Beberapa Ciri Radiator Mobil Rusak Perlu Diwaspadai

27/05/2020| Abdul

Adapun definisi radiator mobil rusak seperti mengalami kebocoran atau di dalam radiator terdapat sumbatan. Berikut ini merupakan beberapa ciri radiator mobil rusak yang perlu diketahui dilansir dari laman ToyotaConnect:

1. Mesin Mengalami Overheat

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik dan wanita di dekat mobil berasap

Mesin overheat bisa menyebabkan biaya perbaikan jadi besar

Overheat merupakan suatu kondisi yang dimana mesin kendaraan mengalami panas yang berlebih. Biasanya hal ini terjadi ketika radiator mengalami kerusakan  yang parah. Hal tersebut terjadi dikarenakan pemilik tidak melakukan pengecekan pada radiator mobil. Umumnya kipas radiator tidak bekerja atau telah habis cairan radiatornya.

Jadi radiator mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting terutama pada sistem pendinginan mesin. Karena dengan komponen ini panas mesin dilepaskan ke udara. Jadi pada saat suhu mesin terlampau panas dan berada pada level merah, hal tersebut bisa disebabkan oleh radiator mobil yang rusak.

>>> Baca juga: Ternyata Membedakan Jenis Oli Transmisi Matik Bisa Melalui Dipstick

2. Cairan Radiator Kehabisan

Gambar ini menunjukkan pengisian cairan radiator mobil

Cairan radiator mobil tidak boleh kehabisan

Cairan radiator mempunyai tugas sebagai media untuk menyalurkan panas ke bagian radiator. Jika kehabisan bisa disebabkan oleh sistem pendingin seperti radiator yang mengalami kebocoran. Bisa saja kebocoran yang terjadi karena pernah terbentur atau tertabrak dari arah depan atau bisa juga terkena lontaran batu.

3. Terjadi Kebocoran Pada Selang Inlet Radiator

Gambar ini menunjukkan selang radiator mobil

Selang radiator bisa mengalami kebocoran seiring masa pemakaian yang lama

Ciri radiator mobil rusak selanjutnya adalah selang inlet radiator bocor. Adapun fungsi dari selang ini adalah untuk mengantarkan cairan yang mempunyai suhu tinggi ke bagian radiator mobil. Mengingat sebagai pengantar cairan suhu tinggi maka potensi mengalami kebocoran cukup besar.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Akan tetapi bila proses pendinginan yang terjadi di dalam radiator ternyata lancar tidaklah masalah. Untuk masalahnya adalah terdapat sumbatan di dalam radiator. Akibatnya tekanan naik yang berada pada selang inlet radiator dan bisa terjadi kebocoran. Bila selang inlet sering mengalami kebocoran maka masalahnya ada pada radiator.

4. Terdapat Tetesan Air Di Bawah Radiator

Gambar ini menunjukkan kolong mobil yang terdapat kebocoran

Bedakan kebocoran radiator dan air pembuangan AC

Jika terdapat kebocoran maka bisa dilihat dimana asal kebocoran yang terjadi, hal tersebut dikarenakan air akan menetes ke bawah. Akan tetapi juga perlu berhati-hati, karena tetesan air bisa juga berasal dari air pembuangan AC yang letaknya berada di bawah pembatas antara ruang mesin dan ruang kabin mobil.

>>> Baca juga: Mengenali Gejala Power Steering Rusak Dan Perlu Segera Ditangani

5. Permukaan Radiator Timbul Karat

Adapun ciri radiator mobil rusak selanjutnya adalah pada permukaan radiator terdapat karat. Tidak dipungkiri bahwa permukaan radiator terhalangi oleh kipas pendingin untuk bagian belakang dan bagian depan oleh kondensor AC. Untuk mengetahuinya Sobat bisa mencari celah untuk melihatnya di sekitar kipas pendingin. Pakailah senter untuk melihat jelas apakah ada rembesan air atau korosi.

Gambar ini menunjukkan lubang radiator mobil dalam kondisi kotor

Lumpur akan muncul saat cairan radiator lama tidak diganti

6. Pada Tutup Radiator Terdapat Lumpur

Ketika air radiator tidak dilakukan penggantian dalam jangka lama maka bisa menyebabkan kerusakan. Umumnya akan muncul endapan lumpur yang beresiko membuat saluran radiator tersumbat. Jika ternyata terdapat lumpur pada bagian leher atau tutup radiator, maka hal tersebut menunjukkan bahwa sudah saatnya melakukan pengurasan air radiator. Jangan dibiarkan saja karena bisa membuat kerusakan menyebar luas.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

    02/07/2020| Fatchur Sag

    Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

    Lampu utama mobil berperan penting terhadap penampilan dan keselamatan. Ternyata komponen penerang jalan ini memiliki banyak pilihan. Dan berikut jenis-jenis lampu utama mobil!

  • 10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

    01/07/2020| Fatchur Sag

    10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

    Ada jenis lampu halogen, HID, dan LED dipakai pada mobil. Namun secara fungsi jumlahnya lebih banyak. Mari kita kenali 10 jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya.

  • Merawat Bodi Mobil Untuk Penampilan Terbaik

    30/06/2020| Fatchur Sag

    Merawat Bodi Mobil Untuk Penampilan Terbaik

    Adalah kewajiban bagi pemilik untuk merawat bodi mobil jika ingin mendapatkan penampilan terbaik. Termasuk untuk mobil yang lama menganggur dan mau dipakai lagi.

International