4 Warna Asap Knalpot dan Artinya

25/06/2020| Fatchur Sag

Hal tak wajar seringkali jadi indikasi adanya sesuatu yang tidak wajar. Begitupun pada kendaraan bermotor seperti mobil. Normalnya sisa pembakaran atau emisi yang keluar dari knalpot tidak berwarna karena langsung terurai saat bercampur udara. Tapi jika yang terjadi sebaliknya alias ada asap berwarna keluar dari knalpot, berarti ada sesuatu yang tidak wajar terjadi dalam sistem pembakaran. Lantas dimana kerusakannya?

>>> Mengintip Isi Knalpot Mobil dan Fungsinya

Foto menunjukkan Bugatti Chiron tampak dari belakang

Knalpot bikin penampilan makin keren

Secara pasti kerusakan pada sistem pembakaran bisa diketahui saat dilakukan pengecekan, dilakukan sendiri maupun mekanik bengkel. Meski demikian, warna asap knalpot bisa menjadi indikasi kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Suzuki melalui laman resminya memberikan penjelasan soal ini, sebagai berikut:

1. Warna asap abu-abu

Biasanya mencerminkan kerusakan yang terjadi pada saluran oli atau pada bagian PVC mobil. Pada saluran, jika terjadi kerusakan oli akan merembes dan bocor masuk ke pembakaran mesin. Sedangkan pada PVC, gas dan uap sisa pembakaran yang masuk akan overload.

2. Warna asap putih

Menjadi indikator kerusakan pada bagian kondensasi di dalam kanal dan juga karena kerusakan pada mesin pembakarnya. Kedua penyebab ini dapat dibedakan dari ketebalan asap yang ditimbulkan. Kerusakan yang terjadi karena kondensasi yang rusak, maka asap putih yang timbul akan nampak transparan. Namun jika yang rusak bagian pembakarannya, asap yang timbul cenderung tebal.

>>> Beberapa Ciri Radiator Mobil Rusak Perlu Diwaspadai

Foto menunjukkan Knalpot berasap

Waspadai warna asap yang keluar dari knalpot

3. Warna asap hitam

Muncul karena ada kesalahan pada mesin pembakaran. Kondisi inilah yang memicu bahan bakar tidak dibakar secara sempurna dan asap keluar dengan begitu pekat. Asap hitam pekat menjadi indikasi sebagai indikasi kerusakan pada komponen mesin seperti saringan udara, karburator mesin, dan yang lain.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Warna asap biru ke abu-abuan

Terjadi karena kelainan pada mesin mobil dan bukan karena kesengajaan untuk memperindah asap. Biasanya hal ini menjadi indikator terbakarnya oli mobil.

Foto mobil listrik sedang dicas

Mobil listrik tak mengeluarkan asap

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International