Beberapa Tanda Mobil Perlu Diservis Penting Untuk Diketahui

13/07/2020| Abdul

Selalu pastikan bahwa kamu rutin melakukan servis berkala. Hal ini dapat dilihat melalui buku manual yang memberikan informasi penting mengenai kendaraan yang dimiliki, termasuk juga imbauan untuk melakukan servis. Bahkan saat ini sejumlah showroom penjualan mobil juga selalu mendukung dan mengingatkan jadwal servis konsumennya, baik melalui sambungan telepon atau melalui pesan singkat. Bahkan terdapat tanda mobil perlu diservis yang penting untuk diketahui.

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik sedang melihat mesin mobil

Jangan lewatkan untuk melakukan servis berkala agar mobil tetap prima

Meski sudah diingatkan seperti itu  namun konsumen masih saja lalai untuk pergi ke bengkel walau hanya sekadar servis. Sejumlah alasan pun dibuat-buat seperti waktu yang padat atau tidak punya waktu. Nah, jika mobil kamu sudah menunjukkan tanda-tanda seperti di bawah ini, segeralah membawa mobil ke bengkel terdekat supaya bisa langsung ditangani oleh ahlinya, seperti kami kutip dari berbagai sumber.

>>> Baca Juga, Lebih Dari 2000 Dokter Dapat Servis Gratis Dari Honda

Tanda Mobil Perlu Diservis Untuk Segera Dirawat

1. Suara Mobil Jadi Bising

Suara mobil yang tidak terdengar seperti biasanya (bising) bisa jadi tanda bahwa kendaraan butuh diservis. Selain membuat kegiatan mengemudi terganggu, hal tersebut jika tidak segera ditangani dapat merusak mesin dan komponen-komponen di sekitarnya. Penyebab masalah paling umum bisa jadi karena oli atau terdapat benda asing yang masuk dalam mesin.

Gambar ini menunjukkan seorang pengendara memegang kemudi mobil

Suara yang muncul pada mesin mobil dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara

2. AC Yang Bermasalah

AC bermasalah kemungkinan karena air yang berada di dalam radiator berkurang atau habis. Segeralah melakukan servis jika AC di dalam kabin sudah tidak berfungsi normal, karena sama seperti mesin yang bising, jika dibiarkan terus-menerus maka akan mengalami kerusakan komponen sekitar.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Mobil Yang Sulit Dinyalakan

Salah satu tanda kerusakan pada kendaraan yaitu mobil yang tidak mau menyala meski sudah distarter beberapa kali, ada baiknya langsung membawa mobil ke bengkel untuk segera ditangani. Sebagai informasi, jangan lakukan starter lebih dari tiga kali karena dapat membuat komponen kelistrikan bermasalah. Selain itu, jika cara ini terus dibiarkan bisa saja mesin kendaraan tiba-tiba mati di jalan. Sangat berbahaya.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan pegang kemudi dan menyalakan mesin mobil

Serahkan pada ahlinya bila mesin mobil susah untuk distarter

4. Asap Knalpot Yang Berubah

Tanda mobil perlu diservis selanjutnya yaitu warna asap knalpot yang berubah menjadi putih atau hitam kepekatan tinggi. Asap berwarna putih mengindikasikan bahwa oli masuk ke ruangan pembakaran secara berlebihan. Sedangkan jika berwarna hitam maka disebabkan oleh proses pembakaran yang tidak maksimal.

>>> Baca Juga, Mobil Matic Kebanjiran, Cukup 3 Hal Ini Yang Boleh Dilakukan Pemilik

5. Mobil Yang Semakin Boros Bahan Bakar

Selanjutnya yaitu bahan bakar yang boros. Sebagai contoh, jika kamu biasanya melakukan pengisian bahan bakar yang habis seminggu untuk ukuran puluhan kilometer, kini terasa lebih cepat habis dengan 4 hari saja. Hal ini mengindikasikan bahwa ada kerusakan pada mobil kamu.

Gambar ini menunjukkan indikator bahan bakar pada mobil

Saat konsumsi bahan bakar lebih boros menjadi tanda perlu servis mobil

6. Mobil Yang Overheating

Overheating jadi rahasia umum kalau mobil sedang tidak baik-baik saja. Bisa jadi disebabkan oleh oli yang belum diganti atau penggunaan/konsumsi mobil yang berlebihan. Untuk itu, cobalah mengganti oli dan sering mengistirahatkan mesin mobil. Namun jika tidak terjadi perubahan, segeralah membawanya ke bengkel terdekat.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

7. Cairan Oli Atau Minyak Yang Keluar Mesin

Ini merupakan keniscayaan, karena setiap cairan oli atau minyak yang keluar dari mesin mobil menandakan bahwa ada kerusakan atau kebocoran pada mobil.

Gambar ini menunjukkan oli di lantai dan bagian kolong mobil

Kebocoran oli menandakan ada masalah pada mesin mobil

8. Mobil Yang Bergetar

Segeralah bawa mobil kamu ke bengkel jika terjadi getaran atau gerakan yang tidak normal, bisa jadi ada yang salah dengan kinerja mesin dan harus segera ditangani agar kerusakan tidak bertambah parah.

Itulah artikel tanda mobil perlu diservis. Meski sudah dijelaskan gejala kerusakan pada mobil, namun lebih baik untuk melakukan servis mobil rutin ya, karena lebih mencegah daripada membawa ke bengkel.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    05/08/2020| Abdul

    Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    Bumper mobil memiliki beragam fungsi dan terdapat beberapa jenis dengan bahan berbeda. Bumper mobil merupakan salah satu komponen mobil yang kerap kali rusak karena tersenggol batu atau aspal saat melewati jalan yang rusak. Jika begitu maka memperbaiki bumper mobil rusak perlu dilakukan.

  • Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    29/07/2020| Fatchur Sag

    Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment masih berlaku di seluruh diler Suzuki untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pelanggan yang berkunjung.

  • Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    14/07/2020| Abdul

    Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    Asuransi merupakan lembaga yang menjaga dan melindungi nilai suatu kendaraan jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang berlaku. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini asuransi seperti menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh seseorang. Apalagi resiko mobil terbakar karena kejahatan bisa saja terjadi.

International