Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

20/10/2020| Abdul

Mobil mempunyai banyak komponen di dalamnya, salah satunya adalah priming pump pada mesin diesel. Priming pump disebut juga dengan nama fuel supply pump atau feed pump. Yang mana komponen tersebut menjadi penyusun sistem bahan bakar untuk mobil yang menggunakan mesin diesel.

Terdapat alasan mengapa komponen tersebut disebut priming yakni karena fungsinya sebagai penyedia bahan bakar kemudian diteruskan ke bagian injection pump (pompa injeksi). Komponen yang kita bahas kali ini mempunyai 2 jenis yang disesuaikan dengan tipe dari pompa injeksi yakni tipe in-line dan distributor.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi pada 2 jenis priming pump

Ada 2 jenis priming pump terganting tipe pompa injeksi

>>> Baca Juga, Ini 3 Keuntungan Jika Menggunakan Armada Pick Up Bermesin Diesel

Berikut ini merupakan informasi mengenai fungsi priming pump pada mesin diesel dan juga cara kerjanya.

Fungsi Komponen Priming Pump

Pembahasan pertama adalah terkait tentang fungsinya, yang mana tugasnya adalah untuk mengambil bahan bakar ditangkap dan disalurkan ke bagian pompa injeksi. Namun sebelum penyaluran dilakukan terlebih dahulu bahan bakar disaring melalui filter solar.

Untuk letak dari priming pump adalah pada pompa injeksi yang untuk kerjanya dibantu oleh tenaga yang dihasilkan oleh camshaft (poros nok). Tidak hanya bisa mengambil bahan bakar saja, namun komponen tersebut juga dapat menghilangkan udara pada sistem bahan bakar yang tidak diperlukan.

Pada saat terjadi masalah pada bagian pompa injeksi maka hal tersebut diperlukan. Namun bila priming pump fungsinya terganggu maka bisa menjadi penyebab mobil mendadak mati. Walaupun tampak serupa, namun komponen priming pump pada mesin diesel tidaklah tergantikan. Alasannya adalah untuk komponen pompa injeksi tidak dapat melakukan pengisian cukup pada ruang bahan bakar ketika mobil dikemudikan dalam kecepatan yang tinggi.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil diesel

Banyak komponen penting yang terdapat pada mesin diesel

>>> Baca Juga, Mesin Diesel Ngebul Asap Warna Putih Atau Biru? Ini Penyebabnya

Komponen Priming Pump

Jadi priming pump memiliki beberapa komponen khusus yang menyusunnya sehingga dapat melakukan kinerjanya dengan optimal. Komponen apa saja itu?

1. Priming Pump Piston

Komponen pertama yang Menyusun priming pump adalah torak atau piston. Dengan mengandalkan komponen ini membuatnya dapat menyedot bahan bakar yang berada di tangki. Fungsi dari piston sendiri adalah untuk memberikan tekanan udara di bagian tangki penyimpanan sehingga masuk dalam kondisi vakum kemudian bahan bakar bisa disedot masuk.

2. Check valve

Fungsi komponen ini adalah sebagai alat untuk mencegah tekanan dari arah berlawanan yang bisa beresiko membuat aliran balik atau blackflow.

3. Filter Solar

Fungsi filter solar adalah untuk  menyaring bahan bakar sebelum menyalurkannya ke pompa injeksi. Jadi bahan bakar yang masuk dalam kondisi bersih.

Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel

Masuk pembahasan cara kerjanya, untuk mekanismenya masih memakai konvensional dan perlu tenaga manusia. Jadi priming pump dapat melakukan kinerjanya ketikan tekanan diberikan pada pump handle dan priming pump meresponnya. Pada saat pump handle ditekan maka akan terjadi penurunan pada diafragma sistem bahan bakar.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan priming pump yang terdapat pada mesin diesel

Priming pump berada di bagian pompa injeksi

Kemudian bahan bakar dapat mengalir karena outlet check valve dalam kondisi terbuka. Namun pada sisi lain aliran listriknya dicegah dengan menutup inlet valve. Begitupun saat handle pump dilepas maka diafragma akan bergerak dan kembali ke tempatnya sehingga kondisi tersebut jadi vakum. Pada bagian outlet check valve juga kembali tertutup  dan inlet valve jadi terbuka serta ruang pompa injeksi akan dimasuki oleh bahan bakar.

Dengan melihat beberapa penjelasan diatas disebutkan bahwa fungsi priming pump pada mesin diesel terbilang sangat vital. Jika tidak ada komponen tersebut maka bahan bakar tidak akan memenuhi ruang pompa injeksi pada saat mobil melaju dengan kecepatan yang tinggi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International