8 Suku Cadang Ini Sebaiknya Diganti Setelah 5 Tahun Beroperasi

02/12/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Penggantian suku cadang mobil sebaiknya berdasarkan pada jarak tempuh kendaraan bukan pada umurnya. Semakin lama suku cadang diganti, maka semakin menurun performanya. Jadi, tak ada salahnya Anda mengganti komponen berikut ini sebelum pemakaian 5 tahun atau sesuai dengan jarak tempuh kendaraan.

Mobil baru sebagaimana umumnya barang-barang baru selalu nyaman digunakan. Ini dikarenakan semua komponen dan part dalam mobil atau yang biasa disebut dengan 'suku cadang' masih dalam kondisi terbaiknya. Belum ada yang lecet, aus atau bermasalah. Namun, lambat laun seiring lamanya waktu pemakaian, suku cadang mobil juga mengalami penyusutan hingga kerusakan. Dalam kondisi ini kenyamanan berkendara bisa terganggu, bahkan tak menutup kemungkinan kerusakan suku cadang berpengaruh pada sisi keselamatan.

Satu-satunya jalan mengembalikan ke kondisi terbaik hanyalah dengan melakukan penggantian. Produsen biasanya sudah memberikan rekomendasi waktu dan jarak tempuh untuk hal yang satu ini. Namun, penggantian suku cadang mobil sebaiknya berdasarkan pada jarak tempuh kendaraan bukan pada umurnya. Semakin lama suku cadang diganti, maka semakin menurun performanya.

Berikut beberapa suku cadang mobil yang sebaiknya diganti setelah pemakaian 5 tahun atau sesuai jarak tempuh kendaraan:

1. Filter

Gambar filter udara kotor

Makin lama digunakan, debu yang menempel pada filter udara makin menumpuk

Usia pakai filter mobil umumnya cukup rendah sehingga harus diganti secara berkala. Penggantian filter bertujuan agar kualitas bahan filter tetap terjaga dan bisa berjalan sesuai dengan fungsinya. Umumnya filter diganti saat jarak tempuh mencapai 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km dan 50.000 km. Beberapa filter yang harus kerap diganti yakni filter udara, filter oli, filter pendingin kabin dan filter bahan bakar.

2. Ban

Foto Mobil melaju dengan kencang

Jangan abaikan kondisi ban yang sudah gundul

Ban sering diganti karena kondisinya sudah tak layak dipakai akibat sering melewati jalan rusak atau mengalami kerusakan karena benda tajam. Selain itu, ban juga bisa diganti jika kekurangan tekanan atau kelebihan tekanan udara. Kedua kondisi ini jarang diketahui oleh pemilik kendaraan dan baru diketahui setelah dibawa ke bengkel servis. Usia ban idealnya harus diganti setelah 3 tahun pemakaian atau sudah mencapai jarak tempuh 40.000 km.

>>> Jalan Beton Bikin Ban Cepat Habis, Begini Cara Mengakali

3. Lampu kendaraan

Foto lampu mobil sudah redup

Lampu kendaraan paling mempengaruhi visibilitas pengemudi di malam hari

Lampu kendaraan idealnya diganti setelah 1,5 tahun pemakaian. Namun, bisa saja lampu kendaraan diganti sebelum 1,5 tahun karena mengalami kerusakan akibat kesalahan pemasangan atau masalah kelistrikan. Usia pakai lampu juga bisa bervariasi tergantung pada merk dan intensitas pemakaiannya.

4. Kampas rem

Foto kampas rem mobil sudah aus

Semakin besar frekuensi pemakaian mobil, makin pendek pula usia kampas rem

Kampas rem dan bagian kaki-kaki kendaraan harus mendapatkan perawatan berkala. Kondisi mengemudi di perkotaan yang didominasi oleh stop and go membuat kampas rem dan bagian kaki bekerja terlalu keras. Sehingga Anda dianjurkan untuk mengganti komponen ini setiap 20.000 km sekali  atau disesuaikan dengan jadwal pemeriksaan rutin.

>>> Tanda Kampas Rem Mobil Habis Yang Perlu Diketahui

5. Kampas kopling

Foto kampas kopling mobil sedang diperiksa

Sebagaimana kampas rem, semakin besar frekuensi pemakaian mobil, makin pendek pula usia kampas kopling

Selain kampas rem, kampas kopling juga perlu diganti secara berkala. Perangkat yang berfungsi untuk mentransfer tenaga mesin ke roda ini tergolong cepat habis apalagi jika sering dipakai berkendara di perkotaan yang didominasi stop and go. Biasanya bengkel servis menyarankan komponen ini untuk diganti setiap memasuki 10.000 km, 50.000 km atau setiap kali pemeriksaan rutin.

6. Aki

Foto aki mobil Toyota

Kadang belum sampai 5 tahun aki harus diganti agar sistem kelistrikan mobil tetap optimal

Sebagai komponen yang penting dari kendaraan, aki perlu diganti setiap 2 atau 3 tahun sekali. Tapi, usia komponen yang memiliki peran penting dalam kelistrikan kendaraan ini bisa bervariasi tergantung pada pemakaian kendaraan. Aki juga disarankan langsung diganti bila mengalami masalah kelistrikan atau ketika dayanya berkurang akibat adanya tambahan aksesori di kendaraan.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terbaik hanya ada di Mobilmo.com

7. Busi

Foto busi baru dan busi yang sudah dipakai

Jangan tunggu sampai benar-benar mati, busi mobil sebaiknya diganti bila berkali-kali bermasalah

Komponen yang berfungsi untuk memantikkan api pada proses pembakaran ini sebaiknya diganti kalau sudah kotor. Hindari membersihkan busi yang kotor karena tak berdampak besar terhadap performanya. Gantilah busi sebelum komponen tersebut mati atau pada jarak pemakaian 20.000 km dan 50.000 km.

8. Oli

Foto sedang ganti oli BMW

Oli jadi barang paling perlu diganti secara rutin

Oli merupakan komponen yang perlu diganti secara rutin selama pemakaian kendaraan. Biasanya pelumas mesin ini sudah diganti pada 1.000 km pertama. Penggantian oli secara berkala perlu dilakukan agar bisa melumasi mesin dengan optimal dan bisa mendinginkan mesin dengan baik.

Beberapa komponen kendaraan tersebut perlu diganti secara berkala tanpa harus menunggu lima tahun. Nilai jual kendaraan setelah pemakaian 5 tahun biasanya menurun tajam demikian pula dengan kinerja komponennya. Bila ingin kendaraan berfungsi dengan baik maka gantilah suku cadangnya sesuai dengan jadwal pemeriksaannya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca