Mengetahui Fungsi Wiper Dan Washer Beserta Cara Kerjanya

12/03/2019 Abdul Perawatan mobil

Terdapat banyak komponen pada kendaraan yang mempunyai fungsi masing-masing. Seperti pada wiper dan washer yang posisinya berada di depan pengemudi di dekat kaca. Komponen ini terbilang cukup penting karena berhubungan dengan keselamatan berkendara. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya 2 komponen tersebut dapat menjaga pandangan terhadap jalan tetap dalam kondisi baik.

Adapun cara kerja dari wiper dan washer juga mengandalkan daya listrik supaya dapat bekerja. Dengan begitu komponen tersebut juga masuk dalam sistem kelistrikan pada kendaraan. Untuk fungsi dari wiper adalah untuk membersihkan kaca depan mobil dan di bagian belakang pada beberapa kendaraan yang memilikinya. Pembersihan ini dimaksudkan agar kotoran, minyak, debu, air hujan serta lainnya yang menempel pada kaca dapat dihilangkan.

Gambar ini menunjukkan wiper mobil dan air wisher yang sedang menyemprot

Wiper dan washer mempunyai tugas yang saling berhubungan

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

Kita bisa membayangkan bila tidak ada wiper, tentunya saat ada air hujan akan mengembun pada kaca mobil. Begitu juga saat terdapat kotoran, maka lama-kelamaan jadi menempel pada kaca sehingga jadi sulit untuk dihilangkan. Alhasil pandangan jadi terhalang sehingga menimbulkan resiko terjadi kecelakaan.

Pada umumnya untuk kinerja dari wiper sendiri terbagi jadi 2 berdasarkan kecepatan yang berupa low speed atau kecepatan lambat dan high speed atau kecepatan tinggi. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman semuanya telah mengalami peningkatan. Yang mana untuk kinerjanya telah menggunakan intermittent, jadi terdapat interval waktu tertentu dalam kinerjanya. Sebagai contoh saat berada pada posisi intermitten, maka setiap 10 detik atau 15 detik wiper akan bekerja secara otomatis (waktunya biasanya diatur oleh relay).

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Selanjutnya adalah fungsi washer, yang mana kinerjanya adalah untuk membantu wiper. Jadi tugasnya adalah menyemprotkan cairan pembersih pada kaca mobil. Dengan begitu kotoran yang menempel pada kaca mobil akan dapat hilang dengan lebih mudah. Untuk lokasinya berada di bagian depan dan belakang pada beberapa tipe kendaraan. Seperti yang kita ketahui, bahwa tidak semua kotoran dapat hilang hanya menyapunya saja. Akan tetapi juga perlu disiram dengan menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan oleh washer. Melihat hal tersebut fungsi wiper dan washer sangatlah dibutuhkan.

Gambar ini menunjukkan kaca mobil dan wiper dalam kondisi basah

Wiper mobil sangat berguna bagi pengemudi terutama di musim hujan

Tidak hanya itu saja fungsi dari washer pada mobil. Dengan adanya komponen tersebut menjadikan kinerja dari wiper jadi lebih ringan dan hasil yang didapat juga lebih bersih. Biasanya terdapat cairan khusus washer yang dijual dipasaran untuk hasil yang maksimal, selain membersihkan kotoran dan lainnya juga bisa mencegah datangnya kembali kotoran ke bagian kaca mobil.

>>> Ingin Berkendara Saat Hujan Deras? Jangan Nekat, Perhatikan Dulu Tipsnya Supaya Aman

Untuk cara mengoperasikan washer adalah dengan menarik atau menekan saklar wiper tergantung mobilnya. Bahkan di zaman sekarang sudah ada yang namanya interlock, sehingga saat air washer disemprotkan maka secara otomatis wiper akan bekerja dan mengusapnya dalam satu gerakan. Sehingga semuanya lebih dipermudah karena perkembangan teknologi yang semakin maju.

Sebagai tambahan informasi, wiper dan washer terdiri dari beberapa komponen yang membuatnya bekerja. Untuk komponen yang terdapat pada wiper adalah motor wiper, wiper arm, wiper blade dan saklar wiper. Sedangkan komponen pada washer meliputi motor washer, nozzle penyemprot, tangki tampungan cairan, dan saklar washer.

>>> Lihat Juga, Musim Hujan, Kenali Berbagai Jenis Wiper Mobil

Gambar ini menunjukkan air wisher disemprotkan pada kaca mobil

Air washer membantu membersihkan kaca mobil

Perawatan juga dibutuhkan pada bagian ini, karena jika tidak kinerjanya jadi kurang maksimal. Begitu juga pada cairan yang digunakan sebaiknya sesuai rekomendasi pihak pabrikan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi wiper dan washer beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca