Beragam Jenis Headlamp Mobil dan Keunggulan yang Dimiliki

10/12/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Fungsionalitas headlamp tidak hanya menunjang estetika dan bikin mobil tampil menarik, lebih dari itu adalah untuk keselamatan pengendara dan penumpang. Beda jenis headlamp, beda pula intensitas cahaya yang dihasilkan. Jadi, sebaiknya ketahui dan pahami jenis headlamp dan keunggulannya sebelum Anda memutuskan untuk meng-upgrade.

Lampu merupakan komponen penting dalam sebuah mobil yang berfungsi untuk menerangi jalan. Lampu ini terdiri dari headlamp dan foglamp. Headlamp yang merupakan lampu utama ini memiliki peran yang cukup vital yang mempengaruhi intensitas cahaya / penerangan yang dihasilkan. Untuk mendapatkan headlamp dengan spesifikasi terbaik, sebaiknya kenali berbagai jenis headlamp dan keunggulannya. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai jenis - jenis headlamp mobil, antara lain :

1. Headlamp Halogen

Headlamp dengan jenis halogen ini merupakan yang paling sering Anda temukan digunakan pada berbagai jenis dan tipe mobil. Lampu halogen ini bekerja seperti halnya lampu pijar yang menggunakan filamen. Pada mobil, filamen ini dioperasikan dengan suhu yang lebih tinggi, sehingga cahaya yang dipancarkan juga lebih terang dan memiliki suhu warna yang lebih tinggi dibandingkan lampu pijar biasa. Lampu halogen yang digunakan sebagai headlamp mobil memiliki daya antara 35 - 55 watt.

Gambar Lampu Halogen pada mobil

Lampu halogen paling banyak digunakan pada berbagai jenis mobil

Kelebihan / keunggulan yang dimiliki headlamp jenis halogen ini adalah perawatan yang cukup mudah dan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan headlamp mobil jenis lain. Selain itu, bila dibandingkan dengan headlamp LED (Light Emitting Diodes), dari segi penerangan, pada jarak pandang yang sama, lampu halogen memiliki penerangan dan fokus yang lebih baik daripada lampu LED.

>>> Lampu Depan Mobil Dan Pengaruhnya Terhadap Penampilan

2. Headlamp High Intensity Discharge (HID)

Setelah halogen, Anda perlu untuk kenali berbagai jenis headlamp dan keunggulannya selanjutnya. Jenis kedua adalah High Intensity Discharge (HID) Tidak sama dengan halogen, headlamp HID ini tidak memiliki filamen. Headlamp HID bekerja dengan menggunakan pengapian gas Xenon yang terdapat dalam tabung. Lampu HID (High Intensity Discharge) umumnya memiliki daya sebesar 35 watt. Untuk pemasangan atau penggantian lampu HID ini cukup rumit. Selain menggunakan arus listrik yang berbeda, headlamp jenis ini memerlukan ballast untuk penyeimbangnya.

Foto lampu HID Xenon

Intensitas cahaya headlamp HID lebih terang dibanding halogen

Lampu High Intensity Discharge (HID) ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya intensitas cahaya yang dimiliki. Headlamp HID memiliki intensitas cahaya yang lebih terang dibandingkan dengan headlamp halogen, tanpa memerlukan daya yang lebih tinggi. Selain itu headlamp mobil jenis ini memiliki ketahanan yang lebih lama, sehingga tidak memerlukan penggantian yang sering.

>>> Mengenang 10 Desain Pop Up Headlamp Terbaik Sepanjang Sejarah

3. Headlamp Light Emitting Diodes (LED)

Jenis headlamp mobil yang selanjutnya adalah LED (Light Emitting Diodes). Pada awalnya lampu LED ini lebih banyak digunakan sebagai lampu rem ataupun lampu pada plat nomor. Tetapi kini telah banyak mobil yang menggunakan teknologi lampu LED untuk lampu utama (headlamp) pada mobil. Untuk pemasangan dan penggantiannya, lampu LED tidak memerlukan ballast seperti halnya lampu HID, tetapi tetap memerlukan tambahan conversion kit yang biasanya tersedia dalam satu paket saat pembelian.

Foto lampu LED untuk headlamp mobil

Selain hemat listrik, headlamp LED bikin penampilan makin keren

Kelebihan dari headlamp LED dibandingkan dengan jenis headlamp yang lain adalah penggunaan daya yang lebih hemat. LED dengan daya 20 watt memiliki pencahayaan yang cukup setara dengan lampu halogen dengan daya 35 watt. Sehingga penggunaan lampu LED ini akan lebih awet dibandingkan lampu halogen ataupun HID. Lampu LED ini memiliki beberapa jenis, antara lain : LED Lumiled, LED Cree, hingga LED Chip on Board (COB) yang masing - masing memiliki spesifikasi dan penggunaannya sendiri - sendiri.

Jadi sebelum Anda menentukan pilihan mobil Anda, tidak ada salahnya bila Anda lebih dulu kenali berbagai jenis headlamp dan keunggulannya untuk membantu Anda memilih mobil mana yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang

    02/01/2019

    Masih ada beberapa hal yang masih diperdebatkan soal penggunaan knalpot racing pada mobil, terutama mobil penumpang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mobil keluarga. Apakah bikin boros BBM, atau mungkin meningkatkan performa kendaraan. Simak ulasan berikut!

  • Abu Vulkanik Dan Dampaknya Terhadap Bodi Mobil
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Abu Vulkanik Dan Dampaknya Terhadap Bodi Mobil

    30/12/2018

    Gunung Anak Krakatau kembali aktif pasca bencana tsunami Selat Sunda beberapa hari lalu, menyebarkan abu vulkanik hingga sampai ke daerah pemukiman. Layak dicermati bagi pemilik mobil apa dampak buruk abu vulkanik ini dan bagaimana cara membersihkannya.

  • Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!

    26/12/2018

    Mobil dengan desain - desain terkini banyak menggunakan fitur sunroof, di mana menghasilkan tampilan mobil yang jauh lebih berkelas dibandingkan dengan atap mobil biasanya. Hal ini dapat menjadi salah satu daya tarik bagi calon pembeli. Tetapi banyak pula yang mempertanyakan benarkah sunroof bisa meledak.