp yang rusak dengan beberapa pengecekan dan pergantian. Jika dirasa terlalu ribet, maka bisa membawanya ke bengkel terdekat. Dengan begitu tinggal ngopi dan lampu fog lamp yang rusak dapat teratasi.

Mungkin anda ingin baca