Apakah Kebocoran Knalpot Mobil Bisa Buat Suara Jadi Berisik?

07/04/2021| Abdul

Knalpot merupakan salah satu komponen pada mobil yang berfungsi untuk meredam suara dan juga sebagai tempat keluar gas buang kendaraan. Bagian ini terhubung dengan sistem pembakaran di dalam mobil. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada knalpot mobil adalah terjadinya kebocoran knalpot mobil.

Gambar ini menunjukkan knalpot mobil

Knalpot mobil mempunyai fungsi tersendiri

>>> Mengintip Isi Knalpot Mobil dan Fungsinya

Knalpot mobil bocor bisa disebabkan karena terjadi korosi atau karat. Yang kerap menjadi pertanyaan adalah apakah knalpot yang bocor dapat memunculkan suara berisik pada knalpot?

Berhubungan dengan hal tersebut dari pihak Bambang Supriyadi yang merupakan Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan jawabannya, "Knalpot mobil yang bocor itu sebenarnya tidak begitu pengaruh terhadap hasil kebisingan suara," ucap Bambang.

Adapun bagian pada knalpot mobil yang bisa mengalami kebocoran adalah pada bagian header, pipa dan muffler knalpot. Pihak Bambang menambahkan, bahwasanya saat knalpot mengalami kebocoran yang sangat besar mana akan sangat kecil sekali perbedaan hasil kebisingan suara dari knalpot mobil.

Bahkan pihaknya juga menyebutkan, apabila bagian knalpot tidak dilakukan modifikasi di bagian resonator dan juga melakukan penggantian muffler yang memakai jenis free flow maka suara yang dihasilkan oleh knalpot tetap sesuai dengan regulasi.

>>> Bukan Hanya Teknis, Ini Alasan Knalpot Bocor Harus Segera Diperbaiki

Gambar ini menunjukkan knalpot mobil yang pecah

Ada penyebab yang bisa membuat knalpot bocor

>>> 4 Warna Asap Knalpot dan Artinya

Apabila melihat dari peraturan dari pemerintah KLH (Kementerian Lingkungan Hidup) pada No.7/2009 tentang regulasi kebisingan kendaraan disebutkan, bahwa untuk kendaraan penumpang mempunyai ambang batas 77 dB (desibel). Tentunya terdapat perbedaan antara knalpot bawaan dengan knalpot yang telah dilakukan modifikasi seperti pada knalpot model free flow.

"Kalau sudah dimodifikasi mungkin saja hasilnya jauh lebih tinggi tingkat kebisingannya," tambah Bambang.

Dengan melihat hal tersebut maka menunjukkan bahwa kebocoran knalpot mobil pengaruhnya sangat kecil terhadap suara bising yang dihasilkan oleh knalpot mobil.

Selain hal tersebut, terdapat beberapa penyebab knalpot mobil bisa bocor. Adapun yang pertama adalah korosi seperti yang telah disebutkan di atas. Bahan material knalpot adalah besi, dengan begitu komponen ini rentan terjadi korosi. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya reaksi kimia, apalagi bagi mobil yang dekat atau sering melewati pantai dan dekat dengan hawa laut. Bahkan air laut dapat membuat bahan besi menjadi lebih cepat berkarat.

gambar ini menunjukkan kebocoran knalpot mobil

Saat knalpot bocor perlu segera diperbaiki

Untuk penyebab selanjutnya yang bisa buat kebocoran knalpot mobil adalah masa pemakaian yang sudah lama. Jadi komponen kendaraan mempunyai batas pemakaian yang perlu diperhatikan. Selain hal tersebut, pemakaian kendaraan juga bisa berpengaruh terhadap pemakaian knalpot mobil. Jadi ketika knalpot berkualitas baik akan mempunyai umur yang lebih panjang.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International