Beda Fungsi Fog Lamp dan DRL, Penting Mana?

21/08/2019| Fatchur Sag

Foto Chevrolet Equinox LTZ tampak dari samping depan

Ada banyak lampu pada mobil, masing-masing punya fungsi sendiri

Selain head lamp yang menjadi perangkat wajib, mobil-mobil terkini kebanyakan sudah dilengkapi dengan fog lamp (lampu kabut), Daytime Running Light (DRL). Meski demikian tidak semua orang tahu tahu fungsi sebenarnya kedua lampu tersebut dan kapan waktu yang tepat untuk menyalakan. Terbukti masih banyak pengemudi yang salah kaprah menyalakan lampu kabut di malam hari padahal cuaca sedang cerah.

Bahkan makin gemerlap saat ada yang menyalakan lampu kabut bebarengan dengan lampu DRL dan headlamp. Meski agak norak dan cenderung menyilaukan pengendara lain, hal ini jadi sesuatu yang membanggakan buat pengemudi.

Lalu kapan waktu yang tepat dan mana yang lebih penting menyalakan fog lamp atau DRL?

Kembali kepada pengertian masing-masing. Fog lamp (lampu kabut) sesuai dengan namanya lampu ini paling tepat dinyalakan saat jalanan berkabut baik karena hujan lebat atau cuaca sangat dingin seperti di daerah pegunungan. Sorotnya yang tajam dan cenderung fokus ke satu arah membuat pencahayaan lebih maksimal, berbeda dengan headlamp yang pencahayaannya cenderung menyebar.

>>> Fungsi Lampu Kabut Bagian Depan Dan Belakang Pada Mobil

Foto sebuah mobil melintas sendirian di jalanan berkabut

Nyalakan fog lamp saat kondisi berkabut atau hujan

Sementara DRL (Daytime Running Light) adalah fitur keselamatan tambahan baik bawaan pabrik maupun aksesoris aftermarket. Lampu ini menyala terus menerus baik siang maupun malam, dari sejak mesin mobil dinyalakan hingga dimatikan kembali. Tujuannya menunjang keselamatan karena mobil lebih terlihat oleh pengendara lain.

Soal mana yang paling penting antara fog lamp dan DRL, itu relatif. Keduanya bukan perangkat yang wajib ada di setiap mobil. Namun keberadaannya sangat membantu meningkatkan keselamatan. Kalaupun ada, yang tak kalah penting adalah memperhatikan etika saat menggunakannya agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

>>> Penting Tak Penting Lampu DRL, Ini Fungsinya Bagi Keselamatan

Foto fog lamp dan DRL pada mobil Tata Hexa

Fog lamp dan DRL, keberadaannya membantu meningkatkan keselamatan berkendara

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International