Beragam Pelapis Jok Mobil, Ini Yang Terbaik

20/08/2019| Fatchur Sag

Bukan bentuk dan isi dalamnya saja yang beragam, bagian pelapis jok mobil juga ada berbeda-beda macamnya. Menurut salah satu spesialis, ada empat macam pelapis jok mobil dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Foto jok mobil dengan pelapis warna hitam dengan aksen biru putih

Tak sekadar estetika, pelapis jok mobil juga berkaitan dengan kenyamanan

Menurut Business Development Manager Lederlux Synthetic Leather, Yussanto, saat ini bahan pelapis jok yang paling banyak digunakan ada empat, yaitu Kain atau Fabric, Vinyl atau PVC alias sintetis, Microfiber atau Nano Leather, dan Original leather atau kulit asli.

"Pertama, pelapis jok yang berbahan dasar wool atau benang, yang sering disebut fabric atau kain. Kedua, yang berbahan dasar PVC atau vinyl, yang sering disebut kulit sintetis," kata Yussanto, seperti dikutip dari Kompas, (14/8/2019). "Pelapis jok dengan bahan kualitas yang terbaik ini juga biasanya disebut original leather atau kulit asli," lanjutnya.

Kain atau Fabric terbuat dari bahan dasar berupa wool atau benang. Harganya yang murah serta nyaman dipakai membuatnya cukup digemari. Kekurangannya pelapis jok mobil dari bahan ini kain atau fabric mudah kotor dan tidak cepat kering saat terkena tumpahan air.

>>> Jangan Sepelekan, Penumpang Di Kursi Belakang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Foto kursi baris kedua Wuling Confero S

Jok mobil dari bahan fabric lebih mudah kotor

Vinyl atau sintetis punya tampilan seperti kulit, tapi bukan kulit. Bisa disebut juga kulit palsu. Secara penampilan sih oke terlihat lebih mewah dibanding yang dari kain, tapi dari sisi kenyamanan jelas beda jauh dengan dibanding kulit asli.

Microfiber atau Nano Leather, bahan ini sedang ngetren dipakai buat pelapis jok mobil. Terletak di tengah-tengah antara bahan sintetis dan kulit asli. Sebagai gambaran jika sintetis campuran plastiknya jauh lebih besar daripada kulit, microfiber sebaliknya. Campuran kulitnya lebih banyak ketimbang plastiknya.

Original leather atau kulit asli. Nomor empat ini adalah bahan pelapis jok terbaik dan paling berkualitas. Selain paling nyaman, jok berbahan kulis juga paling eksklusif. Umumnya hanya mobil-mobil kelas premium yang menggunakan pelapis jok ini karena harganya memang paling mahal.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto pelapis jok mobil berbahan kulit

Pelapis jok original leather paling mewah, nyaman dan mahal

Meski menyandang status pelapis jok mobil terbaik, original leather juga punya kekurangan. Yaitu tidak begitu kuat terhadap sinar UV matahari langsung. Disarankan bagi pemilik mobil dengan bahan pelapis jok ini untuk tidak parkir di tempat terbuka saat matahari sedang terik. Itu adalah cara paling sederhana menjaga jok kulit agar tetap awet.

"Untuk kulit asli, ini adalah bahan yang paling nyaman dibandingkan dengan bahan lain, yang sering digunakan juga di mobil-mobil premium. Akan tetapi, kurang kuat terhadap sinar ultraviolet yang bersumber dari matahari langsung," kata Yussanto.

Semua pelapis jok mobil dengan bahan-bahan tersebut di atas banyak dijual di pasaran. Bagi pemilik mobil yang kurang suka dengan pelapis jok bawaan pabrik bisa menggantinya menyesuaikan keinginan dan budget yang dimiliki.

>>> Merawat Jok Kulit Dengan Bahan Ini Bisa Bikin Awet Dan Tahan Lama

Foto seorang sales cover jok mobil sedang memberikan penjelasan kepada pengunjung

Ada banyak jenis pelapis jok mobil dijual di pasaran

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International