Waspada Bakteri Dan Virus, Jangan Lupa Merawat Kabin Mobil Supaya Udaranya Sehat

14/02/2020 | Abdul

Merawat kabin mobil tidak hanya untuk kenyamanan saja, namun juga sebagai pencegahan atas virus dan bakteri yang bisa saja menyerang. Karena jika ada virus, bakteri atau serangga maka selain tidak nyaman juga kurang baik untuk kesehatan. Apalagi sekarang sedang marak virus corona yang penyebarannya melalui udara. Virus tersebut berasal dari China dan membuat panik di seluruh dunia.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada produsen otomotif yang mempunyai inisiatif untuk menciptakan mobil baru dengan fitur untuk menetralisasi virus yang berada di dalam kabin mobil. Untuk saat ini diharapkan pengendara menjaga sirkulasi udara dalam kabin tetap sehat dan bersih. Dalam hal ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kabin tetap nyaman dan juga sehat.

1. Melakukan Fogging Mobil

Gambar ini menunjukkan kabin mobil sedang dilakukan fogging

Sobat bisa melakukan fogging agar bakteri dan kuman hilang

>>> Baca Juga, Memilih Parfum Mobil, Buat Kabin Wangi Agar Lebih Menyenangkan

Fogging merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk membunuh bakteri dan kuman yang berada di dalam kabin mobil. Untuk kerjanya sendiri mengandalkan daya uap yang dipakai untuk membunuh bakteri dan kuman yang berada di dalam kabin secara menyeluruh.

Namun sebelum fogging dilakukan pembersihan kabin terlebih dahulu. Tujuannya supaya kotoran yang terdapat di dalam kabin mobil tidak tercampur. Sobat perlu mengeluarkan barang atau benda yang ada di dalam kabin mobil, terutama pada benda yang bisa terkontaminasi uap dengan mudah. Dengan fogging maka area kabin yang dinikmati bisa lebih bersih dan segar.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Fumigator Mobil

Gambar ini menunjukkan proses fumigator pada kabin mobil

Fumigator untuk membasmi kecoa, semut dan lainnya

Dalam merawat kabin mobil selanjutnya adalah fumigator kabin mobil. Untuk proses fumigator sebenarnya hampir mirip dengan fogging karena sama-sama memakai uap dalam proses perawatannya. Adapun perbedaannya adalah, kalau fumigator bertujuan untuk membasmi serangga seperti semut, kecoa dan juga jamur yang terdapat di dalam kabin mobil.

 Ketika proses fumigator biasanya AC dan kipas akan dinyalakan secara maksimal dan asap tidak dibiarkan keluar dari kabin mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Membersihkan Filter AC Mobil

Gambar ini menunjukkan seorang tangan memegang filter AC Mobil

Filter AC memiliki peran penting untuk udara dalam kabin mobil

Filter AC juga tidak boleh dibiarkan begitu saja, lakukan perawatan supaya udara yang dikeluarkan bersih dan aman. Karena bila AC dalam kondisi kotor maka udara yang dihirup oleh pengemudi dan penumpang juga kurang begitu menyehatkan. Oleh sebab itu pembersihan dilakukan secara berkala terutama untuk bagian filter, hal tersebut dikarenakan kotoran sering menyumbatnya.

Akan tetapi bila ada masalah di bagian interior terutama AC maka sebaiknya segera dibawa ke bengkel. Tujuannya adalah supaya dilakukan pemeriksaan dan perbaikan agar AC mobil dapat bekerja kembali dengan maksimal.

AC sendiri merupakan salah satu fitur pada mobil yang dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan. Bahkan tidak hanya saat musim panas, ketika turun hujan kinerjanya juga dibutuhkan untuk mencegah pengembunan pada kaca mobil. Yang menarik adalah, saat AC bekerja dengan maksimal, sebagian orang yang sebelumnya suka mabuk kendaraan bisa menaiki mobil dengan nyaman dan tidak mabuk. Jadi jangan lupa untuk merawat kabin mobil ya, agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 01/04/2020 | Fatchur Sag

    Cakram Rem Mobil Berkarat Saat WFH, Begini Cara Mengatasi!

    Jarang digunakan karena mengikuti anjuran Work from Home (WFH) dari pemerintah berpotensi menimbulkan karat pada cakram rem mobil. Begini cara mengatasi!

  • 01/04/2020 | Fatchur Sag

    Musim Corona, Siapkan Tisu Basah Antiseptik di Mobil

    Anda tidak mungkin kemana-mana membawa air dan sabun di dalam mobil. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan tisu basah antiseptik sebagai alternatif gantinya.

  • 29/03/2020 | Abdul

    Kabin Mobil Semakin Nyaman, Berikut Tips Saat Memasang Peredam Mobil

    Peredam menjadi salah satu andalan pada mobil untuk membuat kabin mobil lebih senyap. Dengan begitu kenyamanan akan lebih didapatkan saat perjalanan. Pemasangan peredam membuat suara mesin dan kondisi luar tidak terlalu terdengar, namun untuk suara klakson pasti terdengar jadi tidak masalah. Namun memasang peredam mobil tidak boleh asal-asalan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.