Mengenang 10 Desain Pop Up Headlamp Terbaik Sepanjang Sejarah

14/07/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Pop up headlamp tidak hanya menjadi desain yang menemani kendaraan bermoncong tipis, tapi desain pop up headlamp terbaik berikut juga menandai budaya dan tren otomotif kisaran tahun 1980-an hingga 1990-an.

Lampu depan retractable atau pop up headlamp mengalami ledakan popularitas pada 1980-an dan 1990-an sebagai cara untuk memberikan estetika aerodinamis nan sporty di bagian depan. Sayangnya, mereka menghilang di pameran-pameran otomotif saat ini. Untuk mengenang desain ‘kekinian’ anak 80an, Mobilmo berikan desain pop up headlamp terbaik sepanjang sejarah.

1. Alfa Romeo Montreal

Begini transisi ‘kedipan mata’ khas Alfa Romeo Montreal

 

Meskipun bukan lampu pop up, desain yang keren menjadi salah satu alasan Montreal masuk daftar ini. Selama pengemudian normal, Montreal memiliki panel louvered yang menutupi bagian atas lampu depan dan membuat coupe ini seperti memiliki bulu mata. Namun ketika menyalakan lampu, potongan-potongan ini mengarah ke bawah lampu sehingga menghasilkan mesin yang tampak berkedip ketika lampu menyala.

2. BMW M1

Gambar yang menunjukan mobil lama BMW M1 yang memiliki lampu pop up

BMW M1 yang didesain oleh si 'Bapak pop up headlamp ' Giorgetto Giurgiaro

Perancang otomotif terkenal Giorgetto Giugiaro sering terlibat proyek mobil sport rendah yang melengkung dan terkadang menggunakan pop up headlamp untuk menghadirkan hidung runcing yang terlihat sangat aerodinamis. Seperti pada lampu pop up BMW M1 yang memberikan desain hidung rendah yang siap mengiris udara.

3. Ferrari Testarossa

Gambar yang menunjukan mobil lama Ferrari Terrarosa yang memiliki lampu pop up

Ferrari Testarossa yang dikenal sebagai tunggangan Sonny Crockett di Miami Vice

Ferrari menghabiskan puluhan tahun menggunakan lampu pop up sebagai fitur yang menandai bagian depan kendaraan dari tahun 70an dengan Ferrari 365 GTB/ 4 Daytona hingga akhir 90an dengan 456M. Bagi anak-anak gaul Amerika pada akhir 80an, tidak ada yang lebih keren daripada Ferrari Testarossa yang dikendarai oleh Sonny Crockett pada Miami Vice.

4. Ford Probe

Gambar yang menunjukan mobil lama Ferrari Terrarosa yang memiliki lampu pop up

Kendaraan dengan lampu pop up terjangkau, Ford Probe

Tidak harus membeli mobil sport mahal (saat itu) untuk mendapatkan lampu pop up, contohnya pada Ford Probe. Produk bahu membahu Ford dan Mazda merupakan model generasi pertama yang hampir saja menggantikan Mustang. Probe merupakan senjata Ford menghadapi coupe sport drive saat itu, seperti Honda Prelude, Mitsubishi Eclipse, dan Toyota Celica.

>>> Ingin membeli Ford lawas? Dapatkan informasinya di sini

5. Lamborghini Countach

Gambar yang menunjukan mobil lama Ford Probe yang memiliki lampu pop up

Lampu pop up sudah menjadi ikon Lamborghini Countach

Sulit untuk membayangkan Lamborghini Countach terlihat tanpa adanya lampu pop up yang menjadi ikon tampilan supercar ini. Dari mobil konsep pada 1971, versi produksi yang dimodifikasi pada tahun 1974, hingga produksi sampai 1990, lampu pop up selalu menjadi pendamping yang setia dalam setiap perubahan Countach.

6. Lotus Esprit

Gambar yang menunjukan mobil lama Lotus Esprit yang memiliki lampu pop up

Tampilan tajam nan sporty Lotus Esprit

Awalnya (kembali) dirancang oleh Giugiario dengan kombinasi wedge dan lampu pop up, Lotus Esprit mendapatkan perubahan style dari Peter Stevens pada tahun 1987. Hasilnya seperti pada gambar, mempertahankan tampilan tajam dan lampu tersembunyi.

>>> Skandal otomotif terbesar yang mengguncang dunia, bagian 1

7. Mazda MX-5 Miata

Gambar yang menunjukan mobil lama Mazda MX-5 Miata yang memiliki lampu pop up

Desain pop up headlamp dari MX-5 Miata

Dari semua kendaraan yang ada di daftar ini, Miata generasi pertama yang dikenal sebagai NA merupakan model dengan lampu pop up pertama yang Anda lihat di jalanan hari ini. mereka cukup terjangkau dan terbukti cukup diandalkan. Ditambah, ada dukungan aftermarket besar yang memungkinkan roadster kecil ini berada di jalan selama bertahun-tahun ke depan.

8. Porsche 944

Gambar yang menunjukan mobil lama Toyota Celica yang memiliki lampu pop up

Porsche tak ketinggalan menampilkan versi pop up dalam Porsche 944

Pabrikan asal Jerman ini turut serta dalam mode lampu depan pop up juga. Dari model 924 yang rendah hingga produksi terbatas 930 dengan opsi slantnose, 944 merupakan model tahun 1982 dan diproduksi hingga 1991. Perusahaan selalu menjaga penyegaran melalui beberapa upgrade, termasuk memasang perpindahan mesin yang lebih besar dan meluncurkan versi turbocharged.

>>> Beragam informasi unik dan terpercaya dari pasar mobil hanya di Mobilmo

9. Toyota Celica

Foto Toyota Celica jalan raya dan versi balap

Desain pop up pada generasi kelima Toyota Celica

Generasi pertama Toyota Celica yang mengudara pada 1970 sebagai coupe sport kecil memiliki garis mirip Mustang. Para desainer Toyota lalu mengikuti tren kontemporer dan memberikan bentuk lampu pop up pada 1980-an. Tapi semua itu berbuah untuk model tahun 1994 ketika generasi keenam Celica berubah menjadi empat lampu melingkar untuk bagian depan.

10. Volvo 480

Begini desain pop up headlamp pada Volvo 480

Termasuk desain pop up aneh, Volvo 480 adalah merek Swedia yang masuk ke segmen kompak Eropa pada 1986 dan bertahan hingga 1995. Meskipun ada banyak ruang untuk lampu utama, desainer Volvo memutuskan untuk menambahkan lampu pop up yang menampilkan desain hidung yang terlihat membingungkan.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif terbaru hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca