Ternyata Membedakan Jenis Oli Transmisi Matik Bisa Melalui Dipstick

08/05/2020 | Abdul

Waktu luang saat himbauan untuk tetap di rumah saja bisa dimanfaatkan dengan berkumpul bersama keluarga dan belajar sesuatu. Jangan nekat untuk bepergian jika memang tidak darurat atau tidak begitu penting. Hal tersebut disebabkan resiko tertular virus corona (Covid-19) semakin besar. Saat berada di rumah, Sobat bisa membedakan jenis oli transmisi matik dengan menggunakan dipstick.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan bersihkan dipstick oli

Cek oli transmisi mobil jangan sampai kehabisan

>>> Baca Juga, Anda Bingung Mau Beli Mobil Transmisi Matik Atau Manual? Ini Kelebihan Dan Kekurangan Keduanya

Oli transmisi mobil matik terdapat beragam. Untuk penggunaannya disesuaikan dengan tipe mesin dan juga tahun keluaran kendaraan serta penggunaan teknologi yang diberikan. Dalam hal ini Sobat bisa melihat jenis oli transmisi yang digunakan dengan melihat warna dari dipstick. Dipstick merupakan alat untuk  mengukur ketinggian dari oli transmisi.

Pada mobil Toyota hanya dibedakan dengan 2 tipe transmisi otomatis yakni konvensional dan CVT. Pada jenis transmisi konvensional terus mengalami perkembangan teknologi sehingga pelumasan yang dilakukan perlu menggunakan spesifikasi oli yang berbeda. Dengan membedakan jenis oli transmisi matik nantinya bisa mengetahui oli yang tepat.

Sementara itu, untuk transmisi matik CVT yang tidak menggunakan roda gigi perlu pelumas yang khusus. Sangat berbeda dengan jenis konvensional yang mempunyai banyak pilihan pelumas seperti Dextron III, T-IV sampai WS. Untuk membedakan jenisnya bisa dilakukan dengan melihat warna dari dipstick.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

gambar ini menunjukkan dipstick oli transmisi berwarna kuning

Dipstick warna kuning membutuhkan oli transmisi standar seperti Dextron III

>>> Mengapa posisi tuas transmisi mobil pick up modern ada di dasbor? Ini alasannya

Apabila dipstick memiliki warna kuning maka rekomendasi pelumas terbilang standar seperti Dextron III. Sedangkan jika berwarna orange maka oli transmisi mobil matic menggunakan pelumas standar T-IV. Namun jika dipstick berwarna hitam atau malah tanpa menggunakan dipstick seperti pada mobil Toyota model terbaru, maka untuk pelumas yang digunakan adalah berstandar WS.

Jadi perbedaan ternyata didasari dengan  perkembangan teknologi yang terjadi pada sistem transmisi. Yang mana pada generasi awalnya, oli mempunyai peranan dalam melakukan perpindahan gigi berdasarkan tekanan dan dilakukan secara mekanikal.

Setelah itulah peran elektronik mulai diberikan sehingga membutuhkan pelumas yang mempunyai standar T-IV. Yang mana pelumas tersebut tidak akan mengganggu kinerja dari sistem elektronik yang diberikan. Nah untuk oli standar WS ditujukan pada transmisi mobil supaya lebih responsif dan mempunyai tingkat kekentalan yang lebih encer dibandingkan jenis lainnya karena saluran yang digunakan lebih kecil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan banyak oli transmisi mobil matic

Terdapat banyak oli transmisi yang dijual di pasaran

Dengan mengetahui cara membedakan jenis oli transmisi matik maka bisa melakukan pemilihan dengan tepat. Mengingat saat transmisi membutuhkan oli berstandar WS tapi malah pakai yang spesifikasinya di bawahnya bisa membuat kinerjanya jadi terganggu.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 02/07/2020 | Fatchur Sag

    Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

    Lampu utama mobil berperan penting terhadap penampilan dan keselamatan. Ternyata komponen penerang jalan ini memiliki banyak pilihan. Dan berikut jenis-jenis lampu utama mobil!

  • 01/07/2020 | Fatchur Sag

    10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

    Ada jenis lampu halogen, HID, dan LED dipakai pada mobil. Namun secara fungsi jumlahnya lebih banyak. Mari kita kenali 10 jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya.

  • 30/06/2020 | Fatchur Sag

    Merawat Bodi Mobil Untuk Penampilan Terbaik

    Adalah kewajiban bagi pemilik untuk merawat bodi mobil jika ingin mendapatkan penampilan terbaik. Termasuk untuk mobil yang lama menganggur dan mau dipakai lagi.