10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

01/07/2020| Fatchur Sag

Ada banyak perlampuan mobil baik di bagian interior maupun eksterior, baik yang berfungsi sebagai lampu utama maupun aksesoris. Namun dibedakan dari jenisnya, hanya ada 3 jenis lampu mobil yang kini banyak dipakai, yaitu halogen, HID (High Intensity Discharge), dan LED (High Emitting Diodes). Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  • Lampu halogen; intensitas cahaya rendah (warna kuning dan putih), harga terjangkau, baik untuk visibilitas saat hujan. Hanya saja tampilan lampu ini lebih sederhana.
  • HID (High Intensity Discharge); lebih terang dibanding lampu halogen dan harga lebih mahal.
  • LED (High Emitting Diodes); intensitas cahaya lebih baik dari halogen dan HID dengan daya lebih kecil. Desain keren dan harga lebih mahal.

Foto menunjukkan Nyala lampu mobil dari kejauhan

Lampu utama berperan paling besar terhadap keselamatan berkendara

Jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya

Berbeda dengan di atas, ada lebih banyak lampu mobil menyesuaikan dengan kegunaannya masing-masing. Beberapa diantaranya dijelaskan Suzuki sebagai berikut:

1. Lampu Senja (Lampu Kota)

Merupakan lampu yang harus dinyalakan saat kendaraan berjalan, meskipun cuaca sedang terang dan disiang hari. Jenis ini berada pada lampu kepala  dan akan langsung menyala saat menekan saklar utama. Dengan pertimbangan lebih irit, lampu kota sering menggunakan lampu jenis LED

2. Lampu Tail (Stop Lamp)

Lampu tail, berwarna merah yang merupakan isyarat pada kendaraan di belakang, bahwa mobil akan berhenti. Lampu ini terletak di bagian belakang mobil dan berada satu saklar dengan lampu senja. Lampu yang digunakan biasanya adalah jenis lampu LED, karena terkesan mewah dan futuristik.

Foto menunjukkan tail light stop lamp yang sudah dimodifikasi makin kerenf

Tail light meningkatkan penampilan kendaraan

3. Lampu Dekat (Low Beam)

Fungsi utama dari lampu dekat untuk menerangi jalan di depan mobil dalam jarak pendek sekitar 5 meter. Low beam biasa dinyalakan pada malam hari pada jalanan yang ramai serta  terang atau cukup pencahayaannya.

4. Lampu Jauh (High Beam)

Merupakan kebalikan dari lampu dekat, lampu jauh digunakan saat perjalanan malam hari dengan kondisi jalan sepi serta gelap. Jarak jangkauan dari lampu ini sekitar 10 meter. Jenis high Bean yang digunakan biasanya dari halogen dan berada satu saklar dengan lampu dekat

5. Lampu Kabut (Fog Lamp)

Seperti namanya, lampu ini digunakan pada saat perjalanan dalam suasana kabut tebal. Terletak di bagian bawah bumper dengan warna lampu kuning terang.

>>> Beda Fungsi Fog Lamp dan DRL, Penting Mana?

Foto menunjukkan Foglamp Wuling Confero S

Foglamp dinyalakan saat jalan berkabut

6. Lampu Rem (Brake Light)

Brake light mempunyai ciri khas, yaitu biasanya berwarna merah. Lampu ini terletak di bagian belakang yang bertujuan memberi tanda pada pengendara lain bahwa mobil Anda akan berhenti. Lampu ini akan menyala terang saat pedal rem diinjak

7. Lampu Sein (Turn Signal Lamp).

Lampu sein merupakan lampu isyarat pada kendaraan lain bahwa mobil akan belok ke arah kanan atau kiri. Lampu ini diharuskan berwarna kuning sebagai tanda kendaraan di belakang untuk pelan-pelan dan hati-hati.

8. Lampu Hazard

Lampu mobil ini hanya dinyalakan saat mobil dalam keadaan darurat saja dengan cara menyalakan sein kanan dan kiri secara bersamaan.

>>> Hati-hati, Jangan Salah Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

Foto mobil mogok menyalakan lampu hazard

Lampu hazard untuk keperluan darurat

9. Lampu Mundur

Bentuk dari lampu mundur Adalah berwarna kuning keputihan yang akan menyala saat mobil dalam posisi akan bergerak mundur. Posisi lampu ini berada di bagian belakang mobil, sehingga kendaraan yang ada di belakangnya bisa mengetahuinya.

10. Lampu Kabin

Satu-satunya lampu mobil yang berada di dalam interior mobil adalah lampu ini. Lampu ini digunakan untuk penerangan di malam hari. Lampu kabin biasanya berwarna kuning redup agar tidak mengganggu pandangan kendaraan yang ada di belakangnya.

Foto menunjukkan lampu kabin dinyalakan

Lampu kabin untuk penerangan secukupnya

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International