Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

05/08/2020| Abdul

Hal itu biasanya disebabkan oleh benturan yang dapat membuat kondisi bumper mobil jadi tidak bagus. Bumper yang digunakan seringkali mengalami pecah, patah, sobek dan lainnya. Meski begitu, bumper mobil yang rusak bisa kamu perbaiki sendiri di rumah. Memperbaiki bumper mobil rusak bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja, namun tetap berhati-hati supaya hasilnya baik. Cara ini dilakukan agar menghemat pengeluaran servis mobil di bengkel dan memastikan menghemat biaya yang akan kamu keluarkan.

Gambar ini menunjukkan seorang pria mereparasi bumper mobil warna hitam

Terdapat beberapa cara memperbaiki bumper mobil yang rusak

>>> Baca juga, Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

Biaya yang diperlukan untuk sekali servis bumper di bengkel ditaksir hingga ratusan ribu rupiah. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari cara memperbaiki bumper mobil yang rusak.

Tips Memperbaiki Bumper Mobil Rusak

1. Dijahit

Tips memperbaiki bumper rusak pertama adalah dengan dijahit. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk bumper yang bermaterial plastik. Cara menjahitnya sama seperti pada umumnya, hanya saja bahan jahitnya dari terbuat dari kawat. Lakukan jahitan dari kanan ke kiri setiap sisi bumper menggunakan kawat hingga area bumper yang rusak diapit oleh kawat tersebut. Setelah semuanya selesai, panaskan kawat yang telah dijahit agar setiap sisinya terlihat lebih rapi.

2. Menggunakan Air Panas

Air panas merupakan salah satu bahan yang ampuh mengatasi bumper yang rusak. Caranya yaitu dengan menyiram bumper yang penyok menggunakan air panas tersebut sehingga bumper mobil akan melunak. Langkah ini memang cukup ampuh, namun sebaiknya dipraktikkan oleh orang yang ahli jika menginginkan hasil optimal. Selain itu, setelah bumper tercover secara merata, kamu mesti mengecat kembali bumper mobil tersebut karena permukaannya mengalami rusak atau cacat karena perbaikan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan penyiraman air panas pada bodi mobil

Menggunakan air panas bisa jadi solusi atasi bumper mobil penyok

>>> Lihat Juga, Beberapa Tanda Mobil Perlu Diservis Penting Untuk Diketahui

3. Ditambal

Memperbaiki bumper mobil rusak selanjutnya adalah ditambal. Menambal bumper rusak menjadi alternatif yang patut dicoba. Menambal itu berarti menanamkan lempengan plat yang tidak tebal pada bagian bumper mobil. Sebelum eksekusi menambal ada baiknya bumper dipanaskan terlebih dahulu. Untuk hasil maksimal, gunakan cara ini pada bumper yang bermaterial plastik sehingga tambalan tersebut menutup celah yang rusak dari plastik tersebut.

4. Gunakan Hair Dryer

Air panas menjadi salah satu bahan yang paling mudah digunakan untuk memperbaiki bumper mobil yang penyok atau rusak. Dengan meletakkan air panas bumper yang penyok tersebut secara perlahan kembali ke bentuk semula meski tidak sempurna. Cara ini juga hampir sama dengan hair dryer yang mampu menghantarkan panas dan dengan panas tersebut bumper lebih mudah didorong kembali ke asalnya. Setelah itu kamu dapat mengecat kembali dengan warna dasar bumper. Perlu diketahui cara ini cocok diterapkan pada bumper mobil yang berbahan plastik.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang mengelas bodi mobil

Pengelasan bagian bodi mobil yang rusak

5. Las Bumper

Las bumper mungkin masuk dalam kategori jika bumper tersebut mengalami kerusakan yang parah, berbeda dengan poin-poin di atas. Seperti contohnya, jika ada bagian bumper yang pecah maka akan sulit untuk dijahit dan ditambal kembali. Las bumper sangat cocok untuk memperbaiki bumper yang rusak patah atau pecah. Dengan menyambungkan serpihan-serpihan yang pecah, kamu dapat mengelasnya supaya serpihan atau ujung bumper bisa tersambung kembali. Selanjutnya kamu bisa menggunakan lempengan plat pada bagian yang rusak. Setelah itu lakukan pendempulan secara merata pada bagian yang rusak.

Itulah artikel cara dan Tips memperbaiki bumper mobil rusak. Bagaimana mudah bukan?

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

International